12 Tanaman Pengusir Tikus Sawah di Rumah, Caranya Mudah dan Murah

Diposting pada

Tanaman pengusir tikus sawah di rumah ini sangat ampuh sekali khasiatnya. Biasanya banyak tikus, semenjak menerapkan ilmu ini, tikus sudah tidak ada lagi yang datang kerumah. Anehnya, banyak orang yang belum tahu dan malah memakai cara yang ribet dalam mengusir tikus.

Cara menggunakan tumbuhan pengusir tikus ini pun sangatlah mudah sekali. Sekali coba Anda sudah pasti bisa karena memang tidak memerlukan keterampilan khusus. Demikian beberapa kesaksian mereka yang sudah melakukannya. Semua jenis tikus, bukan hanya tikus sawah saja dijamin akan kabur dari rumah Anda.

Dari belasan tanaman pengusir hewan yang bernama tikus beriku ini, Anda silahkan memilih mana yang sesuai dengan selera. Semuanya asli tanaman yang ada di Indonesia, jadi sangat mudah untuk dijumpai. Bahkan beberapa tanaman yang ada memang sudah akrab ditelinga kita.  

Baiklah, langsung saja kita bahas satu persatu apa saja tanaman pengusir tikus Sawah di rumah.

1. Kayu Putih

Tumbuhan kayu putih (waspada)

Kayu putih adalah tanaman herbal yang sudah sangat populer ditengah – tengah masyarakat kita. Minyak dari tanaman kayu putih sering digunakana untuk menghilangkan kembung ataupun sebagai minya urut dan juga penghangat bagi tubuh bayi. Ternyata selain manfaat diatas kayu putih juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai tanaman pengusir tikus. Bagian yang sering digunakan untuk mengusir tikus adalah daunnya.

Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengambil beberapa lembar dun kayu putih, kemudian diiris tipis dan ditaburkan ditempat – tempat biasa tikus berkeliaran.

2. Cengkeh

Cengkeh via hallosehat

Cengkeh merupakan salah satu tanaman yang banyak dikenal sebagai bumbu masakan dan juga bahan minuman. Sejak dulu cengkeh menjadi salah satu komoditas ekspor. Cengkeh memiliki harum yang sangat khas dan cukup menyengat.

Caranya cukup gampang jika anda menggunakan cengkeh sebagai tanaman pengusir tikus. Pilihlah cengkeh yang kering dan masukan kedalam kain tipis lalu kemudian diletakkan ditempat – tempat yang biasa terdapat tikus bersembunyi. Bau menyengat dari cengkeh ini sangat tidak disukai oleh tikus.

3. Mint

Tamanam Mint via Tokopedia

Tanaman mint memiliki aroma mentol yang cukup menyengat dan tentunya akan ampuh jika digunakan untuk mengusir tikus dari rumah anda. Anda bisa meletakkan tanaman daun mint anda ditempat – tempat yang biasanya tikus suka bersembunyi disekitar rumah anda.

Cara lainnya adalah dengan menghaluskan daun mint lalu campur dengan air dan kemudian anda bisa menyemprotkannya ketempat-tempat yang biasanya disukai oleh tikus.

4. Durian

Durian via Kompas

Durian adalah buah yang diminati oleh banyak orang. Selain karena rasanya yang begitu nikmat, durian juga memiliki harum yang cukup menyengat hidung maka tak heran banyak juga yang tidak suka buah ini karna baunya yang menyengat.

Cara mengusir tikus dengan durian sangatlah gampang, yakni Anda cukup menggunakan kulit durian dan letakkan ditempat – tempat tikus biasa bersembunyi. Selain karena bau buah durian yang menyengat tikus juga tidk suka dengan tekstur kulitnya yang tajam.

5. Mengkudu

Buah Mengkudu via detik

Mengkudu merupakan tanaman dengan sejuta manfaat untuk kesehatan, kebersihan dan lainnya. Belum banyak yang tahu kalau ternyata mengkudu juga baik untuk mengusir tikus dari rumah anda.

Buah Mengkudu memiliki bau yang sangat menyengat dan dibenci oleh tikus. Anda bisa menggunakan buah mengkudu untuk mengusir tikus yang bersembunyi dirumah Anda dengan cara yang muda dan murah. Belah dua Buah mengkudu kemudian letakkan ditempat biasanya tikus bersembunyi.

6. Tanaman Bintaro

Tanaman Bintaro via Tokopedia

Tanaman bintaro ini adalah salah satu tanaman yang sangat ampuh mengusir tikus. Buah dari tanaman bintaro ini mengandung racun yang sangat dibenci oleh tikus. Anda bisa meletakkan buah bintaro ditempat-tempat persembunyian tikus dan dijamin tikus akan menjauh dari rumah anda.

