18 Film Sedih Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Diposting pada

Film sedih Indonesia yang terbaik dan sepanjang masa sangat banyak jumlahnya serta sudah tayang di layar lebar maupun tayang hanya di televisi saja. Film – film tersebut banyak diperankan oleh artis – artis ternama atau artis papan atas, mulai dari artis cilik sampai dengan artis dewasa (perempuan dan lelaki).

Tema tentang film sedih Indonesia juga sangat beragam mulai dari tema tentang sosok ibu dan tema romantis antara pasangan kekasih terkait dengan lika-liku hidup mereka yang penuh dengan dramatis. Ada film yang diproduksi pada tahun sebelum 2019 dan ada pula yang diproduksi pada tahun 2020, hanya saja yang diproduksi pada tahun 2020 tidaklah sama kualitasnya dengan tahun sebelumnya apalagi bisa dikategorikan sebagai pilihan yang terbaik.

Untuk menonton film – film dulu yang bertemakan sedih, Anda sudah terbantu dengan beberapa perangkat alat komunikasi modern seperti: laptop, tablet dan gadget. Karena banyak sekali Pengguna internet yang mengupload video tentang film – film di laman internet untuk ditonton secara gratis. Ingat, perangkat Anda harus terkoneksi dengan internet yang cepat agar film tersebut tidak lemot atau buffering.

Ekspresi orang yang nonton film sedih Indonesia biasanya adalah terharu sampai juga meneteskan air mata. Maka jika anda ingin menonton film sedih Indonesia saran kami adalah menyiapkan tisu atau sapu tangan agar air mata yang akan menetes itu bisa segera Anda usap dengan alat tersebut. Film-film tersebut bisa juga diputar selain di bioskop di itu di tempat nongkrong Medan, seperti warung kopi cafe rumah makan dan tempat tempat ngumpul lainnya. Karena film dari dalam negeri, rasanya tidak perlu lagi film dengan menggunakan subtitle Indonesia.

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh mereka yang nonton film sedih Indonesia adalah meningkatnya rasa sensitifitas terhadap sesuatu. Orang yang jarang menangis di indikasikan mereka mempunyai hati yang keras, sedangkan orang yang suka menangis di indikasikan mereka mempunyai arti yang lembut atau peka. Akan tetapi aktivitas menangis ini juga harus ada motivasinya agar semangatnya tidak sekedar menangis saja titik lebih baik menangis karena takut kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas dosa – dosa yang kita perbuat.

Lebih lanjut kita kupas satu persatu apa saja film sedih Indonesia yang terbaik di sepanjang masa simak berikut informasinya

1. Tragedi Bintaro

Emak Ingin Naik Haji via Wikipedia

Film ini diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi pada tahun 1987. Film ini bercerita tentang kecelakaan kereta yang Saling bertabrakan dia daerah Bintaro. Banyak korban meninggal dari kecelakaan ini dan yang lainnya terluka parah. Cerita ini diangkat dari sudut pandang Juned dan 4 saudaranya yang tinggal bersama neneknya, keluarga miskin ini merupakan salah satu dari ratusan korban kecelakaan kereta Bintaro. Keluarganya banyak yang meninggal namun jadi cacat karena kakinya harus diamputasi akibat kecelakaan tersebut.

2. Emak Ingin Naik Haji

Emak Ingin Naik Haji via Google Image

Film yang dibintangi oleh aktor Reza Rahardian ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang memiliki keinginan untuk membawa ibunya berhaji.  Biaya haji yang mahal menjadi salah satu tantangan yang besar bagi Zain yang berasal dari ekonomi pas-pasan. Kisah ini akan memperlihatkan perjuangan ibu dan anak untuk mengumpulkan biaya berangkat haji sang ibu.

3. Arie Hanggara

Arie Hanggara via Liputan6

Film ini diangkat dari kisah nyata di tahun 1985 yang menceritakan tentang seorang anak bernama Arie Hanggara yang tewas karena disiksa oleh orang tuanya. Ari adalah anak kedua dari Machino dan Dahlia. Rumah tangga orang tuanya berantakan dan akhirnya berpisah. Ari tinggal bersama ayah dan ibu tirinya yang bernama Santi. Menurut kedua orang tuanya Ari merupakan anak yang sering mencuri oleh karena itu dia sering disiksa oleh orang tuanya hingga suatu hari ia tewas karna siksaan itu.

