HRD Software: Mudahkan Kelola SDM dalam Satu Pusat

Diposting pada

Human Resource Department (HRD adalah salah satu divisi yang membawahi banyak karyawan. Peranan HRD sangat besar, yaitu mengelola SDM agar mampu mengeluarkan performa terbaik serta menjaga hubungan dengan karyawan, serta memastikan bahwa hak dan kewajiban pihak karyawan dan perusahaan terpenuhi sesuai UU Ketenagakerjaan dan kontrak kerja.

Namun, tantangan bisnis yang kian beragam membuat HRD harus menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang ada. HRD Software adalah salah satu teknologi yang dapat memudahkan kinerja HRD di tengah tantangan bisnis. Seperti apa lengkapnya?

Ilustrasi HRD Software

Apa yang dimaksud dengan HRD Software?

HRD Software adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menangani pengelolaan karyawan secara terpusat.  Banyak orang yang mengira bahwa HRD Software akan menggantikan peran staf HRD. padahal tidak demikian. Karyawan adalah seorang manusia yang bagaimanapun juga membutuhkan pendekatan secara manusiawi, yaitu dengan sesama manusia. HRD Software merupakan kombinasi alat sempurna untuk menciptakan kinerja karyawan yang mulai dari penggajian, absensi karyawan, perencanan SDM, dan sebagainya.

Baca Juga: Manpower Planning untuk Mendapatkan SDM Unggulan

Kenapa Harus Menggunakan HRD Software?

Tantangan bisnis kian beragam dan membuat perusahaan harus memaksimalkan kinerjanya termasuk dalam aspek pengelolaan karyawan. Adapun alasan mengapa perusahaan harus menggunakan HRD Software adalah sebagai berikut:

Cepat

Bayangkan jika Anda harus melakukan pengelolaan karyawan dengan cara manual. Pasti waktu yang dihabiskan akan sangat lama. Namun, karena menggunakan HRD Software, semua proses dapat berlangsung otomatis dan lebih cepat.

Praktis

Dulu HRD harus berada di kantor untuk mengurus semua pengelolaan karyawan. Kini pengelolaan karyawan pun bisa lebih praktis dan fleksibel. HRD bisa mengakses HRD software secara online di mana saja dan kapan saja.

Aman dan Rahasia

Informasi karyawan bersifat konfidensial. HRD harus menjamin semua informasi karyawan tidak jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Semua informasi yang disimpan dalam HRD Software dijamin kerahasiaannya dalam cloud based server.

Mudah Digunakan

Banyak perusahaan yang enggan untuk menggunakan software dalam pengelolaan karyawan karena dinilai rumit. Padahal tidak demikian. HRD Software yang ditawarkan oleh LinovHR mempunyai fitur dan tampilan yang user friendly. Sehingga HRD cepat beradaptasi dan mudah menggunakannya.

Hemat

Alasan lain mengapa banyak perusahaan enggan menggunakan software karena dinilai mahal. Tentu saja hal ini keliru. Dengan menggunakan software untuk pengelolaan karyawan, HRD dapat menghemat biaya karena tidak perlu melakukan pemeliharaan mesin fingerprint dan membeli kertas untuk dokumentasi.

Data Terpusat

HRD biasanya sering kesulitan untuk mencari dan mendokumentasikan informasi karyawan. Berkat HRD Software, kini hal itu bisa diatasi dengan mudah. Semua informasi dan data karyawan disimpan terpusat. HRD tidak perlu lagi repot untuk menggali tumpukan kertas yang menggunung.

Saling Terintegrasi

Alasan yang terakhir mengapa perusahaan perlu menggunakan HRD Software adalah karena integrasi antar sistem. Seperti yang diketahui, beberapa pengelolaan karyawan seperti penggajian membutuhkan data dari sistem lain yaitu kehadiran. Dalam HRD Software, semua sistem terkait karyawan saling terintegrasi dengan baik. Sehingga HRD tidak perlu lagi melakukan entry manual ketika membutuhkan data dari sistem lain.

LinovHR adalah vendor penyedia HRD Software yang berpengalaman membantu banyak perusahaan untuk mengelola karyawan. Pengalaman inilah yang membuat LinovHR dipercaya dan mampu bertahan hingga kini. Penasaran dengan kemampuan LinovHR? Hubungi LinovHR untuk informasi lebih lanjut!

Silahkan berkomentar