6 Tempat Makan Soto Enak di Medan, SBY Pun Kemari

Diposting pada

Tempat makan soto yang enak di kota Medan menjadi incaran para pemburu kuliner, baik orang dalam Medan sendiri dan orang yang datang dari luar Medan seperti dari propinsi Aceh dari Riau dan dari pulau Jawa bahkan dari mancanegara.

Soto adalah makanan yang sudah menjadi bagian dari selera khususnya warga kota Medan. Kuah yang bercampur dengan daging ayam, sapi dan paruh serta usus ini mempunyai cita rasa yang khas saat disantap. Campuran lain dari itu adalah sambal kecap dan penetral rasa yang tidak pernah ketinggalan yaitu potongan kecil jeruk nipis.

Saking populernya sebagian warga Kota Medan menjadikan foto sebagai sarapan pagi dan ada beberapa warung Soto yang sudah buka dari jam 6.00 pagi. Kehadiran soto menjadi alternatif sarapan selain mie balap dan lontong di kota Medan.

Harga yang ditawarkan kepada konsumen pun bervariasi setiap porsi, mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp30.000.

Baiklah, langsung saja kita akan sampaikan tempat makan soto enak yang ada di kota Medan. Berikut informasinya.

1. Nasi Soto Bilal

Tampak dari depan Soto Bilal (Blogger)

Lokasinya di jalan Bilal kalau kita dari jalan pancing terus menuju jalan Bhayangkara maka akan kita temukan di sebelah kanan sebelum Simpang Krakatau. Namun bila kita dari Simpang Krakatau maka lokasinya di sebelah kiri, sekitar 1 kilo meter jaraknya.

Kalau Anda masih bingung dengan informasi alamat diatas, berdasarkan Google Map,  alamatnya yaitu di jalan Bilal Ujung Nomor 181, Pulau Brayan Darat 1, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara 20236.

Beberapa menu soto yang bisa Anda nikmati di sini adalah soto daging ayam dan sapi, soto babat, soto hati ayam, soto paru, dan soto kudus. Dari semua soto tersebut ada juga orang yang memilih untuk dicampur menjadi satu porsi dan itu diperbolehkan oleh pemilik warung.

Porsinya cukup tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Kelebihannya adalah dagingnya yang lembut, baik daging sapi maupun daging ayam. Dan yang bikin seru lagi adalah campuran perkedel yang selalu ada.

Harga perporsi mulai jadi Rp 20.000 dan biasanya teman makan soto disini adalah teh manis dan teh tawar.

2. Rumah Makan Soto Sinar Pagi

Depan RM Sinar Pagi di Sei Deli (ksmtour)

Anda juga bisa coba datang kemari, yaitu Rumah Makan Soto Sinar Pagi yang beralamat di jalan Deli nomor 2D, simpang Gatot Subroto, kota Medan. Harga perporsinya adalah Rp 25.000, baik untuk soto ayam, soto sapi, dan soto usus serta soto babat.

Ada yang menanyakan tentang sejarah dari Warung Soto ini. Biar tahu bahwa berdirinya Warung Soto ini mulai tahun 1962. Sekarang menjadi salah satu ikon kuliner khas kota Medan. Bahkan setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan pernah menikmati kelezatan daripada soto Rumah Makan Sinar Pagi ini. Anda penasaran? Silakan datang kemari.

Menurut informasi yang kami dapatkan Rumah Makan Soto Sinar Pagi ini buka dari jam 07.00 wib pagi dan tutup jam 16.00 wib sore. Harga perporsinya mulai dari rp 23.000 sampai dengan rp 28.000 saja.

Baca: Minuman Khas Mandailing

3. Soto Pak Haji

Soto Pak Haji via mhm.asia

Usaha rumah makan Soto Pak Haji ini sudah lebih 40 tahun berdiri di kota Medan.

Alamat lengkapnya menurut Google Map adalah di jalan Gunung Krakatau No 108A, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, propinsi Sumatera Utara.

Untuk harga seporsi itu bervariasi mulai dari Rp25.000 sampai dengan Rp30.000. Sedangkan menu yang unik adalah soto udang yang langka dijumpai di warung lain. Kelebihan dari warung soto ini adalah tidak begitu ramai pengunjung. Jadi Anda tidak perlu antri menunggu untuk pesan makanan. Sangat cocok bagi mereka yang sudah lapar sekali.

