30 Oleh-Oleh Khas Bali, Makanan dan Aksesoris Yang Populer

Diposting pada

Oleh – oleh khas daerah Bali berupa makanan dan aksesoris merupakan hal yang paling dicari oleh mereka yang datang daerah yang dikenal sebagai pulau dewata. Tujuan membeli oleh-oleh pun beraneka macam, ada yang untuk teman, keluarga atau ada yang untuk di jual kembali. Bisnis jasa titip bukan hanya berlaku untuk keluar negeri saja.

Mulai dari kerajinan tangan sampai dengan menu masakan yang ada di Bali menjadi pendongkrak ekonomi daerah. Banyak pekerja lokal yang terbantu dengan berbagai pesanan baik dari dalam negeri dan luar negeri. Sebut saja kaos yang di hasilkan oleh Joger dan Krisna. Dari keduanya sudah mampu menampung banyak karyawan. Sebagian ada yang menjadikan usaha sampingan untuk karyawan alias bekerja paruh waktu.

Selain itu, oleh-oleh Bali juga merupakan simbol daerah yang unik sehingga menjadi perbedaan dengan daerah lain. Keunikan ini saling melengkapi antar satu daerah dengan daerah di berbagai pulau, mulai dari pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan yang terkenal banyak destinasi wisata.

Pemerintah, baik pemerintah pusat dan pemerintahan daerah harus terus mendukung inovasi dari oleh – oleh yang dihasilkan di Bali, mulai dari standart produksi, kemasan sampai dengan harga yang dipasarkan. Jika memang memungkinkan langsung didaftarkan hak paten guna terhindar dari klaim dari pihak lain.

Bagi Anda yang ingin tahu, apa-apa saja oleh-oleh khas Bali, baik dalam bentuk makanan dan aksesoris, berikut ini informasinya.

1. Kacang Rahayu

Kacang Rahayu via Tokopedia

Kacang dengan merek dagang rahayu ini adalah salah satu oleh-oleh khas dari bali yang sangat diminati oleh para wisatawan. Kacang ini memiliki cita rasa yang berbeda dan akan membuat Anda ketagihan untuk menikmatinya. Anda bisa membawa oleh -oleh ini hanya dengan mengeluarkan uang rp 7000 untuk ukuran kecil hingga rp 100.000 untuk ukuran besar.

2. Home SPA

Home SPA via Travia

Bali memang terkenal dengan beragam wisata yang dapat memanjakan para wisatawan yang datang kesana. Salah satu tempat yang paling banyak didatangi oleh para wisatawan Bali adalah tempat SPA. Kini Anda yang ingin merasakan kembali sensasi SPA seperti yang pernah Anda nikmati di Bali. Anda bisa membeli paket home SPA untuk anda nikmati dirumah sendiri.

3. Mukena Bali

Mukena Bali via Google Image

Satu lagi oleh-oleh yang dapat Anda bawa untuk sebagai buah tangan untuk orang terkasih anda adalah Mukena Bali yang memang sangat banyak disukai oleh muslimah hampir diseluruh Indonesia. Selain bahannya yang sangat nyaman ketika dipakai beribadah juga coraknya yang sangat indah membuat siapa saja yang memakainya merasa senang.

4. Baju Barong

Baju Barong via Lazada

Baju Barong adalah salah satu oleh-oleh khas bali yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan setelah anda menikmati liburan anda di bali. Baju ini memiliki ciri khas gambar kepala barongsai yang terbuat dari bahan yang sangatnya nyaman untuk digunakan sehari-hari.

5. Kacang Matahari

Kacang Matahari via Blanja

Satu lagi makanan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh pada saat anda liburan di Bali adalah Kacang Matahari. Kacangan ini sangat enak untuk anda nikmati saat santai sambil bercengkrama dengan orang-orang tersayang anda. Kacang ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang membuat Anda ingin lagi menikmatinya.

