Pengertian Asuransi Investasi Beserta Fungsinya

Diposting pada

Banyak orang yang merasa bingung karena harus memilih antara asuransi atau investasi. Mereka berpikir keduanya tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Karena itu, orang yang kondisi keuangannya terbatas merasa harus memilih antara membeli produk asuransi atau melakukan investasi. Investasi jugа bеrtujuаn untuk mеnjаgа aset, Sаlаh ѕаtunуа уаng bіѕа Andа lakukan аdаlаh dеngаn mendaftarkan dіrі Andа ke аѕurаnѕі kеѕеhаtаn, ѕереrtі pilihan asuransi kesehatan dari PFI Mega Life.

Padahal, meskipun asuransi dan investasi adalah dua konsep yang berbeda, bukan berarti keduanya tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Saat ini tersedia pilihan asuransi investasi bagi Anda yang ingin mendapatkan perlindungan dari risiko finansial sekaligus mendapatkan manfaat tambahan berupa penghasilan ekstra.

Dikutip dari situs Liputan 6, pengertian asuransi investasi adalah sebuah sistem yang praktis dan bisa membuat Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus; yaitu perlindungan dan investasi sebagai tunjangan masa depan. Ada berbagai jenis asuransi yang menawarkan manfaat investasi sekaligus, yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi properti.

Semakin beragamnya pilihan produk asuransi tentu menggembirakan bagi nasabah. Setiap produk dirancang untuk membantu memenuhi kebutuhan perlindungan para nasabah. Ada orang yang merasa cukup puas dengan asuransi tanpa instrumen investasi. Namun, ada juga orang yang merasa memilih asuransi investasi dapat membantu mereka mengumpulkan uang untuk masa depan.

Pada akhirnya, pilihan yang diambil memang kembali kepada kebutuhan tiap orang, sama seperti saat Anda hendak memilih produk asuransi. Bila Anda masih belum memiliki informasi yang cukup tentang asuransi investasi, berikut beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda untuk memilih produk asuransi investasi.

  1. Dua Manfaat Sekaligus

Produk asuransi investasi menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki produk asuransi lain, yaitu dua manfaat sekaligus berupa perlindungan dan investasi. Cukup dengan membayar premi dengan jumlah tertentu tiap bulan, Anda sudah mendapatkan kedua manfaat itu sekaligus.

  1. Mudah dan Praktis

Asuransi dan investasi yang dijadikan satu memang lebih praktis karena Anda tidak harus membayar di tempat yang berbeda untuk kedua tujuan tersebut. Anda cukup menyetor uang ke satu tempat untuk mendapatkan fasilitas asuransi sekaligus investasi. Pembayarannya pun sangat mudah karena bisa dilakukan menggunakan kartu kredit atau autodebet tanpa harus mendatangi bank atau penyedia asuransi.

  1. Memindahkan Risiko

Dengan memiliki produk asuransi investasi, Anda akan mendapatkan manfaat pemindahan risiko kepada perusahaan asuransi. Selain memiliki peluang mendapatkan keuntungan tambahan, Anda pun mendapatkan manfaat perlindungan yang disediakan perusahaan asuransi.

  1. Disiplin Menyisihkan Uang

Banyak orang ingin menabung agar memiliki simpanan tunai atau mendapatkan keuntungan, tetapi kesulitan menyisihkan uangnya. Kelebihan asuransi investasi adalah Anda akan “dipaksa” untuk menyisihkan uang tiap bulan untuk membayar premi. Dengan begini, Anda pun menjadi disiplin menyisihkan uang.

  1. Memberikan Dana saat Dibutuhkan

Anda dapat mengajukan klaim untuk kondisi-kondisi yang telah disepakati dalam polis asuransi. Biasanya klaim dilakukan saat Anda berada dalam kondisi darurat dan membutuhkan uang tunai. Di sinilah asuransi berperan membantu Anda dengan mencairkan klaim dan memberikan dana yang Anda butuhkan.

