Walaupun Susah! Ini 7 Alasan Pentingnya Anak Belajar Matematika

Diposting pada
Ajarkan belajar matematika anak sejak dini mulai dari berhitung
credit: Freepik

Matematika selalu menjadi pelajaran yang dianggap sulit. Namun bukan berarti Mama tidak menerapkan belajar matematika anak di rumah ya. Pembelajaran matematika sebenarnya sudah bisa dimulai sejak balita di mana mereka mengenal bentuk dan warna.

Kesulitan dalam belajar dan mengajar di rumah itu adalah hal wajar, hanya saja tinggal bagaimana cara Mama membuat pelajaran ini menarik. Memang tugas yang tidak mudah tapi tetap harus dilaksanakan.

Supaya Mama jadi lebih bersemangat lagi untuk memperkenalkan matematika kepada si kecil, yuk kenali dulu alasannya untuk belajar.

7 Alasan Kegiatan Belajar Matematika Anak itu Penting

Pelajaran matematika menjadi salah satu ilmu dasar yang harus dipelajari siapapun karena memiliki banyak kaitan dengan ilmu lain dan kehidupan sehari-hari. Beberapa konsep seperti bentuk, besaran, susunan sampai logika masuk dalam ilmu ini.

Walaupun banyak faktor yang membuat kegiatan belajar matematika anak menjadi sulit, tapi ilmu ini tetap harus diajarkan. Beberapa alasan berikut ini yang harus dipahami Mama dan Papa bahwa matematika itu penting untuk anak.

1. Mengasah Kreatifitas Anak

Saat belajar matematika anak akan lebih kreatif mencari cara untuk menjawab semua soal.
credit freepik

Matematika adalah ilmu pasti, meskipun begitu ketika si kecil mempelajarinya akan membantu kreatifitas anak ikut berkembang. Pada saat anak berpikir untuk memecahkan sebuah soal matematika, banyak cara yang bisa ditempuh demi meraih hasil.

Tidak jarang juga anak akan mencari cara yang menurutnya praktis untuk diterapkan. Oleh karena itu kemampuan berpikir kreatifnya pun akan berkembang saat mencari solusi. Inilah yang membuat matematika jadi pelajaran yang penting.

2. Anak Bisa Berpikir Secara Sistematis

Saat memulai belajar matematika anak SD kelas 1 maka materi yang diberikan bukan hanya mengenal angka tetapi mulai berhitung. Seperti penjumlahan, pengurangan hingga perkalian. Di mana setiap materi tersebut akan mengerjakan sebuah sistem yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil.

Pola pikir anak yang sistematis pun akan diasah sehingga mereka akan melalui tahapan demi tahapan untuk mencari jawabannya. Penting sekali bagi anak untuk mahir dalam berpikir sistematis karena akan banyak masalah yang mereka bisa pecahkan di luar soal matematika.

3. Membentuk Pola Pikir yang Kritis dan Logis

Masih soal kemampuan berpikir, ketika mulai belajar matematika anak dituntut untuk lebih teliti dalam membaca soal. Kemudian demi mendapatkan pemecahan atau solusinya, anak juga harus menyesuaikannya dengan aturan matematika yang berlaku.

Unsur logika, teliti dan cermat akan membantunya untuk terbiasa berpikir secara logis dan kritis. Apalagi matematika selalu memiliki struktur pemecahan masalah yang tepat. Di masa depan nantinya kemampuan ini akan menghindarkan anak dari kecerobohan saat menghadapi masalah.

4. Menciptakan Kesabaran

Alasan yang tak kalah pentingnya dengan membentuk pola pikir adalah membuat anak jadi lebih sabar. Memecahkan soal matematika apalagi yang rumit tidak bisa dilakukan terburu-buru. Banyak aturan yang harus ditaati dan terstruktur.

Hal inilah yang akan menguji kesabaran, baik itu siswa maupun guru. Jadi jika Mama sedang mengajarkan matematika di rumah teruslah untuk mendampingi dengan sabar. Selalu berikan motivasi kepada si kecil agar mereka tidak menyerah.

