Begini Hasil Test Drive Suzuki XL7 Alpha AT

Diposting pada

Dengan munculnya Suzuki XL7 yang bisa dibilang cukup lambat, tetapi mobil tetaplah menjadi mobil yang fenomenal di kalangan Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebab sebagian porsi pangsa pasar mobil ini sangat kompetitif dan sisi lain produk ini juga dapat dibilang sangat menjanjikan. 

Kapabilitas off-road yang cukup, membuat Suzuki XL7 memilih penggerak roda belakang dengan jenis RWD, tidak hanya itu yang membuat Suzuki XL7 menjadi mobil perkasa dengan adanya V6 2,5-liter sebagai penyokong mesin menjadikan Suzuki XL7 tidak terkalahkan.

Hasil Test Drive Suzuki XL7 Alpha AT

Suzuki XL7 adalah mobil yang sudah lama eksis di Indonesia. Dalam versi originalnya adalah sebuah mobil 4×2 sejati yang berbasis Escudo namun di melarkan. Walaupun bukan menjadi penerus mobil secara langsung, namun kemunculan mobil ini tetap dinanti oleh banyak masyarakat di Indonesia.

Suzuki sendiri mengklaim jika XL7 merupakan mobil yang berbeda dari mobil Ertiga. Setidaknya terdapat 221 komponen baru yang sudah dirancang khusus oleh Masayuki Ishiwata. Kira-kira seperti apa hasil test drive dari mobil Suzuki XL7 Versi Alpha ini?

Mobil Suzuki XI7 (otosia)

Performa Mesin

104,7 PS total tenaga yang dapat dihasilkan oleh Suzuki XL7 dengan skala putaran yang normal mencapai 6000 rpm serta torsi dengan entitas maksimum hingga mencapai 138 Nm saat mencapai 4400 rpm.

Kalian tak perlu mengeluarkan tenaga untuk kickdown saat menuju putaran atas, guna mendapatkan akselerasi yang kilat torque band berkumpul pada titik putaran mesin menengah.

Tetapi di saat menuju 5000 rpm jangan panik sebab akan terjadi getaran di mobil dikarenakan tenaga mulai dawn, jangan terlalu membandingkan dengan Xpander Cross yang biasanya kuat dalam rpm atas.

MID (Multi Information Display) sebuah informasi yang menampilkan hitungan berdasarkan konsumsi bahan bakar, Suzuki XL7 saat diuji dalam kondisi kota yang padat hanya diperlukan energi sebesar 11,2 kpl dan jika dalam kondisi stabil mencapai 100 kpj di jalan tanpa hambatan seperti tol.

Dengan begitu dapat disimpulkan rata-rata yang dapat dihitung mencapai 18,8 kpl. Walaupun begitu Suzuki XL7 masih dianggap konservatif dengan mekanisme torque converter.

Handling & Ride

Dalam menyiasati ground clearance meninggi dibutuhkan setelan suspensi jenis baru, Suzuki XL7 mengklaim 211 komponen yang menjadi pembeda dari Ertiga.

Dalam kecepatan tinggi Suzuki XL7 masih dalam keadaan stabil tidak perlu khawatir jika menemukan jalanan yang tidak rata sebab kaki kalian akan tetap nyaman tanpa adanya pemantulan di setiap jalan yang tidak rata. Gravitasi tinggi pada body roll tidak akan berdampak banyak.

Yang cukup menjadi sorotan jika kalian masih memakai ban dalam keadan standar pabrik akan sedikit menimbulkan kebisingan, sebab karet bundar dengan jenis eco tyre memang dikenal berisik.

Dalam hal itu Suzuki XL7 sudah mengantisipasi dengan Vibration and Harshness (NVH) dengan cukup baik tetapi tingkat kebisingan tetap saja masih terdengar. Saran kami jika kalian suka terhadap ketenangan dalam berkendara segera ganti ban dengan standarisasi kesenyapan yang tinggi.

Bagaimanapun, XL7 berbasiskan sebuah MPV yang mengejar kenyamanan. Penggerak roda depan (FWD) dijamin kurang hebat bila nekat diajak pada medan jalur berat.  Jalur tanah bebatuan dengan tekstur bervariatif bukanlah masalah, asalkan masih taraf ringan.

Ini cocok untuk kalian dalam menggunakan Suzuki XL7 sebagai mobil keluarga dengan Utilitas dan fleksibilitas, tetap kuasai kelebihan dan kelemahan pada mobil agar nantinya menjadi bahan pertimbangan saat berkendara jauh maupun dekat ataupun disaat situasi genting sekalipun.

Fitur E Mirror Suzuki XL7

Suzuki INdomobil Sales atau SIS terbilang cukup berani dengan mematok harga mobil ini yang beririsan dengan Ertiga.

Dengan begitu mobil ini bisa dibilang memiliki fitur yang hampir sama seperti Ertiga namun versi tertinggi? tentu saja tidak.

Pasalnya mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Smart E Mirror yang bisa berguna sebagai monitor kamera di belakang dan juga bagian depan.

Dengan begitu pandangan ke belakang tidak akan terhalang oleh barang bawaan atau kepala penumpang. Fungsinya yang hampir sama seperti dashcam tentu saja semakin memantapkan fitur unggulan dari Suzuki XL7 ini.