gambar-terkait-ekspansi-bisnis
Sumber: cekindo

Ekspansi Bisnis Harus Dilakukan Hati-Hati! Ini Tipsnya

Diposting pada

Banyak pengusaha yang bermimpi untuk mengembangkan usahanya ke skala nasional. Ekspansi sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan, harus dengan perhitungan yang matang.

Anda bisa menciptakan strategi ekspansi dengan bantuan aplikasi usaha terbaik Majoo. Aplikasi wirausaha yang lengkap dari kasir online, akuntansi, analisa bisnis, karyawan, dll. Semua informasinya dapat diolah dan mempermudah Anda dalam eksplanasi.

Sumber: cekindo

Tips Melakukan Ekspansi Bisnis Skala Nasional

Tujuan dari ekspansi bisnis adalah untuk meningkatkan keuntungan dan memperkenalkan brand lebih luas. Siapa saja bisa melakukan ekspansi, mulai dari usaha rumahan sampai UMKM.

Skala ekspansi bisa dilakukan secara nasional hingga internasional. Ekspansi dilakukan dengan mempertimbangkan faktor peluang dan juga modal. Belum lagi soal pajak yang juga jadi pengeluaran cukup besar ketika usaha bertambah besar.

Bagaimana Anda sebaiknya melakukan ekspansi nasional bisa mengikuti beberapa tipsnya berikut ini.

1.Membeli Perusahaan Kompetitor

Banyak sekali pebisnis yang membeli perusahaan milik kompetitor untuk ekspansi. Cara ini dilakukan untuk mempercepat ekspansi karena sebelumnya usaha sudah berdiri. Baik dari tenaga kerja dan sistem sudah terbentuk.

Anda hanya perlu memperhatikan soal peluang usaha tersebut untuk bisa berkembang dengan inovasi. Hanya saja Anda harus cermat dalam mencari usaha milik pesaing yang sedang mengalami masa sulit.

Pastikan kesulitan yang dimiliki usaha tersebut bisa diatasi dengan kemampuan bisnis Anda sekarang. Jangan sampai salah akuisisi usaha dengan banyak hutang yang ternyata tidak bisa Anda atasi.

2.Bekerja Sama dengan Bisnis Lain

Bentuk ekspansi lainnya yang bisa jadi trik adalah bekerja sama dengan bisnis lainnya. Kerja sama harus melalui negosiasi sehingga kedua belah pihak bisa sama-sama mendapatkan keuntungan.

Pastikan visi dari bisnis tersebut sama sehingga tidak ada kecurangan yang merugikan. Anda bisa menggabungkan ide dari kedua bisnis untuk bisa mengembangkan pasar lebih lanjut.

Ketika target pasar sama maka akan lebih mudah untuk melakukan kerja sama. Penting untuk mengidentifikasi bisnis yang hendak diajak kerja sama. Baik dari brand yang mereka miliki serta peluang kesuksesan dalam jangka panjang.

3.Memanfaatkan Media Internet

Ekspansi bukan berarti Anda harus membuka cabang di banyak kota. Ada pilihan lainnya yaitu memanfaatkan media online. Jika bisnis Anda selama ini masih menggunakan cara konvensional, sudah saatnya untuk berubah.

Perubahan ini bisa dimulai dengan memanfaatkan teknologi yang bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Misalnya Anda bisa membuka toko online dan mempermudah konsumen untuk berbelanja jarak jauh.

Pastikan bahwa sistem sudah disesuaikan sehingga produk bisa dikirim tepat waktu dan konsumen puas. Selalu berhati-hati dengan produk makanan yang memiliki masa kadaluarsa pendek.

4.Menyasar Kota-Kota Besar

Apabila Anda berencana untuk membuka cabang, sebaiknya pilih kota-kota besar. Jakarta, Medan, Semarang, Makassar, Surabaya adalah kota besar dengan peluang bisnis cukup tinggi.

Hanya saja pertimbangkan soal modal untuk membuka cabang di kota-kota tersebut karena biayanya tidaklah sedikit. Anda bisa mempertimbangkannya seperti modal untuk membuka bisnis dari awal.

Demi cabang lebih menarik, Anda bisa menambahkan produk atau layanan yang terbaru. Kenali pasar di kota besar tersebut dan sesuaikan dengan selera mereka. Cara ini akan membantu produk Anda jadi jauh lebih menarik.

5.Memilih Target Pasar Baru

Selain menambahkan produk, pada saat ekspansi Anda juga perlu untuk menargetkan pasar yang baru. Perlu riset lebih mendalam mengenai target pasar ini sehingga Anda mengetahui karakteristik dari masing-masing konsumen.

Pendekatan yang dilakukan pun akan berbeda dari pasar sebelumnya. Semua informasi mengenai target pasar ini yang bisa jadi strategi pemasaran. Ketika Anda menciptakan strategi branding yang bagus maka tidak sulit untuk masuk ke pasar baru.

Daya beli juga akan meningkat karena target pasar semakin luas. Jika sebelumnya Anda hanya menyasar anak muda, maka kini saatnya masuk ke pasar orang dewasa. Pastikan kembali bahwa produk yang Anda miliki cocok untuk target pasar tersebut.

Berhati-hati sebelum ekspansi sangatlah penting, sehingga Anda tidak mengalami kegagalan. Baik itu kehabisan modal, pemasaran yang salah sampai soal manajemen keuangan.

Kegagalan ekspansi bahkan bisa mempengaruhi bisnis utama Anda. Jadi ciptakan strategi yang tepat.