Keuntungan Aplikasi Belanja Online Bagi Penjual dan Pembeli

Diposting pada

Kehadiran aplikasi belanja online memang menguntungkan banyak pihak, bukan hanya memudahkan pembeli dalam membeli barang yang dibutuhkan, tetapi juga memudahkan penjual dalam mengenalkan atau menawarkan produk yang mereka miliki. Di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih ini banyak aplikasi belanja online yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan. Namun tentu saja Anda tidak boleh asal memilihnya, karena tak sedikit orang yang merasa tertipu ketika menggunakan aplikasi ini.

Dalam memilih aplikasi belanja onlineada baiknya Anda mengetahui kredibilitas, kualitas dan keterpercayaan menggunakan aplikasi tersebut. Anda bisa membaca review dari pembeli atau penjual yang menggunakan aplikasi tersebut, jika mereka merasa puas, Anda bisa menggunakannya juga. Aplikasi belanja online yang direkomendasikan yaitu Ladara.id, di mana aplikasi juga mendukung UMKM dan ikut memajukan ekonomi negara.

Wanita pegang kartu online (sumber: pexels.com)

Keuntungan Aplikasi Belanja Online Bagi Penjual dan Pembeli

Sepertinya saat ini sudah banyak penjual atau pembeli yang beralih menggunakan aplikasi belanja online, dibandingkan meramaikan toko atau pasar offline. Hanya melalui smartphone, kuota internet, jaringan data dan aplikasi belanja online, penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi dengan mudah. Berikut keuntungan menggunakan aplikasi belanja online bagi penjual dan pembeli, yaitu:

Keuntungan untuk Pembeli

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan pembeli menggunakan app belanja online, di antaranya yaitu:

1. Hemat Waktu, Biaya dan Tenaga

Saat menggunakan aplikasi belanja online terbaik, pembeli sudah menghemat waktu biaya dan tenaganya untuk tidak pergi ke pasar. Penggunaan aplikasi belanja online sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak, karena Anda bisa berbelanja di rumah sembari melakukan apapun, seperti memasak, menemani anak bermain hingga bekerja.

Anda juga tidak perlu uang untuk beli bensin, bayar naik angkot atau ojek menuju pasar atau supermarket. Anda cukup menyalakan data internet di HP dan membuka aplikasi belanja onlineuntuk berbelanja.

2. Bayar Mudah

Anda juga bisa membayar belanjaan dengan mudah di aplikasi belanja online bayar ditempat. Dimana Anda baru akan membayarnya, ketika barang yang dipesan sudah sampai di rumah.

Dengan menggunakan aplikasi belanja online bayar di rumah, kepercayaan Anda akan terjaga dan Anda tidak perlu takut tertipu. Apabila barang Anda pesan tidak kunjung datang,  Anda tidak kerugian sepeserpun karena belum membayarnya.

Bukan hanya itu, aplikasi belanja online terpercaya juga biasanya telah menerapkan sistem keamanan pembayaran di aplikasinya, sehingga transaksi berjalan mudah dan aman.

3. Bisa Mendapatkan Harga Terjangkau

Dengan menggunakan aplikasi belanja onlineAnda bisa membandingkan harga benda yang satu dengan benda yang lainnya dalam satu aplikasi. Dengan begitu, Anda bisa memilih barang dengan harga yang sesuai budget yang anda miliki.

Anda juga bisa memilih aplikasi belanja online termurahuntuk mendapatkan harga istimewa dan terjangkau. Apalagi saat ini banyak aplikasi belanja online yang sering memberikan tawaran promo dan diskon pada penggunanya. Namun Jangan terlalu fokus dengan harga, Anda juga harus memperhatikan kualitasnya.

Anda bisa mencari tahu kualitas barang tersebut melalui penilaian atau review yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Jika penilaiannya bagus, Anda bisa membelinya.

Wanita pegang kartu untuk belanja online (sumber: pexels.com)

Keuntungan untuk Penjual

Bukan hanya untuk pembeli, aplikasi belanja online juga memberi banyak keuntungan untuk penjual, di antaranya yaitu:

1. Bisa Mengenalkan Produk Lebih Luas

Dengan menggunakan aplikasi belanja online, penjual dapat mengenalkan dan menawarkan produknya lebih luas, bahkan hingga ke luar kota. Berbeda dengan membuka pasar, di mana produk Anda sebatas lingkungan itu saja.

2. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Jika Anda ingin berbisnis namun tidak memiliki modal yang besar, aplikasi belanja online bisa mengatasinya! Anda bisa membuka jualan dengan minimal Rp 100.000 sampai Rp 500.000 saja perbulannya. Caranya bagaimana? Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshiper untuk toko lain. Setelah mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, Anda bisa mencoba membuka usaha sendiri.

3. Mendapat Keuntungan yang Lebih Besar

Dibandingkan dengan berjualan secara offline, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar melalui penjualan online di aplikasi belanja online. Mengingat Anda bisa memasarkan produk yang lebih luas, maka peluang mendapatkan pembeli yang banyak pun semakin besar.

4. Bisanya Nyambi dengan Pekerjaan Lain

Dengan berjualan di aplikasi belanja online, Anda juga bisa melakukan pekerjaan lain. Cara menjadi penjual online shop tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke kantor atau ke pasar menggunakan formal dan Anda juga memiliki kebebasan waktu bekerja. Selama Anda dapat mengatur waktu dengan baik, maka Anda bisa menjalankan kewajiban bekerja menggunakan gadget untuk merespon pertanyaan atau tanggapan dari pembeli.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan aplikasi belanja online untuk pembeli maupun penjual. Baik sebagai pembeli ataupun penjual, tak ada salahnya Anda memanfaatkan aplikasi belanja onlineini untuk memudahkan aktivitas belanja sehari-hari. Lantas, aplikasi belanja online manakah yang terbaik dan terpercaya?

Ladara.id menjadi salah satu aplikasi belanja online berkualitas terbaik dan terpercaya yang bisa Anda gunakan sebagai pembeli ataupun penjual. E-commerce ini merupakan hasil karya anak bangsa yang seharusnya kita dukung sepenuhnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam menggunakannya.

Ada berbagai macam produk yang tersedia dalam aplikasi LADARA mulai dari, produk makanan dan minuman, kesehatan, fashion, teknologi dan lainnya. Aplikasi ini juga mendukung UMKM untuk membangun ekosistem digital ekonomi guna membantu meningkatkan ekonomi Indonesia di pasar global melalui karya sendiri.

Referensi:

_https://www.olsera.com/id/blog/toko-online-keunggulan-dan-kelemahannya-untuk-penjual-dan-pembeli

_https://moodah.id/blog/2020/08/04/7-keuntungan-menggunakan-aplikasi-penjualan-online-untuk-bisnis-anda/

_https://dosenit.com/kuliah-it/web/manfaat-online-shop/amp

_https://ladara.id/tentang-kami