6 Tempat Makan Sop Enak di Medan, Rasanya Luar Biasa

Diposting pada

Makanan sop merupakan makanan yang banyak dicari oleh warga kota Medan. Diberbagai sudut kota Medan mulai dari kecamatan Medan Belawan sampai dengan kecamatan Medan Amplas sudah bisa dipastikan selalau ada warung yang menjual sop enak.

Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dengan dewasa dan orang tua suka dengan makanan jenis ini. Disamping kaya dengan kadar air kuah, sop juga mempunyai ciri khas daging dan aroma yang yang enak dihirup. Apalagi ketika santapan makanan sop ini dalam kondisi panas.

Jenis – jenis sop kalau ditelusuri sangatlah banyak variannya, mulai dari sop daging kambing, sop daging dan sop daging iga dengan berbagai jenisnya. Tak cuma itu, Banyak juga penggemar sop dalam varian yang bernama Mie Sop. Campuran mie kecil, mie besar dan mie tiaw dengan sayuran dan daging campuran lainnya. Biasanya mie sop disantap oleh orang untuk pada waktu sore hari.

Laman Wikipedia menyatakan kesamaan antara sop dengan sup. Keduanya mempunyai pengertian bahwa sop adalah “makanan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa.”

Secara umum makanan sop dibagi dalam dua kelompok yaitu sop jernih dan sop kental. Ini bisa anda temukan di warung makan yang ada, khususnya tempat makan keluarga di kota Medan.

Kabar baiknya anda bisa memilih warung sop enak di kota Medan dan berikut informasinya kami sampaikan.

1. Mie Sop Bu Tuti

Karyawan warung Misop Bu Tuti sedang masak (Tribunnews)

Warung Miso Bu Tuti beralamat di jalan Karya Bersama, Kecamatan Polonia kota Medan Sumatera Utara (Sumut) yang buka mulai pagi hari dan tutup pada malam hari sekitar pukul 22.00 wib.

Menu di warung ini adalah ah mie sop kampung dengan racikan yang banyak digemari oleh warga Kota Medan dan luar kota Medan. Juga termasuk para mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi (negeri/swasta) yang ada di Sumatera Utara.

Mi Sop Bu Tuti semakin mantap disantap jika ditemani dengan sate kerang dan jengkol. Melebur dan menghasilkan cita rasa yang tiada tara. Harga perposinya mulai dari Rp14.000 saja. Jika Anda ingin memakan satu sate jengkol dan kerang, maka Anda dikenakan biaya Rp4.000 per tusuk nya.

2. Sop Sumsum Langsa

Menu Sop Sumsum Langsa via kba.one

Berlokasi di jalan Yos Sudarso nomor 73 daerah Glugur, kecamatan Medan Barat, kota Medan Sumatera Utara (Sumut).

Setidaknya ada 3 pilihan sop disini yang yang banyak dicari oleh pengunjung, sop tulang, sop daging atau sop sumsum. Dan kabar baiknya ketiga sop yang ada, rasanya enak banget. Bagi Anda yang datang lewat waktu siang, maka dijamin tidak akan kebagian, khususnya sop tulang dan sumsum.

Selain dagingnya yang enak, warung ini menyajikan kuah sop yang nikmat tiada tara. Satu porsi harganya Rp25.000 sampai dengan Rp38.000. Warung Sop Sumsum Langsa ini tidak hanya menyediakan sop saja sebagai menu makanan andalan, namun tersedia Soto Medan yang enak.

Yang perlu Anda ketahui adalah rempah-rempah sangat terasa dilidah dan cocok sekali ketika Anda makan saat waktu musim penghujan.

Baca: Tempat Nongkrong di kota Medan

3. Sop Kambing Datuk

Contoh Menu Sop Kambing Datuk via Tribunnews

Penasaran dengan namanya kami pun mencoba mencari dimana alamat warung sop kambing Datuk ini. Ternyata alamatnya di jalan Gagak Hitam No 39 Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal kota Medan Sumatera Utara.