  1. Mendapat Penghasilan Tambahan

Alasan utama seseorang berinvestasi adalah mendapatkan penghasilan yang nilainya dapat mengimbangi kenaikan harga barang-barang yang terjadi tiap tahun. Investasi menjadi pilihan karena dapat memberikan keuntungan yang tidak dapat dimiliki melalui menabung secara konvensional. Produk asuransi investasi terbaik tidak hanya menawarkan perlindungan kesehatan maksimal, tetapi juga dapat memberikan penghasilan tambahan menguntungkan.

Penting untuk Diingat

Selain memahami kelebihan memilih produk asuransi investasi, Anda juga perlu mengetahui beberapa poin penting berikut:

  • Premi Mahal

Bila dibandingkan dengan produk asuransi non-investasi, premi pada produk asuransi investasi memang lebih mahal. Karena itu, pastikan Anda memilih asuransi investasi terbaik sesuai kemampuan dan kebutuhan sehingga Anda tidak terbebani membayar premi.

  • Berhenti di Tengah Jalan

Bila sudah membeli asuransi investasi, tetapi di tengah jalan ingin berhenti, Anda akan mengalami kerugian. Bukan hanya manfaat perlindungan dari perusahaan asuransi yang hilang, tetapi investasi yang sudah Anda lakukan pun akan hangus. Karena itu, pikirkan benar-benar sebelum Anda memutuskan untuk menghentikan kepemilikan asuransi investasi.

Tips Memilih Asuransi Investasi

Setelah memahami berbagai keuntungan memiliki produk asuransi investasi, Anda perlu tahu cara memilih asuransi investasi terbaik. Berikut tips memilih asuransi investasi sesuai rekomendasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  1. Pastikan produk asuransi yang Anda beli terdaftar dari diawasi oleh OJK.
  2. Tanyakan secara detail jenis investasi yang akan dipilih, besarnya keuntungan yang akan Anda dapatkan, serta risiko kerugiannya (dalam setiap tindakan investasi pasti ada risiko kerugian).
  3. Pastikan asuransi yang hendak Anda beli bukanlah produk multilevel marketing (MLM).
  4. Pertimbangkan konsekuensi atas persetujuan penggunaan data pribadi Anda kepada perusahaan asuransi.
  5. Pahami hak dan kewajiban Anda sebagai Tertanggung yang tercantum dalam polis asuransi investasi.
  6. Belilah produk sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda harus berutang untuk membayar polis asuransi.
  7. Jangan tergiur janji imbal hasil besar sebab asuransi investasi berbeda dari tabungan. Asuransi investasi merupakan kombinasi asuransi dan investasi yang memiliki risiko fluktuasi.
  8. Belilah asuransi investasi dari agen pemasar bersertifikasi khusus dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Sebelum membeli asuransi investasi, Anda perlu memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi diri dari risiko finansial akibat terkena penyakit. Asuransi kesehatan menawarkan pengalihan risiko kerugian finansial saat Anda berobat dan menjalani pemeriksaan medis. Artinya, saat Anda sakit Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk membayar biaya berobat karena akan ditanggung perusahaan asuransi.

Pastikan Anda memilih produk asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi maupun kebutuhan Anda. Asuransi kesehatan Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life adalah produk asuransi yang memberikan manfaat santunan rawat inap karena sakit atau kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, dan pengembalian premi (no claim bonus).

Produk asuransi kesehatan Mega Hospital Investa banyak diminati karena menawarkan manfaat perlindungan yang nyaman, namun premi yang harus dibayarkan ramah di kantong. Anda bahkan dapat memilih rencana pembayaran premi sesuai kondisi dan kemampuan Anda.

Asuransi kesehatan Mega Hospital Investa dapat memberikan perlindungan kepada siapa pun dari usia 6 bulan hingga 59 tahun. Selain dapat menanggung Anda sebagai pemegang polis, asuransi Mega Hospital Investa juga dapat menanggung pasangan (suami/istri), anak kandung, saudara kandung yang belum menikah, dan orang tua kandung.

Masa perlindungan dari Mega Hospital Investa akan berlaku sampai pemilik polis berusia 60 tahun. Keunggulan lain Mega Hospital Investa adalah Anda dapat memilih rencana uang pertanggungan, proses pengajuan klaim yang mudah, rekanan rumah sakit yang tersebar luas di wilayah Indonesia, serta masa tunggu (waiting period) selama 30 hari.

Silahkan berkomentar