3 Manfaat Menonton Film Bernuansa Islami Bagi Keluarga

Diposting pada

Ada banyak manfaat orang menonton film, apakah film yang tayang di bioskop atau di laman internet. Tidak sedikit film yang yang menyampaikan pesan – pesan kebaikan kepada para penontonnya sehingga mendorong manusia untuk berbuat kebaikan pasca menonton. Namun tidak sedikit pula film yang hanya memberikan atau menyajikan hiburan semata tanpa memandang aspek moralitas dan kesantunan yang layak dilakoni pada industri perfilman. Maka dari itu seorang atau keluarga yang berkeluarga muslim sudah sepantasnya melakukan seleksi hiburan mana yang harus ditonton. Jangan salah pilih karena jika salah dalam memilih akan berdampak pada masa depan keluarga.

Ilustrasi via WordPress

Kabar baiknya saat ini film-film Islami sudah semakin banyak tayang dilayar lebar. Hal ini menjadi sebuah jawaban atas kebutuhan dari umat Islam yang merindukan film – film religi ditayangkan di bioskop maupun di dunia pertelevisian. Diharapkan para produser atau sutradara terus melakukan inovasi – inovasi melahirkan karya terbaik dalam hal perfilman Islam. Untuk Indonesia sendiri yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam tentu jika sebuah film bernuansa Islam akan banyak yang menonton dan ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi industri perfilman tanah air jangan hanya film yang mengedepankan sisi hiburan dan abai terhadap sisi sisi agama. Ingat, industri film yang merusak moral manusia terus masif hadir di tanah air.

Untuk keluarga muslim sendiri sangat penting mengetahui referensi film Islami yang harus ditonton. Dengan mengetahui referensi ini ini keluarga muslim akan mendapatkan sebuah pencerahan dan dan pemahaman baru terkait agama Islam. Kabar baiknya beberapa waktu yang lalu kami sudah menuliskan tentang daftar film untuk keluarga muslim. Sebelum kesana ada baiknya anda mengetahui poin-poin tentang manfaat yang dirasakan ketika menonton Islam.

1. Panduan Menuju Keluarga Sakinah

Untuk menjadi keluarga yang sakinah membutuhkan sebuah rujukan yang benar. Banyak rujukan yang harus menjadi prioritas bagi keluarga yang mengidamkan menjadi keluarga sakinah. Salah satunya adalah dengan menonton film sejarah Islam. Dalam film sejarah Islam ini banyak dicontohkan keluarga – keluarga muslim yang istiqomah dijalan dakwah dan Islam dalam menyampaikan risalah dakwah kepada manusia. Dengan begitu kita bisa mengambil Ibrah (pelajaran) dan sangat memungkinkan mencontoh hal – hal yang positif dan kita diharapkan sanggup untuk mencontohnya.

2. Memahami Perjuangan Nabi dan Para Sahabat

Tidak sekedar tahu tapi kita memahami dengan benar bahwa nabi dan para sahabat mendakwahkan Islam kepada manusia penuh dengan pengorbanan. Mereka mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, harta bahkan nyawa. Hal inilah yang seharusnya menjadi fokus perhatian bagi keluarga muslim. Dimana tiada keluarga muslim yang tidak berjuang menegakkan agama Islam pada masa lalu. Dengan memahami hal ini sangat memungkinkan kita untuk mengetahui Indikator – indikator keluarga yang memiliki ciri-ciri Islami. Pemahaman tentang keluarga yang Islami dengan tunjukkan film sejarah Islam ini tidak kalah pentingnya dengan kita membaca buku sejarah Islam itu sendiri. Jika buku kita berhadapan dengan kata kalimat paragraf, sedangkan dengan film kita melihat langsung visualisasi dari kata-kata yang ada dalam buku atau cerita. Visualisasi tersebut didukung dengan latar suara dan gambar – gambar bergerak yang menarik sehingga bisa menambah ghiroh kita dalam memahami Islam.

3. Menambah Keimanan

Banyak film yang hanya bersifat hiburan Semata. Hiburan yang hanya membuat kita terhibur tertawa dan merasa senang tapi dibalik itu semua perasaan yang kita alami pasca menonton film tersebut adalah semu semata. Inilah bedanya ketika kita menonton film sejarah Islam dimana iman kita akan bertambah dengan baik dan kita mendapatkan sebuah perjalanan spiritual baru. Ya, kalau masalah terhibur kita juga pasti terhibur bisa menyaksikan tontonan tersebut, tapi yang paling penting dibalik hiburan tersebut ada pesan-pesan dakwah ada pesan-pesan Islam ada pesan-pesan kebaikan agama yang harus kita pahami dengan baik dan benar. Waktu, uang dan tenaga yang kita keluarkan untuk menonton film sejarah Islam tentu akan bernilai ibadah karena dampaknya bisa menambah keimanan pada diri kita.

Lihat: Film Action Mandarin Terbaik

Semoga saja informasi yang kami sajikan ini memberikan wawasan baru dan bermanfaat kepada siapa saja yang membacanya. Sampaikan koreksi Anda kepada kami guna perbaikan dan pengembangan blog ini kedepan.