6. Pia Bintang

Pia Bintang via Tokopedia

Banyak orang yang mengira jika oleh-oleh kue Pia hanyalah milik daerah Jogja saja. Namun ternyata Bali juga memiliki oleh-oleh berupa kue Pia. Pia Bintang begitu biasanya orang mengenal panganan yang berasal dari Bali ini. Kue ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda tentunya dengan kue Pia dari daerah Jogja. Para wisatawan akan sangat mudah mendapatkan oleh -oleh ini di toko penjual oleh-oleh khas Bali.

7. Sandal Etnik Bali

Sandal Etnik Bali via Kaskus

Berikutnya yang menjadi buah tangan yang banyak digemari oleh wisatawan di Bali adalah sandal etnik Bali. Sekilas mungkin sandal ini seperti sandal-sandal pada umumnya namun anggapan ini sangatlah salah sebab sandal etnik khas Bali memiliki ciri khusus berupa hiasan payet atau batu manik yang ada dibagian atasnya.

8. Gelang Bali

Gelang Bali via Nusabali

Gelang bali adalah salah satu sovenir yang banyak diminati oleh para wisatawan yang datang ke Bali. Selain karna ukurannya yang kecil dan mudah dibawa dan harganya yang sangat terjangkau juga memiliki bentuk yang unik-unik. Jadi bagi Anda yang memiliki budget yang rendah anda bisa tetap membawa oleh-oleh untuk kerabat anda berupa gelang dari Bali.

9. Sarung Bali

Sarung Bali via Shopee

Sarung Bali memiliki motif yang unik dan sangat indah. Anda bisa langsung tahu kalau sarung ini dari Bali hanya dengan melihat coraknya saja. Sarung Bali ini juga biasa disebut kain sarung pantai.

10. Layang-layang Bali

Layang-layang Bali via Liputan6

Daerah pantai di daerah Bali sangatlah indah untuk kita nikmati sambil bermain layang-layang. Layang -layang bali sering sekali dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang datang ke Bali. Bentuk dan warna layang-layang Bali sangat unik sehingga menjadikannya sebagai salah satu pilihan wisatawan dalam berburu oleh-oleh.

11. Kerajinan Kelapa Bali

Kerajinan Kelapa Bali via Google Image

Daerah tepi pantai pulau Bali yang banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa telah menjadikan berkah tersendiri bagi masyarakatnya. Selain menikmati segarnya buah kelapa, ternyata tempurung kelapa Bali juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ditangan seniman Bali tempurung kelapa ini dijadikan sebuah karya seni yang bernilai jual hingga menjadi komoditas ekspor.

12. Alat Musik Gamelan

Alat musik Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional khas Bali. Anda bisa membawa alat musik Gamelan ini dalam versi yang mini untuk dijadikan cendramata yang akan Anda berikan kepada kerabat ataupun menjadikannya sebagai hiasan yang memperindah rumah Anda. Harga mini alat musik Indonesia ini terbilang cukup tejangkau berkisar antara Rp 40.000 – 300.000 saja.

13. Tas Rotan Bali

Tas Rotan Bali via Ivacanza

Tas rotan Bali menjadi salah satu cendramata yang banyak menarik minat wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Selain terbuat dari bahan yang unik tas ini juga memiliki beragam bentuk yang bisa anda pilih sesuai selera dan tentu budget anda.

14. Pia Legong

Pia Legong via shopee

Masih seputar cendramata yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh setelah berwisata kepulau Bali. Kali ini ada Pia Legong, Kue Pia ini dibuat tanpa menggunakan mesin alias hand made. Kue Pia ini tahan lama dan memiliki beberapa varian rasa seperti keju, kacang hijau dan coklat.

15. Salak Bali

Nasi Jinggo via Tokopedia

Salak adalah buah khas Indonesia yang terdapat dibeberapa daerah di nusantara. Salah satu daerah yang terkenal dengan salaknya adalah pulau dewata Bali. Salak bali memiliki ciri dan cita rasa yang berbeda dengan salak yang ada didaerah lain. Salak Bali memiliki dua varian rasa yaitu salak biasa dan salak gula pasir.

16. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo via Travellingyuk

Nasi Jinggo adalah salah satu kuliner khas bali yang banyak dijual di pinggir jalan. Porsi nasi jinggo dibuat sama dengan nasi Kucing dari Jogjakarta. Adapun lauk yang disajikan pada umumnya terdiri dari daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng . Harga dari makanan ini cukup murah hanya sekitar Rp. 3000-5000 perporsinya. Untuk Anda yang menaiki pesawat tentu nasi ini bisa Anda beli sebagai buah tangan karna nasi ini cukup tahan untuk beberapa jam.

17. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani via Sentrakopi

Anda penggemar kopi? Tentu ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang gemar minum kopi. Bali memiliki kopi yang bernama kopi Kintamani memiliki rasa yang unik yang tidak bisa didapat dari kopi lain pada umumnya. Kopi ini juga dapat anda beli dengan mudah di pusat-pusat penjualan oleh-oleh di Bali.

18. Kain dan Baju Bali

Kain Bali via Liputan6

Bali memiliki corak khas yang memang sangat berbeda dengan daerah lain. Kain dan baju bali memang sangat diminati oleh para wisatawan yang datang ke bali sebagai oleh-oleh . Baju dan kain khas bali ini terbuat dari bahan yang sangat nyaman dan terasa adem ketika digunakan. Tak heran jika baju dan kain Bali yang unik ini menjadi pavorit wisatawan yang datang kepulau Bali.

19. Batik Bali

Batik Bali via Shopee

Batik telah dicatatkan oleh badan internasional sebagai kekayaan budaya nusantara. Bahkan kita memperingati hari batik nasional sebagai lambang kebanggaan kita kepada kain batik sebagai salah satu khasana budaya bangsa. Pada awalnya batik menjadi ciri khas budaya Jawa saja, namun seiring perkembangan jaman kini hampir seluruh wilayah nusantara memiliki corak batik tersendiri. Bali juga memiliki kain batik dengan corak yang berbeda dengan kain batik jawa pada umumnya yang berasal dari Jawa. 

20. Kerajinan Manik-manik

Kerajinan Manik-manik Bali via Gotravelly

Selain beberapa cendramata yang sudah dipaparkan diatas ada juga oleh-oleh khas bali yang dapat Anda jadikan buah tangan dan dibagi kepada sanak saudara ataupun rekan sejawat. Kerajinan manik-manik bisa menjdi salah satu pilihan Anda. Hasil kreasi dan kebiasaan masyarakat Bali ini bisa Anda jadikan pajangan yang indah dirumah Anda.

21. Kaos Joger

Kaos Joger via Tokopedia

Kaos joger ini sangat hits dikalangan wisatawan Bali karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Kaos Joger terbuat dari bahan yang sangat bagus dan nyaman ketika digunakan. Selain itu sesuai dengan slogannya kaos Joger memiliki kata-kata unik disetiap kaosnya.

22. Pie Susu

Pie Susu via Doyanresep

Pie Susu Bali menjadi buruan para wisatawan yang ingin menikmati lezatnya pie yang berbentuk ceper dengan bagian pingirannya agak keras dan rasanya manis legit karena bagian tengahnya diberi fla susu yang rasanya creamy. Pie Susu disajikan mulai dari rasa original hingga beraneka rasa dilengkapi toping seperti keju, almond, choco chips dan kismis.

23. Kacang Disco

Kacang Disco via dapurkobe

Kacang Disco memiliki nama yang unik makanan ini juga memiliki cita rasa yang nikmat. Kacang Disco ini dibuat dari kacang tanah yang digoreng kering setelah sebelumnya dibalut dengan adonan tepung dan bumbu. Rasanya pun beragam mulai dari manis hingga rasa udang. Kacang Disco ini juga tahan lama lho.