4. Rumah Tanpa Jendela

Rumah Tanpa Jendela via Blogger

Film ini berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Rara yang tinggal di pemukiman kumuh. Rara ingin sekali punya jendela di rumahnya yang hanya berdindingkan triplek bekas. Gadis kecil ini tinggal bersama nenek dan ayahnya yang berprofesi sebagai penjahit sepatu dan menjual ikan hias. Satu ketika Rara bertemu dengan Aldo seorang anak kaya namun memiliki masalah keterbelakangan mental. Kisah tentang petualangan Rara dan Aldo dalam film ini memberikan pelajaran yang berharga bagi kita untuk lebih peduli kepada sesama.

5. Surat Kecil Untuk Tuhan

Surat Kecil Untuk Tuhan via Blogger

Film yang tayang pada tahun 2011 ini termasuk salah satu film yang yang terlaris ketika itu. Kisahnya diangkat dari sebuah kisah nyata mendiang Gita Sesa Wanda Cantika yang mengidap penyakit kanker jaringan lunak pertama di Indonesia. Kisah ini bercerita tentang perjuangan gadis kecil itu bersama ayahnya untuk menghadapi penyakitnya. Kisah ini diambil dari catatan diary yang ditulisnya selama masa sakitnya.

6. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

Ayah Menyayangi Tanpa Akhir via Youtube

Film ini diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Kirana Kejora. Berkisah tentang sebuah keluarga yaitu Arjuna yang merupakan orang Jawa keturunan ningrat yang jatuh cinta pada seorang gadis Jepang. Hubungan keduanya tidak disetujui oleh keluarga walau begitu pada akhirnya cinta mereka berbuah manis bersatu dalam ikatan pernikahan. Setelah menikah mereka pun dikaruniai seorang anak bernama Mada namun Keisha meninggal dunia ketika melahirkan mada. Arjuna yang membesarkan anaknya seorang diri tiba-tiba divonis mengidap penyakit yang mematikan dan dia hanya memiliki waktu yang sedikit untuk bersama dengan anaknya.

7. Heart

Heart via Facebook

Film yang dibintangi oleh Irwansyah, Nirina Zubir dan Acha septiansyah ini berkisah tentang cinta segitiga. Farel jatuh cinta kepada gadis yang baru pertama dijumpainya yaitu Luna tanpa dia mengetahui ternyata sahabatnya yang dari kecil telah diam-diam Mencintainya. Rachel selalu merasa cemburu melihat kedekatan antara Farel dan Luna Sampai suatu kejadian membuat Farel harus memilih siapa yang akan diselamatkan hidupnya antara Luna yang ia cintai atau sahabatnya yang dia sayangi.

8. Love

Love via Wikipedia

Film ini bercerita tentang kisah cinta 5 pasangan yang memiliki masalah berbeda-beda. Di dalam film ini diceritakan Bagaimana bahwa masing-masing kehidupan pasangan memiliki masalahnya sendiri. Film ini juga menggambarkan bagaimana seharusnya menjaga hubungan dengan pasangan dan merawatnya sehingga hubungan bisa bertahan.

9. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta

Film ini bercerita tentang seorang laki-laki yang menjalin hubungan dengan wanita yang berbeda agama darinya. Hubungan keduanya sangat ditentang oleh pihak keluarga. Delia sang gadis Katolik dikirim untuk belajar ke luar negeri oleh keluarganya sementara Rosid yang beragama Islam dijodohkan oleh orang tuanya untuk menikah dengan seorang gadis bernama Nabila. Apakah hubungan antara Rosid dan Nabila akan berjalan dengan lancar temukan jawabannya di film ini.

Lihat: Film Sejarah Islam Terbaik

10. Sabtu Bersama Bapak

Sabtu Bersama Bapak via Yotube

Film ini disutradarai oleh Monty Tiwa, Berkisah tentang seorang ayah yang mengidap penyakit kronis ia divonis dokter hanya akan bertahan hidup setahun lagi. Untuk mengisi kekosongan nya jika kelak ia meninggal ia pun membuat rekaman yang disimpan dalam sebuah kaset. Ratusan kaset itu dia titipkan bersama istrinya pesan-pesan itu ditujukan kepada kedua anaknya Satria dan Cakra. Dengan peraturan bahwa 1 kaset hanya boleh diputar sekali setiap sabtu nya.