Melansir dari salah satu halaman online menyatakan bahwa usaha warung tersebut sudah berdiri sejak tahun 2008 silam dengan rata-rata menghabiskan 2 kilo sop daging per harinya ketika itu. Waktu berlalu peningkatan penjualan terjadi sampai 10 kilo per hari dan 100 kilo kambing, kaki kambing dan 4-5 kepala kambing per hari.

Untuk harga perporsi sop kaki kambing, sop kaki kambing hingga sop kepala kambing mulai dari Rp20.000 sampai Rp55.000 per porsi. Pesan bisa langsung atai secara online.

Meski mengusung nama warung kambing tetapi warung ini juga menjual sop ayam, hanya saja sop kambing lebih banyak peminatnya.

Pengakuan pemilik warung, mereka (konsumen) yang datang kemari adalah mereka yang sudah pernah makan di sini. Karena cocok dilidah, maka mereka datang lagi.

Kapan Anda datang kemari?

4. Warung Sop Mak Ijah

Contoh Banner Warung Ijah via FB

Terletak di jalan Denai No 204 Tegal Sari Mandala, kecamatan Medan Denai, kota Medan Sumatera Utara. Warung buka pagi hari dan tutup pukul 22.00 wib malam hari.

Kalimat yang cocok diucapkan untuk warung ini adalah “enak dan harga terjangkau”. Menurut penelusuran, tidak banyak testimoni mengenai warung Sop Mak Ijah ini. Mungkin karena lokasinya yang tidak di tengah kota Medan. Begitu pun tidak ada salahnya Anda juga untuk mencoba.

5. Sop Kambing Wajir 74

Salah Satu Menu Sop Kambing Wajir 74

Tidak tahu apa makna dari nomor 74 yang tersemat di merk warung ini. Kita tinggalkan aja pembahasan nomor dan kita langsung kenali menu – menu apa saja yang ada dan ternyata menu yang tersedia adalah sop sapi, kari sapi, kari kambing, dan sop kambing yang harganya mulai dari Rp25.000.

Warung yang beralamat di jalan Kolonel Sugiono Medan Maimun ini buka sampai dengan pukul 00.00 wib.

Kembali kepada angka keramat 74 ternyata ini adalah kode tahun pendirian dari pada Sop Kambing Wajir ini. Informasi yang ditemukan bahwa warung ini berdiri sejak tahun 1974. Sudah cukup lama bukan? Dengan umur yang sudah cukup lama ini untuk masalah rasa Anda jangan khawatir sudah pasti enak dimakan. Bahkan saking enaknya digelar dengan sebutan Sop Kambing Legendaris. Biar tahu saja ya orang yang makan kemari adalah orang – orang yang dikenal sebagai pejabat dan kabarnya juga Presiden Indonesia yang terdahulu yang pernah mampir kemari.

6. Sop Bang Yayat

Menu Sop Bang Yayat (Google Map)

Berdasarkan informasi yang beredar diinternet, alamat usaha ini berada di jalan Setiabudi nomor 35, kelurahan Tanjung Sari, kecamatan Medan Selayang, kota Medan Sumatera Utara.

Beberapa menu pilihan adalah, sop kaki kambing dan sop sapi. Pengakuan dari pemilik warung ini bahwa daging yang mereka masak diseleksi secara baik sehingga tidak menghasilkan bau. Para pemakan tidak terganggu ketika menyantap.

Baca: Mie Enak di Kota Medan

Makanan sop sudah menjadi menu makanan yang diterima oleh warga Medan. Sehingga wajar saja jika terus banyak pengusaha kuliner yang buka warung Sop (Sup) di sudut kota Medan, mulai dari untuk pasar menengah kebawah sampai dengan menengah keatas. Untuk Anda yang ingin makan sop di kota Medan, hal penting yang harus diperhatikan adalah untuk melakukan cek dan ricek terlebih dahulu.

Dapatkan informari terbaru di https://jejakmedan.com

Silahkan berkomentar