12 Film Sejarah Islam Terbaik Di Dunia dan Sepanjang Masa

Diposting pada

Film sejarah Islam terbaik menjadi referensi bagi semua umat Islam yang ingin mengetahui sejarah agamanya dengan baik dan benar. Menonton film sejarah Islam akan menambah keimanan dan ketakwaan seorang muslim. Oleh sebab itu hal ini menjadi sebuah keharusan pada gaya hidup yang semakin modern.

Pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan beberapa film sejarah Islam yang terbaik, ada film tentang sejarah nabi, film tentang sejarah para sahabat, film perjuangan para mujahid dan film-film lainnya. Sebagian dari film tesebut, ada yang sudah memiliki subtitle bahasa Indonesia, sedangkan yang lain masih masih dalam bahasa aslinya.

Anda bisa menontonnya dengan mendownload pada laman Komunikasi Daring atau Anda bisa mencari CD yang dijual pada toko di kota Anda. Sangat disayangkan film-film religi yang begini tidak tayang pada bioskop – bioskop. Padahal Indonesia memiliki mayoritas muslim sehingga jika film tersebut diputarkan di bioskop akan berdampak pada pemahaman umat Islam yang benar pada sejarahnya.

Pada kesempatan yang lalu kami sudah menuliskan tentang film action Mandarin yang terbaik di blog ini. Film sejarah Islam terbaik merupakan lanjutan yang akan melengkapi arsip digital pada kumpulan artikel yang kami susun. Bisa saja Anda memberikan koreksi tentang daftar rekomendasi film-film yang ada. Kami pun akan sangat senang melakukan koreksi dari setiap kesalahan yang kami perbuat pada penulisan artikel di blog ini.

Film sejarah Islam terbaik sering diputar di berbagai acara keIslaman, seperti acara rohani Islam di Sekolah Menengah Umum, Pertunjukan keislaman di kampus-kampus, peringatan hari besar Islam yang digelar di berbagai masjid, dan masih banyak lagi. Termasuk tempat nongkrong di Medan juga ada yang memutar film tersebut.

Baiklah, langsung saja kita akan kenali satu persatu film sejarah Islam terbaik simak informasinya berikut ini.

1. Sejarah Perjuangan Nabi Ibrahim AS

Sejarah Perjuangan Nabi Ibrahim AS via Blogger

Film ini menceritakan tentang perjuangan dakwah Nabi Ibrahim Alaihissalam dalam menghadapi Raja Namrud yang membakarnya dan diselamatkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Setelah kejadian itu Nabi Ibrahim Alaihissalam pun pergi berhijrah ke Palestina. Setelah Siti Hajar melahirkan anak pertamanya yaitu Nabi Ismail Alaihissalam, Allah memerintahkan agar Nabi Ibrahim membawa Siti Hajar pindah ke tanah Hijaz atau Mekah.

Kisah perjalanan Nabi Ibrahim Alaihissalam ini berakhir saat turunnya perintah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anak tersayangnya Nabi Ismail Alaihissalam dan kemudian perintah untuk membangun Ka’bah.

2. Ar-Risalah Sejarah Nabi Muhammad Saw

Ar-Risalah via Blogger

Film yang dibuat secara kolosal ini menggambarkan sejarah perjalanan hidup serta dakwah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Kisah dalam film ini dimulai ketika pertama kali Rasulullah menerima wahyu di gua hiro dan berakhir pada peristiwa Fathu Mekkah. Yaitu peristiwa penaklukan kota Mekah oleh kaum muslimin yang dipimpin oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dalam film ini diperlihatkan bagaimana sesungguhnya agama Islam membawakan rahmat dan kedamaian bagi seluruh alam, ketika di mana jumlah umat muslim yang sangat luar biasa banyak dan memiliki kemampuan yang besar untuk melakukan pembantaian terhadap musuh-musuh Islam namun pada kenyataannya Rasulullah bersama para sahabatnya lebih memilih Jalan perdamaian untuk menaklukkan kota Mekkah.