Selain ampuh mengusir tikus dari rumah jangan lupa juga jika pohon Bintaro ini memiliki bahaya bagi manusia. Maka jika anda tertarik untuk menggunakan buah Bintaro sebagai pengusir tikus pastikan aman bagi anak-anak anda. Tanaman ini mengandung racun bila dikonsumsi ataupun asap yang dikeluarkan dari pembakaran pohonnya juga getah dari pohon bintaro yang bisa menyebabkan kelumpuhan jika terkena luka.

7. Bawang Putih

Bawang Putih via CNN

Bawang putih memang sudah banyak dikenal sebagai tumbuhan yang bisa mengusir beberapa binatang dari rumah anda seperti ular. Ternyata bawang putih juga bisa anda gunakan untuk mengusir binatang tikus dari rumah anda.

Cara mudah mengusir tikus dari rumah anda adalah dengan mengiris bawang putih atau dipukul-pukul kemudian sebarkan ditempat-tempat yang disukai oleh tikus.

8. Cabai Rawit

Cabai Rawit via Tokopedia

Cabai rawit memiliki bau yang pedas dan panas. Aroma dan sensasi yang dikeluarkan oleh cabai rawit ini sangat tidak disukai oleh tikus. Biasanya tikus akan segera kabur jika mencium aroma pedas dari cabai rawit.

Cara mengusir tikus dengancabai rawit adalah dengan menghaluskan beberapa buah cabai rawit kemudian campurkan dengan secukup air lalu semprotkan ketempat – tempat dimana tukus bersembunyi.

9. Sirsak

Sirsak via Tirto

Sirsak adalah salah satu buah yang terbilang lezat dengan citarasa manis asam segar dan pastinya sangat disukai. Ternyata selain buahnya yang sangat baik untuk tubih ada juga daun sirsak yang bisa digunakan untuk mengusir tikus dari rumah anda.

Caranya cukup gampang, ambil beberapa lembar daun sirsak kemusian iris lalu letakkan ditempat-tempat vavorit tikus yang ada dirumah anda.

10. Kopi

Kopi via Liputan6

Kopi adalah tanaman yang sangat terkenal dan mendunia. Buah kopi menghasilkan minuman yang sangat nikmat dan disukai hampir seluruh manusia didunia. Selain rasa kopi juga memiliki harum yang banyak disukai oleh manusia tak heran kini komoditas yang satu ini juga digunakan sebagai bahan baku sabun, parfum dan lain-lain.

Ternyata kopi punya manfaat lain yaitu sebagai pengusir tikus dari rumah anda. Harum dari biji kopi sangat tidak disukai oleh tikus. Cara mengusir tikus dengan biji kopi adalah anda cukup meletakkan biji kopi di dalam kain tipis lalu sebarlah dibeberapa tempat dirumah anda sehingga tikus kabur dari rumah anda.

11. Jengkol

Jengkol via okezone

Tanaman Jengkol juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Dari beberapa penelitian dikatakan bahwa buah jengkol bermanfaat untuk kesehatan jantung. Buahnya juga sering digunakan untuk makanan yang memiliki cita rasa lezat namun baunya kurang disukai.

Cara mengusir tikus dengan jengkol adalah dengan melarutkan kulit buahnya dengan air lalu kemudian semprot ditempat persembunyian tikus. Atau juga anda cukup meletakkan kulit buahnya ditempat-tempat biasa tikus masuk kerumah anda.

12. Tanaman Patah Tulang

Tanaman Patah Tulang via Bukalapak

Tanaman Patah Tulang ini sering dijadikan orang sebagai tanaman hias dihalaman rumah karena bentuknya yang unik. Tanaman ini memiliki getah yang sangat dibenci oleh tikus, termasuk tikus tanah. Saat menggunakan tanaman ini sebagai pengusir tikus anda harus berhati-hati sebab getahnya mengandung racun yang bisa membuat kulit anda teriritasi.

Tikus memang jadi pengganggu bagi manusia dimana pun berada, tidak hanya dirumah, bisa juga mengganggu tanaman padi yang ada di sawah yang mengakibatkan panen padi tidak maksimal. Hal ini terlihat saat padi dipanen dengan alat pemotong padi yang biasa digunakan oleh petani.

Begitu juga perkantoran yang banyak tikus bersarang. Jika tidak segera diatasi, maka berkas berharga bisa sasaran tikus.

Semoga saja kiat untuk mengusir tikus dari kami bisa bermanfaat bagi Anda. Jika satu tanaman pengusir tikus sawah dirumah tidak efektif, Anda bisa coba tumbuhan lain. Semoga berhasil!