Perangkat Yang Diperlukan Untuk Belajar Daring

Diposting pada

Karena sudah menjadi gaya hidup atau kebiasaan baru yang diberlakukan banyak institusi pendidikan, maka apa saja perangkat yang diperlukan untuk terselenggaranya belajar daring menjadi wajib dipenuhi guna mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan begitu, tiada seorang siswa yang tidak merasakan pengalaman belajar daring yang berbeda dengan siswa lainnya disebabkan alat komunikasi modern yang berbeda.

Ilustrasi (detik.com)

Bicara tentang perangkat untuk belajar daring, maka terbagi menjadi 2 (dua), yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Keduanya saling melengkapi. Perangkat keras yang dimaksud adalah seperti handphone dan laptop yang sudah mendukung untuk digunakan. Sedangkan perangkat lunak adalah aplikasi atau program digital yang standart dipakai, seperti WA, aplikasi Zoom dan Google Meet.

Jika keduanya sudah dimiliki oleh para siswa dan guru, maka selanjutnya butuh yang namanya jaringan untuk menghubungkan komunikasi daring tersebut. Biasanya disebut dengan jaringan internet. Butuh kecepatan internet yang baik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar daring supaya tidak terjadi masalah. Oh iya, beberapa masalah belajar daring yang sering terjadi sudah kami sampaikan di artikel sebelumnya.

Kembali kepada layanan internet yang cocok dipakai untuk belajar daring harus memiliki beberapa syarat, seperti berapa Mbps kecepatan, unlimited quota, aman dari gangguan. Saat ini banyak provider internet yang menawarkan produk pemakaian quota internet untuk keperluan rumah, cafe, kantor dan warung internet. Bagi Anda yang butuh hanya untuk rumah, memakai kecepatan 10 Mbps sudah bisa. Biaya bulanan yang harus disediakan sekitar rp 300.000 an untuk berlangganan.

Integrasi antara perangkat keras dan lunak serta didukung dengan jaringan internet yang baik, maka akan menghasilkan dampak yang efektif ketika belajar daring berlangsung. Namun harus dipastikan listrik tidak mati. Anda harus punya alat genset jika ingin tetap belajar daring berlangsung saat listrik mati. Dan biasanya tidak semua rumah mempunyai genset.

Demikian informasi tentang perangkat apa saja yang diperlukan dalam belajar daring. Semoga bermanfaat. Anda punya pertanyaan atau komentar, silahkan tulis pada kolom komentar yang tersedia.

Silahkan berkomentar