3. Khulafaur Rasyidin

Khulafaur Rasyidin via Bukalapak

Film ini bercerita tentang para sahabat nabi yang melanjutkan kepemimpinan beliau setelah wafatnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dalam film ini diuraikan riwayat hidup dan perjuangan serta jasa dari keempat Khulafaur Rasyidin, mulai dari Abu Bakar Siddiq, Umar Bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali radhiallahu anhu. Film ini secara singkat menggambarkan bagaimana kepemimpinan umat pada masa keempat khalifah ini.

4. Omar Kisah Khalifah Umar Bin Khattab

Film Omar via Kaskus

Pada awalnya film ini menuai kontroversi di kalangan cendekiawan muslim di Jazirah Arab. Penggambaran secara fisik Khalifah Umar Bin Khattab telah menuai banyak kritikan dari cendekiawan muslim, Mereka beranggapan bahwa menggambarkan tokoh-tokoh yang dihormati dalam karya seni adalah tidak pantas. Namun ada juga ulama yang mendukung ditayangkannya film ini yaitu Syekh Yusuf Al qardhawi. Film-film ini mengambil lokasi syuting di Maroko. MBC Group yang berbasis di Dubai adalah pendana terbesar dibuatnya film ini.

5. Kingdom of Solomon kisah Nabi Sulaiman Alaihissalam

Kingdom of Solomon via Tokopedia

Kisah ini bercerita tentang Nabi Sulaiman yang diangkat menjadi raja pasca wafatnya Nabi Daud Alaihissalam. Ketika itu muncul ramalan yang mengisyaratkan bahwa setan dan jin berencana menghancurkan manusia. Untuk menghadapi konspirasi tersebut Nabi Sulaiman Alaihissalam mengumpulkan para rohaniawan dan ilmuwan dari Bani Israil. Namun apa yang terjadi ternyata mereka itu adalah para pelaku kezholiman dan memakan harta riba dari rakyatnya. Mereka bahkan menuduh Nabi Sulaiman sebagai penghayal dan bodoh. Dalam kisah ini juga digambarkan bagaimana akhirnya Nabi Sulaiman Alaihissalam memenangkan peperangan dan membangun sebuah kerajaan yang lebih besar dan kuat untuk menegakkan ajaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

6. Khalid Bin Walid

Khalid Bin Walid via Blogger

Kisah Si Pedang Allah yang dilahirkan kira-kira 17 tahun sebelum masa perkembangan Islam. Ayahnya bernama Walid dan ibunya Lababah merupakan anggota dari suku bani maksum salah satu bagian dari suku Quraisy. Khalid bin Walid sebenarnya masih merupakan bagian dari keluarga Nabi yang sangat dekat, salah seorang bibi beliau yaitu Maimunah adalah istri nabi. Dari kecil Khalid bin Walid sudah melakukan latihan berkuda, memainkan pedang dan memanah. Ketika pada akhirnya Khalid bin Walid memeluk Islam Rasulullah sangat bahagia karena Khalid memiliki kemampuan perang yang dapat digunakan untuk membela agama Islam dan menegakkan kalimat Allah. Melalui perjuangan dan Jihad terbukti dalam banyak peperangan Khalid bin Walid diangkat menjadi komandan perang dan menunjukkan hasil Gemilang pada peperangan tersebut.

7. Ashabul Kahfi

Ashabul Kahfi via Bukalapak

Kisah 7 Pemuda beriman yang tertidur selama 309 tahun dalam gua. Film ini menceritakan tentang para pengikut nabi Isa Alaihissalam dalam mempertahankan keimanannya. Film ini dibuat dengan latar sejarah kekuasaan Adrianus yang digarap secara Apik dan kolosal penuh dengan kesedihan dan ketegangan.

8. Al Nasir Salahuddin Al Ayyubi

Al Nasir Salahuddin Al Ayyubi via Youtube

Film ini bercerita tentang sang panglima perang Yerusalem. Film ini bercerita tentang perjuangan Salahuddin Al Ayyubi untuk merebut kembali tanah suci dari para kaum Nasrani yang membantai kaum muslimin.  Dalam film ini ditunjukkan bahwa kekuatan Iman dari pasukan Salahuddin ini berhasil memenangkan pertaruhan dan membebaskan tanah suci dengan pengakuan yang hormat dari pihak musuh.