Sunyi bukan berarti tidak enak ya. Perpaduan antara soto dan cabe rawit, kecap manis dan bawang goreng serta perkedel membuat rasanya begitu lezat saat disantap.

4. Soto Kawasan

Tampak dari depan Soto Kesawan

Karena usianya yang sudah lama, maka Soto Kesawan sudah begitu terkenal bagi warga Kota Medan. Rumah makan yang berada di jalan Ahmad Yani Nomor 116 dan jalan Surabaya Jalan no 30 ini menawarkan soto yang dikombinasi dengan berbagai isian. Isian soto ini mulai dari daging sapi, daging ayam, daging udang, hingga daging babat serta Paru. Kombinasi sambal yang istimewa serasi membuat soto ini mantap untuk disantap.

Buka mulai pukul 7.30 wib sampai dan tutup pada pukul 16.00 wib. Harga yang ditawarkan mulai Rp25.000 per porsi.

Para pengunjung Soto Kesawan bisa dibilang adalah orang dari kalangan menengah ke atas. Begitu juga para agar travel paket wisata Medan biasa mereka membawa tamunya ke Soto Kesawan. Meski tidak pun para tamunya meminta biasa, sudah secara mandiri Soto Kesawan menjadi pilihan tempat makan para wisatawan yang datang dari domestik maupun internasional.

Hal yang membuat tempatnya strategis adalah karena terletak berdekatan dengan jantung kota Medan, yaitu Lapangan Merdeka yang saat ini banyak sekali kita temukan jajanan kuliner, baik kuliner nusantara maupun kuliner dari luar negeri atau mancanegara.

Untuk pemesanan soto di rumah makan Kesawan Anda bisa datang langsung atau juga bisa secara online melalui berbagai aplikasi yang tersedia di handphone Anda.

Berikut link alamat soto kesawan yang didapat dari Google Map.

5. Soto Pecal Gado-Gado

Ilustrasi Soto jalan Durung

Varian produk sangat beragam di kota Medan. Jika tadi kita sudah mengenalkan soto udang kali ini ada soto yang unik yaitu soto pecel gado-gado. Menurut informasi yang didapatkan menyatakan bahwa warung ini beralamat di Jalan Durung Nomor 66, kecamatan Medan Tembung, kota Medan. Tidak tahu pasti apakah soto dan pecel jadikan satu atau memang dijual secara terpisah. Namun jika Anda melewati jalan Durung akan melihat warung ini selalu ramai dengan para pengunjung yang datang bahkan sudah tersedia pembelian secara online.

Sekedar menambahkan tidak jauh dari warung kini di masih di jalan Durung ada Warung Mie Opung yang menyajikan Indomie dengan sangat pedas namun banyak pengunjung yang ketagihan.

6. Warung Soto Simpang Belat

Soto Pecal Gado-Gado (Google Map)

Salah satu warung yang terkenal enak dan juga murah adalah Warung Sop Soto Simpang Belat. Lebih jelasnya, di jalan Tempuling atau Jalan Belat Nomor 22 Sidorejo Hilir, kota Medan, Sumatera Utara.

Untuk pemesanan bisa melalui Grabfood atau juga bisa datang langsung

ke lokasi sesuai dengan alamat. Tersedia macam-macam soto, mulai dari soto ayam soto daging soto babat dan lain-lain.

Baca: Tempat Nongkrong Medan

Selain rasa yang enak, hal yang terpenting adalah kehalalan dari sebuah makanan. Maka dari itu tidak salah jika Anda sebagai seorang muslim berhati – hati dalam memilih rumah makan untuk disinggahi. Lebih baik dari pada ragu adalah dengan bertanya dan bertanya. Mendapat informasi dari internet saja rasanya tidaklah cukup. Ini hanya sekedar saran saja.

Demikian informasi mengenai tempat makan soto enak di kota Medan. Semoga informasi yang kami sampaikan ini memberikan Anda referensi untuk mendapatkan kuliner yang sesuai dengan selera.