Gambar-terkait-dengan-bisnis-frozen-food
Sumber: Kompas

Tips Sukses Menjalani Bisnis Menjadi Reseller Frozen Food

Diposting pada

Menurut survey yang dilakukan oleh Katadata, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling menguntungkan dibanding bisnis-bisnis lainnya. Selain menguntungkan, bisnis di bidang kuliner juga sangat inovatif hal itu dapat dilihat dari produk-produk yang dimodifikasi sedemikian rupa agar sesuai dengan permintaan pasar.

Salah satu produk hasil inovasi di bisnis kuliner yang saat ini tengah diminati adalah frozen food, makanan beku yang sudah diolah sebelumnya ini hadir sebagai solusi bagi orang-orang yang memiliki rutinitas padat dan tidak memiliki waktu untuk memasak.Tak heran bisnis frozen food merupakan salah satu bisnis di bidang kuliner yang saat ini cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Namun, untuk membuat frozen food bukanlah perkara mudah karena perlu proses yang cukup panjang dan perlu dibuat dalam porsi yang besar, hal tersebut tentu saja tidak mudah, tapi jika kamu memang berminat untuk terjun ke bisnis frozen food kamu bisa melakukannya tanpa perlu membuatnya sendiri. Nah kami bisa dilakukan dengan cara menjadi reseller produk frozen food yang sudah jadi dan siap dijual.

Gambar-terkait-dengan-bisnis-frozen-food
Sumber: Kompas

Apa sih keunggulan dan kekurangan bisnis reseller frozen food?

Setiap model bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk menjadi reseller frozen food, berikut ini keunggulan dan kekurangan bisnis reseller food yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

  • Keunggulan

Satu kelebihan utama dari reseller sebuah produk adalah kamu tidak perlu lagi repot memikirkan proses produksinya, karena yang perlu kamu pikirkan hanyalah proses promosi dan penjualan.

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis reseller didapat dari selisih harga jual ke konsumen dan harga beli dari produsen sehingga lebih mudah dalam perhitungan profit

  • Kekurangan

Bisnis yang kamu jalankan tidak sepenuhnya milikmu karena bisnis yang kamu sangat bergantung dengan kebijakan dari pihak produsen maka ketika ada perubahan harga, kualitas, dan rasa kamu tidak bisa berbuat banyak.

Dalam memperoleh keuntungan dari selisih harga maka kamu mau tidak mau harus mencari produsen dengan harga yang termurah dan mark up yang kamu lakukan tentunya harus mempertimbangkan harga produk yang sama di pasaran.

Pilihan frozen food favorit masyarakat Indonesia

Saat ini terdapat berbagai pilihan frozen food yang dapat kamu temukan dengan mudah di pasaran, mulai dari nugget, sosis bahkan dimsum dan setiap makanan memiliki pasarnya masing-masing yang tentunya harus kamu pertimbangkan sejak awal.

Berikut adalah pilihan frozen food favorit masyarakat Indonesia yang mungkin bisa masuk ke dalam katalog dagangan frozen foodmu.

1.Sosis

Daging olahan yang satu ini bisa jadi favorit semua orang pecinta daging karena sosis cocok untuk semua makanan baik itu disajikan dengan nasi hangat atau pelengkap saat pesta barbeque

Selain itu, harga sosis juga cukup murah dengan harga sekitar 16.000 hingga 23.000 dari harga tersebut kamu dapat mengambil selisih harga untuk keuntungan.

  1. Nugget

Olahan daging ayam atau sapi yang diberi tepung roti ini sangat cocok  disantap dengan nasi hangat dan memasaknya juga sangat mudah jadi sangat cocok untuk menjadi makanan darurat atau pilihan ketika orang malas memasak.

Untuk harga, nugget berada di kisaran mulai dari 40.000-45.000 untuk ukuran 500 gram dari merek yang terkenal maupun baru.b

  1. Baso

Saat hujan, menyantap makanan kuah di rumah selalu jadi primadona namun keluar untuk membeli makanan rasanya tidak mungkin dan solusi untuk hal tersebut adalah membuat sendiri di rumah.

Kita sudah tahu makanan kuah terbaik adalah bakso dan beruntung saat ini sudah banyak pilihan frozen food bakso yang memudahkan kita untuk membuatnya.tak heran frozen food bakso merupakan salah satu frozen food primadona masyarakat indonesia.

Untuk harga bakso frozen food cukup bervariasi mulai dari 35,000-55.000 dengan isi 50 biji harga ini ditentukan oleh ukuran dan kualitas daging.