9. Abdul Qodir Jaelani

Abdul Qodir Jaelani via Facebook

Film ini bercerita tentang sejarah ulama Fiqih dan Tasawuf. Abdul Qodir Jaelani yang bernama lengkap muhyidin Abu Muhammad Abdul Qodir Al Jaelani lahir pada tahun 475 Hijriyah. Beliau berasal dari daerah Jailan sehingga di akhir nama beliau ditambahkan kata Al Jaelani. Beliau merupakan seorang yang berilmu, beraqidah Ahlussunnah dan mengikuti jalan Salafush Shalih. Beliau dikenal pula banyak memiliki Karomah. Dalam usia 8 tahun Ia sudah meninggalkan Jailan menuju Baghdad pada tahun 488 Hijriyah karena tidak diterima belajar di Madrasah Nizamiyah Baghdad yang waktu itu dipimpin oleh Ahmad Al Ghazali yang menggantikan saudaranya Abu Hamid Al-ghazali. Disana ia belajar kepada beberapa orang ulama seperti Ibnu Aqil abu Husein Al farra dan juga Abu Saad Al huwaini.

10. Kisah Uwais Al Qorni

Kisah Uwais Al Qorni via Tokopedia

Film sejarah Uwais Al Qorni tersedia dalam bentuk DVD. Dalam film ini dikisahkan Bagaimana seorang Uwais Alqorni yang begitu berbakti kepada ibunya sanggup menggendong sang Ibu dari kampung halamannya menuju kota Mekah untuk berhaji. Kisah perjuangan Uwais Al Qorni membawa sang Ibu ke Mekkah tercatat sebagai sebuah kisah yang Rasulullah katakan bahwa Uwais Al Qorni adalah manusia yang tak terkenal bumi namun terkenal di langit.

11. Film Sultan Abdul Hamid Han

Film Sultan Abdul Hamid Han via Google Image

Film tentang sejarah kesultanan Abdul Hamin Han ketika berkuasa di Istanbul Turki. Awal berkuasa banyak masalah yang dihadapinya, salah satunya adalah masal hutang kerajaan yang begitu banyak. Dengan kemampuannya dalam memimping, akhirnya pelan – pelan dia mengurangi jumlah hutang tersebut.

Keberhasilan lain adalah kemampuan beliau dalam menjaga rahasia negara. Organisasi rahasia yang dimilikinya sangat kuat sehingga membuat para musuh selalu kehabisan akal untuk menyerang Sultan.

Film ini bersifat drama berseri dan kabar baiknya sudah ada terjemahan subtitle dalam bahasa Indonesia.

12. Film Serial Kurulus Osman

Bagi Anda yang suka dengan film sejarah Islam yang berkembang di daerah Turki dan dikenal dengan Daulah Ustmani, kami sarankan Anda untuk menonton film yang berjudul: Kurulus Osman ini.

Pada film ini Anda akan dipahamkan mengenai awal mula perjuangan seorang mujahid Islam yang bernama Osman Gazi menegakkan sebuah negara Turki. Banyak cerita yang berkesan pada film Islam ini, mulai dari kisah perang, keluarga, pengkhianatan, percintaan dan pesan – pesan moral yang membingkai pada film ini.

Karena dikemas dengan berseri, jadi film ini bisa Anda nikmati secara online berbasis komunikasi daring. Atau Anda juga bisa mengunduhnya jika ingin menonton dalam versi offline bersama keluarga di rumah. Meski sebagian isi film banyak tema perang, namun tetap termasuk bisa dibilang sebagai film keluarga terbaik sepanjang masa peradaban manusia.

Aslinya film Kurulus Osman berbahasa Turki dan kabar baiknya sudah banyak subtitle Indonesia yang bisa di dinikmati. 

Jika Anda suka dengan film Sultan Abdul Hamid II, maka film Kurulus Osman juga harus menjadi kesukaan Anda. Selamat menikmati.

Lihat: Ulama Aceh Yang Terkenal Di Dunia

Demikianlah informasi mengenai film sejarah Islam terbaik di dunia dan sepanjang masa. Semoga memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya. Silakan bagi Anda yang ingin menambahkan, tulis di kolom komentar yang sudah tersedia.

Silahkan berkomentar