Kegiatan Belajar Daring Gratis Yang Mengasyikkan, Begini Caranya

Diposting pada

Bagi para siswa atau mahasiswa, dari peringkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi ditengah pandemi covid 19 ini sudah pasti akan menjalani kegiatan belajar daring guna terkait dengan mata pelajaran dan mata kuliah yang ada.

Proses belajar daring tidak harus keluar rumah alias siswa/mahasiswa tidak harus datang ke sekolah atau ke kampus. Asal bisa terkoneksi dengan jaringan internet yang memadai, maka kegiatan belajar mengajar antara guru, dosen dengan siswa dan mahasiswa bisa terlaksana.

Faktanya tidak semua siswa dan mahasiswa punya akses internet yang mendukung untuk terlaksananya belajar online (sebutan lain dari belajar daring). Kejadian ini menyebabkan masalah dalam belajar daring di Indonesia khususnya dan harus segera di cari solusi oleh pihak terkait. Tidak bisa tidak, quota yang dibutuhkan untuk belajar daring sangatlah besar karena kebanyakan memakai aplikasi atau software yang berbasis video untuk tatap muka. Jika hanya mengandalkan quota 2 – 5 Giga Bite, maka dipastikan akan kurang. Belum lagi kita bicara tentang kecepatan internetnya.

Siswa sedang ikut program belajar daring (Sindonews)

Untuk mengantisipasi masalah dalam komunikasi daring tersebut, sebaiknya Anda cari solusinya sesegera mungkin dan solusi yang paling realistis adalah dengan belajar daring sambil nongkrong di warung kopi yang ada kota Medan. Sudah menjadi tren saat ini setiap warung kopi selalu menyediakan jaringan wifi bagi para konsumennya dan kecepatannya pun sudah mendukung untuk belajar daring. Anda tinggal pesan menu yang tersedia dan meminta password untuk bisa mengakses jaringan internet.

Hal penting yang diperhatikan yaitu Anda harus memilih dam memilah terlebih dahulu cafe mana yang memiliki fasilitas wifi gratis. Kemudian Anda lihat, apakah ada ruangan yang nyaman untuk di tongkrongi. Hindari dari kerumunan guna menjalankan protokol kesehatan covid 19. Warung kopi yang paham standart kesehatan sudah akan mengatur jarak antara satu meja dengan meja lainnya.

Jika suasana warung kopinya nyaman dan jaringan internet cepat serta menu makanan – minumannya enak, proses belajar daring akan sangat menyenangkan bukan? Suasana senang akan memberikan dampak kepada input dan out put yang positif pula. Materi yang disampaikan oleh guru atau dosen dapat diserap dengan baik oleh siswa/mahasiswa.

Sebagai siswa/mahasiswa yang sedang belajar daring, Anda jangan lupa membawa catatan. Fokus dan anggap belajar jarak jauh ini sebagai belajar diperkuliahan pada biasanya. Sehingga waktu yang Anda habiskan, uang yang Anda keluarkan tidak akan sia – sia, melainkan manfaat yang didapat.

Yang harus diketahui lainnya adalah, diri Anda harus jauh dari orang yang merokok. Jika di warung kopi tersebut ada ruangan no smoking area lebih Anda memilihnya. Orang yang mudah terserang virus covid 19 salah satunya adalah para perokok berdasarkan banyak kasus yang terjadi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Oh iya, jika Anda benar – benar merasakan belajar daring dengan fasilitas gratis internet dan mengasyikkan jangan lupa untuk berbagi pengalaman kepada teman – teman Anda yang lain. Ceritakan dan sama – sama rasakan manfaatnya. Pastikan jarak tidak menjadi halangan untuk kita bisa mendapatkan pengetahuan secara baik dan benar.

Tetap jaga pola hidup sehat setiap hari. Meski tetap dirumah, Anda bisa keluar jika memang membutuhkan sesuatu yang sifatnya mendesak. Saat keluar rumah, jangan lupa selalu mengenakan masker yang standart dan selalu jaga jarak dengan siapa pun, termasuk dengan orang yang belum kita kenal. Hindari berjabat tangan dan rajinlah mencuci tangan serta jangan lupa membawa hand sanitizer kemana Anda pergi. Kita tidak bisa merasa bebas dengan kebijaka New Normal yang di keluarkan oleh pemerintah. Karena grafik kasus covid 19 masih terung meningkat dan belum tahun kapan akan melandai.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat kepada siapa saja yang saat ini sedang melakukan kegiatan belajar daring.

Silahkan berkomentar