  1. Risoles

Melakukan aktivitas seperti menonton atau belajar memang paling cocok ditemani oleh cemilan dan salah satu cemilan yang bisa kamu pilih adalah risoles makanan yang berisi daging asap, mayonaise, telur dan dilapisi oleh kulit tips serta tepung roti ini tak heran menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Harga risoles juga cukup bervariasi mulai dari 15.000 hingga 40.000 tergantung dari bahan dan variasi risoles itu sendiri.

  1. Dimsum

Dimsum merupakan salah satu makanan asal Tiongkok yang saat ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia dan tentu saja itu berpengaruh pada meningkatnya permintaan frozen food di pasaran.

Harga frozen dimsum cukup bervariasi tergantung berapa jumlah dimsum yang terdapat di dalam kemasan umumnya 1.000-2.000 per biji.

Ini tips untuk memulai usaha reseller frozen food

Meskipun bisnis frozen food cukup menggiurkan, tetap saja kamu tidak boleh gegabah karena semua bisnis pasti akan mengalami kegagalan jika tidak diawali dengan perencanaan yang matang.

Dalam membangun perencanaan bisnis yang matang sebagai reseller frozen food kamu dapat mempelajari tips berikut ini.

  1. Tentukan jenis makanan yang ingin dijual

Pada fase awal merintis usaha reseller frozen food sebaiknya kamu  memilih satu jenis produk frozen spesifik yang paling diminati pasar

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tidak ada stok tersimpan di rumahmu yang tentunya akan memakan tempat dan memiliki resiko kadaluarsa sebelum laku di pasaran.

Namun jika bisnismu sudah berkembang dan sudah memiliki pelanggan tetap, tidak ada salahnya kamu mengembangkan variasi produk frozen food yang lain.

  1. Siapkan modal untuk membeli peralatan

Meskipun menjadi reseller tidak perlu lagi memikirkan proses produksi namun kamu tidak bisa hanya berfikir untuk langsung menjualnya karena ada beberapa peralatan yang wajib kamu miliki seperti berikut

  • Freezer

kamu tidak mungkin hanya mengandalkan freezer yang ada di dalam kulkas untuk menyimpan stok frozen food yang akan kamu jual, maka kamu perlu membeli lagi freezer dengan kapasitas besar untuk menyimpan stok jualanmu

  • Vacuum sealer

Meskipun kamu akan menerima frozen food yang sudah dikemas dengan rapi dari produsen kamu tetap perlu menyediakan vacuum sealer sendiri.

Hal ini dimaksudkan karena kamu tidak akan pernah tau kemungkinan kemasan rusak pada saat perjalanan dari produsen kepada kamu, dengan adanya vacuum tentu saja memudahkan kamu untuk memperbaiki kemasan sendiri dan tidak mengecewakan pelanggan

  • Perlengkapan packing

Semakin berkembangnya bisnis yang kamu jalani tentu semakin luas juga cakupan wilayah yang akan kamu jangkau maka dari itu penting bagi kamu untuk menyiapkan peralatan packing untuk memudahkan proses pengiriman keluar kota kamu

  1. Pilih supplier yang berkualitas

Produk berkualitas yang kamu jual tentu saja akan berpengaruh pada perkembangan bisnis yang kamu jalani maka dari itu kamu perlu memilih supplier yang berkualitas untuk bisnis reseller milikmu

  • Pilih yang telah mengantongi izin

Izin usaha merupakan hal yang wajib untuk dimiliki produsen makanan dan jangan sampai kamu memasarkan produk yang belum memiliki izin karena nantinya akan bermasalah untuk bisnismu.

  • Pilih produk yang berkualitas

Setiap konsumen pasti menginginkan produk berkualitas maka dari itu kamu harus menyediakan produk yang berkualitas sesuai dengan keinginan konsumen

  • Pilih produsen yang memiliki komunikasi yang baik

Selain manajemen dari diri sendiri, kelancaran bisnis sebagai reseller juga ditentukan oleh produsen frozen food yang kamu jual

Maka jika terjadi masalah pada pihak produsen tentu saja akan berpengaruh pada usahamu namun jika pihak produsen memiliki komunikasi yang baik tentu kamu akan mudah menemukan solusi dari masalah yang hadir

Namun jika tidak memiliki komunikasi yang baik maka sudah dipastikan kamu akan kelimpungan menghadapi masalah tersebut.

  1. Lakukan strategi pemasaran

Setelah semua langkah di atas sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penjualan dan melakukan strategi pemasaran.

Untuk memasarkan produk-mu kamu dapat menggunakan media sosial seperti instagram, twitter dan facebook. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan platform e-commerce yang tersedia seperti LaDaRa.

Itulah tips dan analisa keunggulan serta kekurangan reseller frozen food, yang tentunya dapat kamu jadikan acuan untuk memulai bisnis reseller frozen food milikmu sendiri.

Silahkan berkomentar