Pengertian Pasar Daring Adalah: Contoh dan Unsurnya

Diposting pada

Pengertian dari pasar daring adalah pasar yang menggunakan instrumen modern oleh penjual ataupun yang digunakan oleh pembeli serta memakai transaksi pembayaran sistem nonton tunai. Antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara fisik dan jarak mereka selalu berjauhan. Beberapa contohnya Anda bisa temukan pada artikel ini.

Secara terminologis atau asal katanya, Pasar Daring terbagi dari 2 (dua) kata yaitu Pasar dan Daring. Pasar memiliki arti yaitu: salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.

Sedangkan Daring mempunyai arti dalam bahasa Inggris itu Online. Pengertian lain Daring yaitu singkatan dari Dalam Jaringan yang memiliki arti terhubung melalui jejaring komputer, internet dan sebagainya.

Dengan begitu bisa disebut bahwa Pasar Daring juga adalah pasar online yang menyediakan produk barang dan jasa dimana banyak konsumen membutuhkan atau mencarinya. Konsumen yang menjadi produk di pasar online bisa juga disebut sebagai pelaku belanja daring yang membutuhkan barang dan jasa untuk dibeli secara cara online.

Menurut sumber dari Antara menyatakan bahwa di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan terkait pasar daring. Head of Public Relation perusahaan dari blibli.com Yolanda Nainggolan mengatakan bahwa perusahaannya mencetak pertumbuhan pemesanan 2,5 kali lipat pada kuartal pertama tahun 2019.

Dengan demikian pertumbuhan dari transaksi pasar daring tidak bisa dibendung lagi oleh siapapun. Ini menjadi sebuah tren yang yang terus bertumbuh mulai saat ini sampai ke depan.

Gambar terkait Pasar Daring via Sindonews

3 Unsur Pasar Daring

Pada transaksi pasar daring mempunyai unsur – unsur yang bersinergi atau bekerjasama sehingga terciptalah pasar daring itu sendiri.

1. Penjual

Penjual adalah mereka yang menyediakan produk barang dan jasa untuk di tawarkan kepada para orang yang mencarinya.

2. Pembeli

Sedangkan pembeli adalah konsumen yang mencari barang dan jasa itu sendiri biasanya konsumen mencari barang yang jasa yang mempunyai kriteria seperti orisinil, harga murah, dan garansi uang kembali.

3. Media

Karena antara pembeli dan penjual tidak bertemu secara fisik di pasar daring maka dibutuhkan yang namanya media penghubung antara mereka. Media ini bisa berupa website, blog, akun jejaring sosial, channel YouTube, dan lain-lain. Untuk mengakses media ini harus dengan alat komunikasi masa kini yang terhubung dengan jaringan internet.

Perangkat Yang Digunakan

Baik sekarang kita akan bicara tentang perangkat atau alat yang digunakan atau juga sarana yang dipakai bagi mereka yang sedang melakukan transaksi di pasar daring.

1. Laptop, Gadget dan Tablet

Contoh Alat yang di gunakan untuk pasar daring (playtech)

Biasanya mereka menggunakan laptop, gadget atau tablet sebagai sarana untuk penjual menjajakan produknya agar bisa dilihat dan pembeli untuk melihat produk – produk yang dijual oleh pedagang online. Pemakai PC masih ada, tapi kebanyakan sekarang pengguna internet lebih akrab dengan ketiga alat tersebut.

2. Jaringan Internet

Harus mendapat dukungan dari jaringan internet. Jaringan internet ini ada yang sistem prabayar dan ada juga yang sistem pasca bayar. Sistem koneksinya ada yang memakai fiber optik, sinyal dan radio link.

Dewasa ini biaya internet sudah semakin terjangkau. Banyak perusahaan yang menawarkan harga dengan murah dan mendapat dukungan dari kebijakan pemerintah. Ini semakin memicu tren pasar daring menjadi lebih meningkat.

