Cara Cepat Buat Laporan ke IndiHome Akibat Gangguan Internet

Diposting pada

Internet sudah jadi kebutuhan banyak orang tidak hanya di negara Indonesia, namun juga di negara lain. Maka dari itu, masalah akan terjadi jika ada gangguan internet terjadi. Akibatnya, tidak bisa akses ke berbagai sosial media, berselancar di internet, posting artikel atau upload video ke Youtube. Bagi mereka yang suka dengan nonton film tentu tidak bisa menikmatinya secara online. Film apa saja, apakah film aksi, film sejarah atau film keluarga terbaik.

IndiHome merupakan salah satu penyedia jasa jaringan internet untuk di rumah. Dan faktanya banyak konsumen memakainya bukan hanya untuk keperluan rumah (keluarga) saja, tetapi bisnis juga. Sering dijumpai di cafe Medan, warung kopi dan perkantoran memakai jaringan IndiHome dengan variasi paket yang disesuaikan kebutuhan masing – masing. Terlihat dari kabel fiber optik yang mengular ke lokasinya.

Masalah yang sering kali terjadi bagi konsumen Indihome sebagai berikut:

Lampu Merah Terus Nyala di Modem

Lampu merah Indihome via WordPress

Jika lampu merah sudah menyala, maka jaringan internet sudah dipastikan terputus. Sebabnya bisa terjadi demikian hanya teknisi yang tahu. Sedang solusinya, bisa melakukan restart modem dan tunggu beberapa menit atau menghubungi layanan Indihome dengan buat pelaporan melalui berbagai saluran yang tersedia.

Kabel Fiber Optik Terputus

Kabel Indihome terputus via Twitter

Tertimpa pohon tumbang, disambar mobil truk yang lewat atau kejadian lain yang bisa membuat kabel fiber optik putus. Jika kejadian ini Anda alami, langsung buat pelaporan saja.

Kabel Fiber Optik Sudah Tidak Layak Pakai

Bisa juga, kabel tidak putus tapi koneksi internet tidak terhubung. Hal ini pernah kami alami. Tidak tampak apa masalahnya. Daripada bingung, mending langsung buat laporan.

Nah, pertanyaannya, bagaimana caranya agar laporan kita ke Indihome cepat direspon?

Pada kesempatan ini kami akan berbagi pengalaman yang pernah kami alami saat melapor atas masalah gangguan pada jaringan internet indihome di rumah.

Kabar baiknya, ada banyak saluran pengaduan ke Indihome, ada saluran laporan melalui Facebook, Twitter dan Instagram. Kemudian tersedia pula saluran melalui email dan website. Layanan terbaru adalah konsumen bisa buat laporan melalui aplikasi myIndihome yang bisa di install dengan Android/OS. Sedangkan layanan yang paling lama adalah call center di nomor 147.

Dari saluran laporan diatas, manakah yang paling efektif? Berdasarkan pengalaman yang kami rasakan, cara pelaporan ke Indihome yang cepat direspon adalah melalui call center. Bisa dihubungi melalui telepon rumah atau hp yang termasuk alat komunikasi masa kini. Jika pakai hp, Anda harus sediakan pulsa yang lebih, minimal 20.000. Kami pernah menghubungi 147 dengan durasi waktu 7 menit memakan biaya Rp.10.000 an.

Jika dulu bisa langsung hubungi 147, sekarang harus ditambahkan dengan kode area tempat Anda memasang. Contoh, jika Anda pasang Indihome di Jakarta, maka tambahkan kode 021 didepannya. Jadi 021147. Karena kami lokasinya di Medan, maka kami pakai kode 061147.

Kami sudah pernah memakai saluran pelaporan selain call center, responnya tidaklah cepat. Maka jika Indihome Anda terjadi gangguan segera hubungi 147 saja. Tapi Anda harus melihat waktu. Maksudnya jangan sampai menghubungi diatas jam 17.00 wib karena akan ditindaklanjuti keesokan hari. Usahakan menghubungi pada pagi atau siang hari jika Anda ingin cepat layanan IndoHome normal kembali.

Kemudian, saat sedang berkomunikasi usahakan jangan sampai terputus. Anda akan mengulang dari awal lagi jika komunikasi dengan CS Indohome terputus. Makanya sediakan pulsa yang cukup. Minimal 20.000 (dua puluh ribu).

Kami pernah menghubungi dengan pulsa yang tidak cukup sehingga pembicaraan belum selesai dan terputus. Anda jangan berharap pihak IndiHome akan menghubungi Anda jika pulsa Anda habis. Dan jangan pernah langsung menghubungi teknisi untuk meminta pertolongan karena mereka pasti akan mengarahkan Anda ke layanan resmi.

Akhirnya, hal yang bisa disimpulkan pada artikel ini adalah masalah akan selalu ada pada jaringan Indihome. Maka, kita harus tahu cara terbaik ketika gangguan pada Indihome terjadi, jangan panik, hubungi 147 segera!

2 komentar

Silahkan berkomentar