5. Ilmu Dasar untuk Bidang Ilmu Lainnya

Mengapa matematika adalah mata pelajaran pokok yang wajib dipelajari? Karena ada beragam ilmu yang terkait di dalamnya. Apabila kegiatan belajar matematika anak diberikan sejak dini terutama dasar-dasarnya maka bidang ilmu lain akan mudah dipelajari.

Khususnya untuk matematika yang menjadi dasar dari beberapa cabang ilmu seperti kimia, fisika, ekonomi, teknik dan masih banyak lagi. Di sekolahan pun, nilai matematika akan menjadi dasar penilaian kemampuan anak ketika ingin memilih jurusan nantinya.

6. Ilmu dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak pernah terlepas dalam ilmu matematika. Demi memudahkan kehidupan si kecil ketika dewasa kelak, mereka harus menguasai matematika. Setidaknya ilmu dasarnya sudah dipahami.

Misalnya dalam menghitung uang untuk berbelanja. Anak harus mengenal mata uang dan cara berhitung untuk membayar dengan benar. Semua itu bisa dikuasai jika sudah belajar matematika sebelumnya.

7. Menjanjikan Kehidupan di Masa Depan

Terampil dalam matematika menjadi dasar penentuan masa depan seseorang. Apakah Mama memimpikan agar si kecil memiliki masa depan yang cerah? Sudah pasti jawabannya ‘’ya’’. Matematika adalah ilmu pokok yang dibutuhkan dalam segala bidang pekerjaan.

Cerdas dalam matematika akan menjanjikan anak memiliki pilihan lapangan pekerjaan yang sangat luas. Contohnya programmer, ekonom, arsitek, dokter dan masih banyak lagi.

Faktor yang Membuat Matematika Sulit Dipelajari

Buat mama yang saat ini sedang menyusun materi belajar matematika anak TK dan SD harus tahu dulu apa saja faktor yang membuat ilmu ini sulit dipelajari. Supaya Mama bisa dengan tepat mencari alternatif cara belajar yang efektif.

1.      Minim Media untuk Belajar

Matematika bisa jadi pelajaran yang seru khususnya untuk anak TK dan SD kelas 1 jika media yang digunakan berbagai. Hanya menggunakan kertas dan pensil untuk menulis angka terasa kurang seru bagi si kecil.

Solusinya Mama bisa menggunakan beragam media seperti crayon, buku gambar, bahkan melalui kelas online di kiddo.id. Memanfaatkan media aplikasi adalah cara cerdas yang bisa Mama pilih supaya pelajaran matematika semakin asyik.

2.      Kurang Fokus dan Percaya Diri

Anak-anak adalah masanya bermain, tapi Mama juga harus menerapkan waktu belajar secara disiplin dan menciptakan suasana yang membangun fokus. Cara mengajar anak matematika melalui media online bisa jadi trik tepat tapi jangan lupakan suasana belajar.

Jangan lupa juga untuk terus memberikan motivasi agar si kecil percaya diri ketika mengikuti pelajaran matematika yang interaktif. Menyemangati dan mendorong mereka agar mau menjawab pertanyaan dan terus berinteraksi adalah langkah tepat.

Menentukan cara belajar matematika yang tepat menjadi penentu agar si kecil dapat menguasai matematika dengan baik. Kiddo.id hadir untuk membantu si kecil dekat dengan pelajaran matematika. Mama Papa bisa memilih les matematika yang sesuai dengan kebutuhan si kecil dari pengajar pilihan terbaik. Belajar matematika jadi seru dan menyenangkan, deh!

Sumber:

_https://funwithmathematic.wordpress.com/2013/11/24/pentingnya-ilmu-matematika-diajarkan-dari-sejak-dini

_https://www.kompasiana.com/kartika25874/5d4d0f160d823013ce56d824/belajar-matematika-untuk-anak-usia-dini-pentingkah?page=all

_https://www.awalilmu.com/2015/08/6-alasan-mengapa-kita-harus-belajar.html

_https://www.educenter.id/5-alasan-mengapa-pelajaran-matematika-penting-untuk-kehidupan-anda-di-masa-depan/

_https://edumatik.net/7-alasan-kenapa-kamu-harus-mempelajari-matematika/

Silahkan berkomentar