11. Jelita Sejuba

Jelita Sejuba via Suara.com

Film ini menceritakan tentang lika – liku kehidupan seorang istri tentara. Seorang istri tentara yang harus berjuang hidup sendiri karena suaminya yang harus pergi bertugas selama berbulan-bulan. Kesulitan hidup yang dirasakan sebagai istri tentara dan betapa sedihnya dituangkan dalam cerita ini

12. Critical Eleven

Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Adinia Wirasti bercerita tentang sepasang suami istri yang tinggal di New York. Ale adalah seorang engineering yang bekerja di perusahaan minyak di Amerika sedangkan istrinya adalah manajemen konsultan di Jakarta. Ketika menikah ale meminta istrinya harus melepaskan pekerjaannya untuk mengikuti suaminya. Sang istri sering tinggal oleh suaminya untuk bekerja di Teluk Meksiko dia pun memutuskan untuk mencari pekerjaan. Ketika ia hamil sang suami memintanya untuk kembali ke Indonesia sayangnya bayi yang dikandungnya meninggal saat itulah rumah tangga mereka menghadapi masalah demi masalah film ini bercerita tentang perjuangan mereka menghadapi masalah dalam rumah tangga ya.

13. Habibie dan Ainun

Habibie dan Ainun via Wikipedia

Film ini bercerita tentang kisah nyata presiden ketiga Indonesia Yaitu Bapak BJ Habibie dan istrinya Ibu Ainun. Film ini mengisahkan Bagaimana perjuangan mereka di awal-awal menikah yang harus hidup berpindah negara dan bagaimana seorang Habibie ketika berjuang untuk membuat pesawat bagi negaranya. Film ini penuh dengan keharuan karena diangkat dari kisah nyata.

14. Malaikat Juga Tahu

Malaikat Juga Tahu via Blogger

Film yang tayang pada Februari 2013 ini adalah karangan dari De atau Dewi Lestari.Cerita ini berkisah tentang seorang penderita autisme. Film ini bercerita Bagaimana seorang Abang yang diperankan oleh Lukman Sardi yang menyukai seorang wanita diperankan oleh Prisia Nasution. Sang wanita ternyata lebih menyukai dan berpacaran dengan adiknya Abang yang bernama Han

15. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk via Blogger

Film ini berkisah tentang kisah cinta Hayati dan Zainuddin yang penuh dengan liku-liku. Zainuddin yang mencintai kekasihnya hayati namun mereka dipisahkan oleh orang tua karena Perbedaan latar belakang di antara keduanya. Hayati dijodohkan dengan Azis sakit hati membuat Zainuddin pergi ke tanah Jawa hingga akhirnya ia menjadi seorang yang sukses takdir mempertemukan kembali Zainuddin dan Hayati di tengah masalah rumah tangga yang dihadapi hayati bersama suaminya Aziz.

16. Mika

Mika via Kompasiana

Film yang tayang pada tahun 2013 ini menceritakan tentang kisah cinta antara Mika dan Indi. Indi adalah seorang gadis mengidap skoliosis yang membuatnya harus memakai besi penyangga tubuh sejak ia masih SMP sedangkan mika adalah seorang pemuda yang mengidap penyakit AIDS. perjalanan kisah cinta mereka penuh dengan lika-liku Mampukah mereka untuk saling mencintai seterusnya.

17. Surga Yang Tak Dirindukan

Surga Yang Tak Dirindukan via Wikipedia

Film ini bercerita tentang seorang gadis hari ini yang memiliki suami bernama prasetya. Keduanya hidup bahagia dan memiliki seorang anak bernama Nadia. Satu ketika tiba-tiba akhirnya arini mengetahui bahwa pras telah menikah lagi dengan seorang perempuan bernama meirose. Hal ini pun membuat arini menjadi marah dan tidak terima dengan apa yang dilakukan oleh suaminya. Tanpa dia ketahui ternyata ayahnya pun selama ini telah melakukan poligami dan ibunya menerima dengan lapang dada

18. I Love You From 38000 Feet

Film yang tayang tahun 2016 ini berkisah tentang sepasang remaja yang jatuh cinta ketika mereka bertemu di pesawat di ketinggian 38000 kaki. Kebersamaan mereka selama di Bali telah membuat mereka sepakat untuk menjalin hubungan. Yakin jika arga adalah takdirnya namun ketika mereka kembali ke Jakarta ternyata Arga menghilang tanpa kabar dan ia tidak pernah menepati janjinya untuk menemui Aletta. Pada akhirnya Aleta yang terpukul harus melakukan pernikahan yang diatur oleh orang tuanya.

Lihat: Film Action Mandarin Terbaik

Demikian kami cukupkan untuk artikel yang mengulas tentang film sedih Indonesia. Semoga dengan kesedihan tersebut mampu menggenjot industri film dalam negeri supaya bisa bersaing di kancah internasional.

Silahkan berkomentar