24. Aneka Kerajinan Tangan

Aneka Kerajinan Tangan via Blogger

Selain kedua kerajinan yang telah dipaparkan diatas ada juga hasil karya seniman-seniman Bali yang sangat cantik untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh dari daerah Bali. Oleh-oleh khas Bali murah meriah lainnya yang dapat anda berikan kepada kerabat anda seperti tempat lilin, gantungan kunci, lukisan, seni ukir, topeng dan lain-lain yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasar-pasar tradisional.

25. Buah Lokal

Buah Lokal via bisnisukm

Mayoritas dari masyarakat Bali adalah beragama Hindu. Mereka sering mengadakan ritual keagamaan serta upacara adat Bali yang menyajikan persembahan salah satunya buah-buahan lokal. Tak heran ketika kita berwisata ke Bali, maka kita dengan mudah menemukan banyak pedagang buah-buahan yang menjaul beragam buah. Kualitasnya pun tidak kalah dengan buah-buahan impor, bahkan beberapa diantaranya sudah menjadi komoditas ekspor.

26. Kerajinan Kayu Pahatan

Kerajinan Kayu Pahatan via prelo

Masyarakat Bali memang sangat terkenal dengan karya seninya yang luar biasa. Salah satu yang bisa dijadikan koleksi karya seni yang bisa anda miliki dari daerah Bali ada seni kayu pahatan (Kerajinan kayu pahat). Banyak bentuk-bentuk unik yang dibuat oleh para pengerajin kayu pahat di Bali yang memiliki nilai karya seni yang tinggi. Anda bisa menjadikannya sebagai buah tangan ketika Anda belibur kepulau dewata Bali.

27. Kaos Jangkrik Bali

Kaos Jangkrik Bali via Wisatabali

Kaos Jangkrik adalah salah satu oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda jadikan buah tangan ketika Anda datang ke pulau dewata bali. Kaos ini sebenarnya hampir sama dengan kaos biasa lainnya hanya saja kaos ini memiliki keunikan kata-kata lucu yang tertera dibagian depan atau pun belakangnya.

28. Lukisan

Lukisan via Tokopedia

Satu lagi karya seni yang bisa Anda jadikan buah tangan dari bali adalah lukisan. Bali memang sangat terkenal dengan karya seninya, banyak lukisan yang ditawarkan oleh para seniman Bali mulai dari lukisan yang bergaya realist seperti gambar pematang sawah sampai dengan lukisan bergaya abstract. yang pasti lukisan ini akan memperindah tampilan rumah Anda.

29. Ikat Kepala khas Bali

Ikat Kepala khas Bali via Shopee

Ikat kepala khas Bali juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda sebagai buah tangan ketika Anda berwisata dibali. Selain harganya yang relatif murah ikat kepala ini juga sangat identik dengan masyarakat bali sehingga sangat mudah mengenali ikat kepala ini sebagai salah satu identitas masyarakat bali. Udeng terbuat dari kain dengan ukuran panjang kurang lebih sekitar setengah meter. Pembuatan udeng memerlukan keahlian tersendiri, maka dari itu umumnya udeng diproduksi di daerah-daerah tertentu.

30. Kerajinan Perak Celuk Bali

Kerajinan Perak Celuk Bali via ksmtour

Satu lagi hasil karya pengrajin dari Bali yang bisa Anda jadikan cendramata yang akan mengingatkan anda tentang bali adalah kerajinan Perak Celuk Bali. Kerajinan ini terbuat dari bahan perak tentu dengan nilai yang lumayan. Daerah Celuk Bali memang terkenal sebagai daerah penghasil perak sejak tahun 1976.

Lihat: Rental Mobil di Bali

Demikian informasi tentang oleh-oleh khas Bali yang bisa kami sampaikan pada kali ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Jika Anda punya saran dan masukan, silahkan tulis pada kolom komentar yang sudah tersedia. Terima kasih.

Silahkan berkomentar