Cara Kompres Video Sampai 80 Persen Tanpa Mengurangi Kualitas

Diposting pada

Cara kompres (compress) video melalui komputer (PC), laptop dan HP dengan cara mudah bisa Anda lakukan secara sendiri dan tidak perlu menggunakan waktu yang lama.

Banyak orang mengalami kewalahan ketika file video yang dimilikinya cukup besar. Kewalahan dalam arti untuk dimana tempatnya, karena akan memakan memori internal, baik HP maupun laptop. Jika memori besar, maka tidak masalah, namun jika memori yang terbatas, ukuran video besar akan menambah masalah. Kemudian masalah lain adalah akan membuat boros kuota internet ketika mengupload sebuah video yang berukuran besar ke sosial media seperti YouTube Instagram sarana atau alat komunikasi modern lainnya.

Ini masalah tersebut bisa selesaikan tanpa mengurangi kualitas daripada video yang anda miliki. Beda dengan software atau aplikasi lain yang ketika di gunakan akan mengurangi resolusi dari video. Memang ukuran video menjadi kecil tapi hasilnya bikin gambar video tidak seperti sediakala.

Secara sederhana pembagian kualitas video itu ada ada banyak ya Mulai dari 720, HD sama full HD  (fHD) dan seterusnya. Minimal ukuran yang anda share ke media sosial video yang berukuran 720. Jika anda share model video dibawahnya, maka gambar video tidaklah bagus.

Kami telah mencoba menggunakan beberapa aplikasi yang ada di handphone dan di laptop serta komputer. Menariknya dari dua aplikasi ini gratis dan bisa anda download diinternet.

Berikut ini nama-nama aplikasi dan software untuk mengkompres sebuah video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya, Apa sajakah itu?

1. Handbrake

Software HandBrake via Handbrake.fr

Software ini unik karena covernya itu gambar buah-buahan namun khasiatnya sangat luar biasa. Video bisa atau menjadi lebih kecil sampai 80 persen. Pengalaman kami, video yang tadi berukuran 44MB ketika di kompres melalui software Handbrake menjadi 7 MB saja.

Untuk cara menggunakannya yaitu pertama Anda harus mendownload terlebih dahulu ke situs Handbrake. Lalu install di laptop/komputer anda setelah berhasil melakukan penginstalan maka anda bisa melaku kan kompress video baik secara satu persatu atau secara banyak.

Ada beberapa menu dan fitur yang harus di setting sebelum Anda melakukan kompres video. Silahkan Anda lihat tutorial HandBrake dibawah ini:

2. VideoShow

Bila Anda tidak menginginkan melakukan kompres dengan memakai laptop atau PC, maka anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama VideoShow. Anda tinggal mendownload dan menginstal di HP anda dengan mengunjungi Play Store.

Cara install-nya sangatlah mudah. Yang harus anda perhatikan adalah ketika anda menkompres video, Anda disuruh memilih mode video yang akan anda hasilkan Melalui aplikasi video show tersebut, biasanya terbagi beberapa mode: 240, 320 dan 420 serta 720. Disarankan Anda pilih yang 720 saja. Karena jika memilih dibawahnya hasil videonya tidak akan bagus.

Lebih jelasnya bisa lihat panduan dalam video berikut:

Jika ada yang kurang jelas, Anda bisa menyampaikannya di kolom komentar.

Sebelum kami akhirinya, penggunaan aplikasi dan software kompres video akan maksimal jika HP atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang sesuai. Banyak kejadian, spesifikasi tidak sesuai maka hasilnya tidak memuaskan, sering ngelag dan error.

Itulah beberapa aplikasi dan software yang bisa anda pakai untuk kecilkan file video Anda tanpa mengurangi wanita teteh Selamat mencoba.