Aplikasi Yang Banyak Di Pakai Saat Belajar Daring

Diposting pada

Ada banyak aplikasi yang bisa di unduh gratis oleh pengguna untuk belajar daring sebagai pengganti program belajar di tengah pandemi covid 19. Namun dari semua aplikasi belajar daring yang ada, hanya beberapa yang populer dan banyak orang menyukainya. Alasan orang suka karena pada aplikasi tersebut terdapat fitur yang mudah di pakai dan kelebihan lainnya. Biasanya, kalau orang sudah suka, maka orang – orang akan merekomendasikan kepada teman, keluarga atau komunitasnya.

Dari sekian banyak aplikasi, ada yang layanannya bersifat teknis, dimana hampir semua mata pelajaran ada di sampaikan, mulai dari mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan agama Islam dan masih banyak lagi. Sementara itu ada aplikasi yang tidak menyediakan layanan umum, namun lebih kepada spesifik, seperti khusus pelajaran bahasa Arab saja.

Dan, tersedia pula aplikasi yang hanya untuk menghubungkan antara siswa dengan guru. Inilah seperti layanan WA, Google Meet dan yang lainnya. WA merupakan layanan yang banyak di pakai bukan hanya untuk belajar daring, melainkan untuk kepentingan bisnis, sosial dan masih banyak lagi.

Aplikasi milik Facebook ini tersedia 2 (dua) fitur, pertama fitur untuk non komersil dan kedua untuk komersial yang dinamankan WA Business. Awalnya WA bukan milik Facebook, namun di tengah perjalanan perusahaan milik Mark membelinya. Begitu juga dengan aplikasi Instagram yang biasa di singkat dengan IG. Banyak tokoh, ustadz dan ulama memanfaat IG untuk menyampaikan informasi gambar dan video kepada para pengguna alat komunikasi modern tersebut. Video yang bersifat siaran ulang maupun yang live streaming.

IG TV hadir untuk menyaingi Youtube. Namun belum tahu apa bisa. Karena Youtube sudah membumi bagi para pengguna internet. Selain itu, pengguna Youtube bisa menghasilkan uang melalui video yang diunggahnya dengan bekerjasama pada program yang sudah disediakan. Tidak sedikit para Youtuber jadi jutawan setelah bekerjasama dengan Youtube. Singkatnya, Youtube merupakah salah satu cara menghasilkan uang melalui internet sampai saat ini yang terbukti membayar. Bagi Anda yang ingin menjadikan sebagai usaha sampingan, silahkan dipelajari cara dan tekniknya yang banyak ditemukan pada laman daring.  

Untuk hitungan penghasilan dari Youtube, tidak serta merta yang banyak tayangan memberikan hasil yang banyak pula. Justru bisa dikalahkan dengan tayangan video yang sedikit penonton. Perusahaan Google menilai bahwa konten yang bersfat edukasi lebih menarik untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Kembali kepada aplikasi mana yang banyak dipakai dalam belajar daring, rasanya tidak ada yang dominan. Karena masing – masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun untuk di Indonesia, aplikasi WA menjadi aplikasi daring yang populer digunakan, mulai dari anak – anak sampai dengan orang dewasa. Padahal, perusahaan Microsoft punya aplikasi yang mirip dengan WA yang bernama Kaizala dan sudah dipakai oleh beberapa instansi pendidikan dalam belajar daring.

Kaizala tersedia dalam bentuk aplikasi dan link web yang bisa terintegrasi dengan laptop atau PC. Hanya saja jika Anda log in dengan memakai laptop, jika spesifikasinya tidak mendukung, maka loadingnya lama sekali. Sebaiknya Anda pakai smartphone saja. Ini mungkin yang buat Kaizala tidak bisa mengalahkan WA di dunia layanan komunikasi daring. Namun dikemudian waktu tidak tahu kita, bisa saja produk Microsoft tersebut mengalahkan WA. Kita tunggu saja.

Silahkan berkomentar