Selain itu, hampir semua wilayah yang di Indonesia sudah terjangkau jaringan internet. Sabang sampai Merauke sudah pada melek internet masyarakatnya, baik anak muda maupun orang tua.

3. Sistem Pembayaran

Tidak sama dengan pasar tradisional sistem pembayaran di pasar daring yaitu memakai pembayaran non tunai. Biasa dengan transfer memakai credit card atau Paypal atau transfer melalaui kartu ATM dan yang lain-lain. Ada juga perusahaan marketplace yang untuk menjaga kepercayaan konsumen mereka menerapkan sistem COD atau Cash On Delivery yang dalam bahasa lain barang sampai baru dibayar oleh konsumen.

4. Jasa Delivery

Jasa delivery sangat relevan dengan pada pasar daring karena biasanya pemesan itu bukanlah orang yang berada di dalam lokasi yang sama. Biasanya mereka berada di jarak yang berjauhan. Contohnya pemesan itu adalah orang kota Medan, sedangkan perusahaan marketplace berada di Jakarta. Pada kejadian ini sangat membutuhkan jasa antar barang (delivery order) apakah seperti JNE, TIKI dan yang lain – lain.

Seiring berjalannya waktu banyak perusahaan yang juga membuka layanan antar dengan merk mereka sendiri.

Dampak Pasar Daring

Setiap perubahan pasti memiliki dampak apakah itu positif atau negatif. Hal ini berlaku bagi pasar daring itu sendiri yang memiliki impact besar bagi prilaku masyarakat. Adapun dampak – dampaknya sebagai berikut.

1. Gaya Hidup

Perubahan pada gaya hidup manusia, di mana dulu manusia selalu mendatangi toko, mall atau pasar tradisional untuk mendapatkan kebutuhannya. Namun mereka tidak perlu melakukan itu saat ini. Mereka cukup berada di dalam rumah saja dan sudah bisa melakukan transaksi secara online.

Artinya mereka bisa melakukan sambil melakukan kegiatan yang lain. Sambil memasak seorang ibu rumah tangga dapat memesan produk di pasar daring.

2. Pedagang Tradisional Terancam Eksistensinya

Pedagang tradisional sudah pasti mengalami dampak yang sangat serius jika tidak mampu melakukan adaptasi. Jika orang membutuhkan produk sudah dengan cara online maka pedagang tradisional akan kehilangan konsumennya. Pemasukannya akan berkurang dan bahkan nyaris bangkrut. Maka dari itu untuk mengantisipasi hal ini pedagang tradisional harus juga membuat saluran media online bagi para konsumennya.

3. Anti Sosial

Bisa dibilang akan terjadi sebuah sikap yang anti sosial karena tidak bertemunya antara konsumen dan pedagang sehingga menurunnya interaksi sosial akan mempengaruhi membentuk sebuah sikap anti sosial secara perlahan – lahan. Mereka lebih nyaman dengan pasar online dan tidak mau beraktivitas secara tatap muka sehingga membangun sebuah egosentris tersendiri.

Kesimpulan dan Saran

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa pasar daring adalah sebuah keniscayaan yang berlaku pada saat ini dan trennya akan terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Para pihak yang terlibat dalam pasar daring, baik pembeli maupun pedagang merasa lebih banyak terbantu dengan adanya pasar daring. Salah satunya adalah masalah efisiensi dalam penggunaan waktu. Pembeli tidak harus keluar rumah saat membutuhkan produk dan jasa yang dibutuhkan. Cukup dengan membukan jaringan internet saja.

Keadaan diatas memberikan dampak ekonomi kepada pasar tradisional. Dan ini harus mendapat perhatian serius dari pihak pemerintah. Jangan sampai kehadiran pasar daring malah membunuh eksistensi pelaku pasar tradisional.

Demikian pembahasan tentang pengertian pasar daring kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk menambah wawasan Anda silahkan membaca informasi terkait dengan komunikasi daring di blog ini. Saran dan komentar dari Anda sangat kami nantikan untuk perbaikan dan pengembangan blog ini kedepannya. Sampai jumpa di lain waktu.