5 Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli, Dijabarkan Lengkap

Diposting pada

Pengertian Marketplace menurut para ahli menjadi rujukan penting untuk menyampaikan argumentasi dalam hal berpendapat, baik melalui lisan atau tulisan. Kata marketplace sendiri menjadi kata yang belakang begitu viral di media – media, baik cetak dan online. Hal ini menjadi penyebab orang muncul rasa ingin tahunya terhadap makna dari marketplace sendiri. Ada yang melihat kamus dan ada pula yang berselancar di internet guna menemukan definisinya. Namun tidak semua ahli menyebutkan marketplace hanya berpusat di pasar daring saja.

Bagi yang berselancar di jejaring internet biasanya mereka menggunakan alat komunikasi zaman sekarang yang sarat dengan semua dalam genggaman. Sedangkan bagi mereka yang mencari arti marketplace secara offline, bisa diskusi dengan guru atau membaca buku – buku yang ada di perpustakaan.  

Marketplace (Alona)

Nah, supaya mudah dimengerti oleh Anda, jika di bagi secara umum, pengertian marketplace terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

1. Pengertian Berdasarkan Ahli

Yaitu mereka yang mempunyai kapasitas secara intelektual dalam menyampaikan pendapat terkait marketplace. Biasa latar belakang mereka adalah guru, dosen atau guru besar di perguruan tinggi, baik nasional maupun internasional.

2. Umum

Pendapat yang penyampaian berisifat general dan tidak merujuk pada siapa dan standart yang dipakai. Biasanya, siapa saja bisa menyampaikannya, tidak tergantung pada ruang dan waktu. Namun kebenarannya tidak bisa diuji secara akademis.

3. Terminologis

Penjelasan secara kata perkata. Jadi kata dari marketplace akan dibagi menjadi pecahan kata dan kemudian dijabarkan artinya.

Kabar baiknya untuk pembaca yang budiman, ketiga pendekatan tersebut akan disampaikan pada kesempatan kali ini.  

Secara Terminologis

Maksud dari terminologis adalah penjelasan secara kata perkata yang dalam kesempatan kali ini, terbagi menjadi Market dan Place.

Market jika diartikan perkata maka Market artinya adalah Pasar. Sedangkan penjabaran dari kata Pasar yaitu sebuah sistem yang memungkinkan pembeli dan penjual dapat bertemu untuk membeli atau menjual sebuah barang dan jasa tertentu.

Sedangkan Place ada banyak definisinya, ada yang  jika merujuk pada katanya bisa berarti tempat dan bisa juga mempunyai makna tempat tinggal. Ada juga yang menyatakan bahwa Place adalah Jabatan atau Bagian. Di lain pihak ada yang mengatakan bahwa tingkatan dan urusan. Dari semua itu yang lebih enak didengar dan selarasan disatukan antara place dengan kata market adalah tempat. Jadi marketplace adalah tempat dimana pasar itu ada. Meski kata Urusan juga cocok dipasangkan dengan pasar. Terserah mana yang mau dipilih.

Gambaran di atas adalah penjelasan Marketplace secara terminologis dan semoga memberikan pemahaman kepada para pembaca. Selanjutnya kita akan mendengar apa Marketplace menurut pendapat dari para ahli. Kabar tidak baiknya belum banyak ahli yang menyampaikan pendapatnya terkait dengan Marketplace. Meski begitu, kita tidak perlu berkecil hati. Kita akan paparkan beberapa saja.

Menurut Ahli

Pendapat ahli yang dikutip ada yang dari dalam dan luar negeri. Anda bisa menambahkan jika memiliki referensi dari ahli yang Anda kenal atau pernah mengetahuinya.

1. Opiida, 2014

Marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar. Sedangkan bagi supplier/penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk/jasa mereka

2. Anonymous

Marketplace merupakan model E-Business yang berhubungan dengan penjual dan pembeli (seller & buyer). MarketPlace di Indonesia merupakan salah satu media penggerak ekonomi nasional dalam rangka menghadapi era globalisasi. Untuk itu, perlu dikembangkan Marketplace yang teratur, wajar dan efisien.

3. Brunn, Jensen dan Skoovgard (2002)

Para ahli yang bernama Brunn, Jensen dan Skoovgard (2002) ini membagi marketplace menjadi 2 (dua), yaitu Marketplace horizontal dan marketplace vertikal. Mereka tidak ada menyinggung tentang pasar daring, namun hanya membaginya saja.

4. Wikipedia

Marketplace ini merupakan salah satu perdagangan melalui media elektronik. Pengertian perdagangan elektronik itu sendiri adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

5. Anonim

Marketplace merupakan adalah jenis situs e-commerce daring di mana tersedianya informasi produk atau jasa oleh beberapa penjual dan bagi mereka yang membutuhkan disebut sebagai pembeli atau konsumen.

Penjabaran lain dari pengertian Marketplace yaitu model bisnis dimana sarana website tidak hanya membantu untuk mempromosikan produk tapi juga menjembatani transaksi online antara penjual dan pembeli.

Kesimpulan

Marketplace identik dengan psar daring karena adanya sarana website yang menemukan pembeli dengan penjual. Untuk berjalan dengan baik dan benar harus ada peran pemerintah guna membuat regulasi yang menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini bersifat preventif atau mencegah hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kita tahu banyak kasus kejahatan dari sebuah pasar online. Yang sering terjadi adalah kasus penipuan barang yang tidak sesuai dengan iklan atau pembeli yang memakai kartu kredit orang lain tanpa izin guna melakukan transaksi.

Dan secara otomatis, aktifitas komunikasi yang terjadi pada marketplace adalah yang dikenal komunikasi daring.

Demikian informasi tentang pengertian marketplace menurut para ahli disampaikan. Semoag memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman. Sampaikan kritik dan saran atau komentar Anda kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

1 komentar

Silahkan berkomentar