Range Rover
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/white-land-rover-range-rover-suv-di-jalan-116675/

Mobil Pertama: Biaya Apa Saja Yang Harus Diketahui?

Diposting pada
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/white-land-rover-range-rover-suv-di-jalan-116675/

 

Siapa yang tidak excited saat akan membeli mobil pertamanya. Namun dibalik itu semua, Anda perlu tahu bahwa ada banyak biaya yang harus dikeluarkan ketika memiliki mobil. Hal ini juga menjadi pertimbangan, manakala Anda adalah orang awam yang sama sekali tidak tahu perihal otomotif.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan Saat Punya Mobil

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/man-memperbaiki-mesin-kendaraan-2244746/

Biaya punya mobil tentu saja tidak sedikit, bahkan untuk mobil dalam kondisi baru sekalipun. Untuk, Anda yang berencana untuk membeli mobil pertama, simak berikut ini biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk mobil anda.

1.     Bahan Bakar

Biaya utama ketika sudah memiliki mobil tentu saja ada pada biaya bahan bakar. Karena bahan bakar sangat penting keberadaannya. Umumnya untuk mobil, maka menggunakan bahan bakar pertamax, namun bisa juga berbeda tergantung dari tipe mobilnya.

Cara menghitung biaya yang harus anda keluarkan untuk bahan bakar mobil adalah ketahui terlebih dahulu jarak tempuh perjalanan setiap hari. Ini jika Anda menggunakan mobil sebagai alat transportasi ketika bekerja setiap hari.

Setelah menghitung jauhnya perjalanan, maka anda perlu tahu bahwa 1 liter bahan bakar Pertamax bisa dipakai untuk jarak perjalanan 11 km. Sekarang tentu anda sudah bisa menghitung biaya yang harus dihabiskan per hari, per bulan dan juga per tahun untuk bahan bakar saja.

2.     Perawatan Mobil

Biaya punya mobil sangat perlu diperhatikan dari segi perawatan mobil. Mobil anda tentu tidak boleh dinaiki terus-menerus tanpa adanya perawatan secara maksimal. Mobil yang tidak terawat kinerjanya akan semakin menurun dari hari ke hari, terlebih jika kendaraan ini dipakai setiap hari.

Untuk itu Anda juga perlu tahu biaya perawatan mobil. Terutama untuk biaya yang umum seperti misalnya penggantian oli, biaya pembersihan bagian sistem pembakaran mobil dan pengapian. Setelah itu Anda juga harus melakukan pengecekan semua komponen mesin mobil sesuai pemakaian kendaraan.

Ketahui bahwa penting melakukan servis mobil secara berkala sesuai dengan jarak tempuh mobil. Misalnya untuk jarak tempuh mobil mencapai 1000 km, maka perlu melakukan pengecekan untuk oli mesin, bagian sistem pendingin mesin, rem, transmisi, body dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada berapa versi melakukan servis mobil berdasarkan jarak tempuh lainnya. Semakin jauh jarak tempuh maka semakin banyak pula servis yang harus dilakukan agar performa mobil tetap prima. Perawatan untuk mobil juga didasarkan pada jenis dan pemakaian mobil. Untuk rentang harga biaya perawatan mobil mulai dari 1 jutaan.

3.     Pajak Tahunan

Untuk mobil pertama yang anda miliki, maka perlu diketahui pula bahwa anda perlu mengeluarkan biaya untuk membayar pajak tahunan. Jumlah biaya pajak ini bergantung pada beberapa kondisi. Dari jenis mobil, harga mobil hingga umurnya.

Biasanya mobil yang punya segmen kubikasi mesin lebih tinggi akan mengenakan biaya pajak tahunan yang tinggi pula. Apalagi untuk mobil keluaran terbaru, biasanya memiliki biaya pajak yang jauh lebih mahal dibanding mobil lama.

