5 Tips Memilih Tempat Kursus Digital Marketing Terbaik di Jakarta

Diposting pada

Inilah beberapa tips memilih tempat kursus digital marketing terbaik. Simak juga profesi berkaitan digital marketing yang mungkin didapatkan.

Tips Memilih Tempat Kursus Digital Marketing

Salah satu kemampuan yang sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan adalah kemampuan digital atau online marketing.

Oleh sebab itu, banyak pencari kerja yang kini tertarik mengikuti kursus digital atau online marketing. Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih tempat kursus digital marketing di Jakarta.

1. Mengajarkan Kurikulum Berbasis Industri Kerja

Belajar digital marketing secara otodidak sebenarnya bisa kita lakukan. Namun, hal tersebut tidak cocok untuk kebutuhan dunia kerja. Oleh karena itu, kita harus mencari tempat belajar digital marketing yang menerapkan kurikulum belajar berdasarkan industri.

Kurikulum yang berdasarkan dunia kerja akan membuat kita menjadi lebih paham dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, sertifikat yang akan dikeluarkan oleh lembaga kursus bisa dijadikan portofolio. Umumnya juga siswa dapat memilih fokus belajar pada materi tertentu.

2. Memberi Support Service Setelah Lulus

Tempat kursus digital marketing terbaik tidak akan berhenti memberi pelayanan ketika seorang siswa dinyatakan lulus. Mereka akan tetap bersedia memberi pelayanan selayaknya kampus kepada alumninya. Hal ini juga akan menggambarkan profesionalitas unit kerja pada lembaga kursus tersebut.

3. Kelulusan Belajar Berdasarkan Kemampuan

Kebanyakan tempat belajar digital marketing akan meminta siswa untuk memperpanjang masa belajar apabila belum mencapai target pengetahuan. Hal itu mengartikan siswa harus mengeluarkan biaya lebih dan waktu lebih. Namun, lembaga kursus profesional tidaklah demikian.

Siswa dapat belajar hanya dengan sekali registrasi. Apabila ternyata belum mencapai kemampuan yang ditargetkan, maka siswa tetap dapat mengikuti kursus tanpa membayar. Hal ini sama dengan jaminan belajar.

4. Menerapkan Kelas Semi-Privat

Kelas belajar privat tentu memiliki penawaran harga yang berbeda. Namun, tempat kursus digital marketing terbaik tetap akan menggunakan kelas belajar yang tidak terlalu besar, bahkan semi private. Hal ini wajib diterapkan terutama pada materi praktik.

Tujuannya tentu supaya siswa mendapatkan pengajaran yang intens dari pengajar. Apalagi, selain belajar marketing, belajar digital marketing berarti juga harus belajar teknologi. Oleh sebab itu, pilih tempat kursus yang benar-benar memperhatikan siswanya.

5. Pelajaran Berbasis Praktikum

Kita bisa membaca banyak materi digital marketing dalam buku atau artikel digital. Namun, yang lebih penting adalah belajar mempraktekannya. Dengar arti lain, ketika kita mengikuti kursus maka kita harus mendapatkan pembelajaran berdasarkan praktikum.

Siswa yang mengikuti kursus tidak hanya akan belajar mengenai marketing, tetapi juga mengenai peralatan yang digunakan. Maka, jangan pilih tempat kursus yang tidak memiliki fasilitas yang lengkap.

Ilustrasi via Google Image

Berbagai Pekerjaan Bidang Digital Marketing

Kemampuan digital marketing tidak hanya digunakan dalam satu pekerjaan. Ada beberapa pekerjaan yang bisa didapatkan dari kemampuan digital marketing yang spesifik. Berikut ini adalah beberapa profesi terkait dengan digital marketing.

  1. User Experience Designer atau bagian pengembangan web, produk, dan aplikasi dengan tujuan memicu konsumen melanjutkan transaksi.
  2. Data Analysts atau bagian yang mengumpulkan data, mengkategorikan, dan menganalisis data supaya perusahaan dapat menafsirkan serta menerapkannya pada iklan.
  3. Email Marketing Specialist atau bagian yang membuat dan meluncurkan iklan email berupa tulisan atau teks dan link.
  4. Internet of Things Marketing Specialist atau bagian pengumpulan data dari perangkat dengan tujuan untuk membuat materi iklan yang lebih relevan.
  5. Bot Developer atau bagian yang membuat dan memprogram chatbots dengan tujuan mempengaruhi audiens untuk melakukan transaksi.
  6. Social Media Marketer atau bagian komunikator perusahaan dengan audiens menggunakan berbagai platform media sosial secara online.
  7. Digital Marketing Manager yang bertugas dalam pengawasan dan mengimplementasikan iklan secara digital.
  8. Content Strategist atau bagian pengembang konten sesuai dengan kriteria audiens yang ditargetkan perusahaan.
  9. Virtual Reality Developer atau bagian yang membuat konten-konten khusus perangkat virtual reality.
  10. SEO dan SEM Specialist atau profesi yang membuat konten dengan tujuan menjadikan situs web perusahaan ditemukan oleh lebih banyak audiens.

Itulah tadi uraian mengenai tips memilih tempat kursus digital marketing terbaik dan salah satunya ada di Codeva Academy. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan gaya belajar yang sebelumnya dimiliki. Pertimbangkan juga untuk mengikuti kelas online jika tidak dapat menyesuaikan kelas fisik.

Silahkan berkomentar