Cari Duit Dari Internet Dengan Menulis, Tahapan Untuk Pemula

Diposting pada

Cari duit dari internet dengan menulis sudah semakin mudah jika kita tahu caranya. Dan kabar baiknya, caranya sangat mudah, semua orang bisa melakukannya jika ada kemauan yang kuat. Masalah bakat bukan hal yang utama. Faktanya banyak orang tidak punya kemampuan menulis ternyata bisa menghasilkan uang dalam bentuk rupiah dan dolar dari dunia maya. Jadi Anda tidak usah berkecil hati jika tidak punyal skill atau kelihaian menulis yang baik.

Menulis Online via Writing-Skill

Oke, mari kita mulai langkah demi langkah.

Pertama, Anda harus punya blog atau domain, ada juga yang sebut website. Anda bisa pilih yang gratis atau berbayar. Saran saya pilih yang berbayar. Karena ini bukti keseriusan Anda dalam menghasilkan uang dari internet.

Kedua, setelah beli domain, Anda lakukan instalasi domain. Pada tahap ini, Anda harus punya hosting untuk menginstal domain.

Ketiga, setelah itu, pilih tema (theme) yang sesuai dengan niche blog Anda. Dan untuk theme, ada yang free dan berbayar.

Keempat, mulailah menulis. Menulis apa? Ya terserah Anda mau menulis apa. Mulailah menulis dengan melibatkan emosi, bukan pikiran. Biarkan emosi mengalir dalam tulisan Anda. Nah, setelah itu koreksi tulisan dengan pikiran Anda. Mudah bukan?

Dalam menulis, jangan pernah berpikir sempurna di awal memulai. Semua butuh proses. Dan jangan pernah berpikir respon dari orang lain. Menulis saja.

Ingat, menulis sampai jumlah tertentu. Jika sudah sampai 100 artikel, maka Anda lakukan evaluasi. Ada berapa artikel yang masuk ke halaman satu Google (page one). Berapa konversi pengunjung perhari, perminggu dan perbulan.

Langkah tersebut sangat penting. Tujuannya agar sudah layakkah blog Anda di monitize, bisa ke Google Adsense atau perusahaan periklanan lainnya. Anda bisa dibayar dengan sistem perklik (cost perklik) atau pertayang iklan (cost per impresi). Keduanya sama – sama menjanjikan. Sudah banyak yang merasakannya.

Idealnya, jumlah artikel diblog harus mencapai 1000 artikel baru bisa stabil penghasilan. Jika 100 harus ditambah lagi sampai dengan 1000. Anda merasa berat? Jangan khawatir, Anda bisa pakai jasa penulis yang banyak menawarkan jasanya di internet. Untuk bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Oh iya, jika dalam bahasa Inggris, maka peluang Anda untuk mendapatkan uang lebih banyak bisa lebih terbuka lebar. Karena nilai rating blog Indonesia dengan blog berbahasa Inggris bedanya pada segmen pasar. Dimana bahasa Inggris pasarnya lebih luas, dari berbagai negara, sedang blog bahasa Indonesia hanya orang Indonesia saja. Tapi Anda perlu tahu, saingannya pun akan lebih sulit bahasa Inggris dari pada bahasa Indonesia.

Sebaiknya untuk di awal, Anda menulis saja apa yang ada dalam pikiran. Jangan terganggu dengan berbagai macam hal lain. Membangun kebiasaan menulis sampai mahir lebih bagus daripada sekedar orientasi uang. Ingat, menulis di blog hanyalah usaha sampingan Anda yang sebagai karyawan. Jalankan dengan paruh waktu, bisa sehari 2 (dua) jam saja tau kapan Anda mood dalam bekerja. Atau bisa juga Anda khususnya dalam satu hari untuk membangun blog jika tiada waktu pada hari biasa.  

Tuliskan sesuai dengan kemampuan saja, sisanya jika ingin pakai jasa penulis, silahkan saja. Hanya saja dengan pakai jasa penulis Anda harus mengeluarkan biaya tambahan dalam membangun blog. Untuk artikel dengan jumlah 1000 kata banyaknya, Anda harus menyediakan dana sekitar rp 50.000. Dan dikalikan jumlahnya, 1000 artikel x rp 50.000 = Rp. 50.000.000. Cukup mahal, bukan?

Langkah bijaknya, Anda bisa menulis saja sampai dengan ada penghasilan dan setelahya bisa pakai jasa penulis. Ini lebih aman caranya alias hemat biaya.

Perangkat Yang Harus Disediakan

Beberapa perangkat yang harus dipersiapkan untuk Anda yang ingin mencari uang di internet melalui menulis bisa Anda simak informasinya berikut ini.

1.      Komputer/Laptop

Anda harus punya laptop atau komputer. Alat ini sebagai tempat Anda menulis. Program Windows khususnya Microsoft Word harus terinstall. Ada juga yang langsung mengetik di Word Pad dengan alasan lebih ringan.

Untuk Laptop atau Komputer, Anda bisa beli sesuai dengan anggara yang ada. Kabar baiknya, harga komputer saat ini bisa dibilang murah. Begitu juga dengan harga laptop. Jika mau menghemat pengeluaran, Anda bisa mencari yang bekas, tapi tetap harus dicek kondisinya.

2.      Jaringan Internet

Jaringan internet pun sekarang sudah sangat murah dan mudah didapatkan, bisa dengan layanan fiber optik atau sinyal 4G yang ada di handphone. Dan kabar baiknya, saat ini juga banyak ditemukan warung kopi (tempat nongkrong) yang sediakan fasilitas wifi alias internet gratis bagi para pengunjung.

Banyak cara untuk memenuhi syarat yang kedua ini.

Demikian dulu informasi tentang cara cari duit di internet dengan menulis. Sebenarnya ada banyak yang ingin disampaikan, hanya saja keterbatasan waktu yang menjawabnya. Dilain waktu akan ada sambungan dari artikel ini. Simak terus ya!

1 komentar

Silahkan berkomentar