Untuk Anda yang menginginkan pembelian mobil mewah, tentu juga harus pertimbangkan harga pajaknya yang terbilang sangat mahal. Biaya pajak tahunan ini wajib dibayar secara tunai dan anda tidak boleh terlambat melakukan pembayaran. Jika telat, maka anda akan dikenakan sanksi berupa denda yang jumlahnya terus bertambah sesuai dengan jumlah waktu keterlambatan.

4.     Premi Asuransi

Untuk perlindungan mobil, terutama pada mobil baru tentu anda harus memiliki asuransi mobil. Maka dari itu, juga harus mempersiapkan pengeluaran untuk bayar premi asuransi per tahun. Membeli asuransi untuk mobil tentu memberikan banyak keuntungan.

Namun disisi lain Anda memang harus mengeluarkan premi asuransi per tahunnya. Agar pengeluaran lebih ringan saat bayar premi asuransi mobil, Anda bisa mengalokasikan gaji setiap bulan untuk ditabung agar bisa bayar premi.

Biaya premi yang harus dikeluarkan tiap tahun tentu berbeda-beda. Tergantung pilihan asuransi yang diambil. Semakin lengkap layanan asuransinya maka biaya premi yang harus dikeluarkan juga akan semakin mahal.

5.     Komponen Wajib Mobil Diluar Servis

Selanjutnya, untuk memastikan mobil tetap nyaman saat dipakai maka anda wajib mengeluarkan biaya untuk komponen mobil. Biaya ini tentu saja di luar dari dana yang harus anda bayarkan setelah servis mobil.

Beberapa komponen wajib mobil yang harus dicek secara berkala dan diganti adalah aki. Untuk penggantian aki ini biasanya dilakukan dua atau tiga tahun sekali, atau jika aki sudah mengalami soak. Selanjutnya penggantian oli untuk satu kali setahun dan biaya penggantian lampu ketika sudah mengalami konslet.

Anda juga akan dikenakan biaya penggantian kanvas rem, kanvas kopling, busi dan masih banyak lagi. Biayanya tergantung dari merek yang digunakan dan juga bengkel yang anda tuju. Kisaran harganya mulai dari ratusan ribu rupiah.

6.     Komponen Tambahan Di Dalam Mobil

Jika anda memiliki budget berlebih, maka bisa pula keluarkan dana untuk komponen tambahan yang ada di dalam mobil. Ini tentu akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan Anda saat mengendarai mobil.

Beberapa komponen tambahan seperti jok mobil harus diganti saat sudah mulai tidak layak pakai. Selain itu Anda juga harus perhatikan parfum mobil, ketersediaan tisu tempat sampah  dan lain-lain. Beberapa komponen tersebut memang tidak wajib diganti, namun apa salahnya membuat mobil semakin nyaman dinaiki terutama untuk mobil pertama.

Itu tadi beberapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk mobil pertama yang anda miliki. Biaya-biaya ini  harus anda ketahui sebelum membeli mobil, agar anda bisa memahami kemampuan finansial diri sendiri. Bahwa ternyata, saat memiliki mobil maka anda harus siap dengan biaya pengeluarannya yang tidak sedikit. Agar mobil tetap fungsional dan prima saat dipakai.

Untuk Anda yang masih bingung dengan kebutuhan dana saat akan membeli mobil pertama, tidak perlu bingung karena ada Maybank Finance. Maybank Finance menjawab keluhan masalah keuangan dengan berbagai kelebihan. Mulai dari kemudahan dalam mengajukan pinjaman, data Anda aman dan terdapat layanan pelanggan selama 24 jam.

Cara pembayaran kreditnya juga sangat mudah dengan berbagai metode. Dari direct debit Maybank, ATM Bank Maybank, jaringan ATM Bersama, mobile banking Maybank dan lain-lain.

Sumber :
https://carusermagz.com/ingin-punya-mobil-ini-daftar-biaya-operasional-perawatan-dan-kepemilikan-yang-harus-diperhitungkan/
https://blogunik.com/mau-punya-mobil-ini-lho-rincian-biaya-yang-harus-kamu-keluarkan-tiap-tahunn
https://gofleet.id/blog/biaya-rutin-mobil-pribadi