Tempat Wisata Bukit Kubu Berastagi, HTM dan Bisa Apa Saja?

Diposting pada

Destinasi wisata Bukit Kubu Berastagi menawarkan kepada pemandangan dan panorama padang rumput hijau yang menyejukkan mata untuk para pengunjung.

Barisan dan jajaran pohon Pinus serta bukit yang menanjak dan menurun, salah satu arena untuk bermain para pengunjung yang mengasyikkan. Mereka yang datang kemari kebanyakan bersama keluarga atau group sekolah dan perusahaan. Ada yang datang sendiri – sendiri juga, namun tidak banyak jumlahnya. Hal ini karena Bukit Kubu lebih cocok dinikmati bersama – sama atau lebih satu orang.  

Jelang hari akhir pekan, tempat wisata di Sumatera Utara ini banyak di kunjungi wisatawan. Masing – masing datang dengan program yang sudah disiapkan. Asal pengunjung pun bermacam – macam, ada yang dari kota Medan dan luar kota Medan, seperti Siantar dan Tebing Tinggi. Tidak sedikit pula yang datang dari daerah sekitaran Berastagi.

Tanda ucapan selamat datang di pintu masuk Bukit Kubu via Pemprovsumut

Letak Bukit Kubu dijalan Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152. Tepat dilokasi Hotel Bukit Kubu. Bisa dibilang tempat wisata ini sejatinya adalah hotel (penginapan) yang memiliki halaman yang luas nan indah yang kemudian dijadikan sebagai destinasi wisata.

Jarak waktu yang ditempuh dari Medan ke Bukit Kubu sekitar 1 – 2 jam. Waktu tempuh akan lebih lama jika jelang musim liburan nasional. Trafik menjadi padat dan macet disebabkan banyak orang berlibur. Sekitar 68 kilometer jarak dari Medan menuju arah Berastagi.

Berbagai fasilitas disediakan oleh pengelola, mulai dari halaman yang terhampar luas, juga ada penginapan bagi yang ingin menghabiskan waktu di Bukit Kubu. Penginapan yang bernuansa zaman dahulu ini menyediakan berbagai kamar dan ruangan untuk acara in door.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Bukit Kubu:

1. Main Layang – Layang

Pengunjung Bukit Kubu sedang bermain layang – layang via Google Image

Sangat pas untuk bermain layang – layang. Halaman yang luas dan didukung dengan banyaknya angin yang berhembus sehingga memudahkan layangan untuk diterbangkan oleh orang yang memainkannya.

Layangan merupakan fasilitas yang di dapatkan oleh pengunjung saat sampai dilokasi setelah membayar tiket masuk.

2. Buat Acara

Salah satu kegiatan sekolah yang digelar di Bukit Kubu via SMK Multi Karya

Mulai acara ekstra kurikuler sekolah, sampai dengan gathering perusahaan atau organisasi banyak dilakukan di Bukit Kubu. Anda bebas memilih lokasi yang mana saja. Biasanya, mereka yang hendak membuat acara harus memakai halaman yang rata, tidak bergelombang.

Acara sangat pas jika diselingin dengan acara out bound yang bersifat out door. Anda tinggal pilih saja dimana lokasinya. Dalam memilih lokasi, sebaiknya tetap koordinasi dengan pihak pengelola.

3. Nikmati Pemandangan Sejuk dan Asri

Mungkin bosan dengan pemandangan dikota yang penuh dengan gedung – gedung bertingkat. Disini Anda bisa menikmati pemandangan yang indah, baik rumput hijau dan panorama lainnya. Rasanya ingin berlama – lama disini.

4. Tempat Untuk Santai

Banyak mereka yang datang untuk merebahkan badan untuk nyantai bersama keluarga. Dengan fasilitas tikar yang disediakan pengelola dan memilih tempat dibawah pohon, pas sekali untuk waktunya bersantai.

Santai sambil makan enak rasanya begitu nikmat. Ya, Anda bisa bawa makanan sendiri dari rumah atau pesan pada catering kota Medan yang terpercaya.

5. Melihat Situs Peninggalan Belanda

Bangunan sejarah masa lalu masih dirawat oleh pengelola sampai sekarang ini, mulai dari gedung pertemuan sampai dengan rumah – rumah yang salah satunya adalah tempat persinggahan Bung Karno saat berkunjung ke Berastagi. Tidak tahu siapa yang sekarang tidur di kamar yang di gunakan oleh Bung Karno dulu. Mungkin dibiarkan kosong saja.

Beberapa bangunan tampak sudah sangat tua dan mendapatkan pemugaran oleh para pengelola. Meski begitu, pemandangan tetap bergayakan tempo dulu.

6. Berkuda

Tersedia kuda bagi yang ingin menaikinya. Kapasasitas kuda untuk dua orang saja. Harga yang ditawarkan Rp 50.000 saja untuk sekali jalan dengan rute yang sudah ditentukan. Aktivitas ini sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar menaiki kuda.

Harga Tiket Masuk Ke Bukit Kubu

Sepertinya tiket untuk masuk ke lokasi wisata Bukit Kubu tidak dihitung perorang, melainkan kendaraan yang akan masuk. Untuk sepeda motor dan mobil terjadi perbedaan harga, dimana harga Rp 200.000  untuk kendaraan mini bus. Sedang untuk HTM sepeda motor dikenakan antara Rp 30.000 sampai Rp 100.000. Harga bertambah naik ketika pengunjung datang mengendarai bus pariwisata Medan atau daerah lain.

Setelah membayar HTM, fasilitas yang diberikan adalah tikar dan mendapat satu buah layang – layang plus benang.

Harga Tiket Masuk akan berubah jika musim liburan tiba. Biasanya akan bertambah mahal disebabkan semakin ramai yang datang ke Bukit Kubu.

Anda bisa mendapatkan harga murah ketika ada promo yang dilakukan. Untuk berburu harga promo, Anda bisa menemukannya di laman Komunikasi Daring melalui alat komunikasi modern.

Atur Jadwal Liburan Anda

Bagi yang belum pernah berkunjung ke destinasi Bukit Kubu, inilah saatnya Anda datang kemari. Banyak pengalaman seru yang akan Anda temukan disini bersama keluarga atau sahabat dekat.

Lokasi selalu ramai jelang akhir pekan dan juga hari libur nasional. Jika Anda ingin sepi dari pengunjung, datanglah pada hari biasa.

Anda bisa berlibur kemari dengan durasi waktu yang bebas. Jika ingin lebih lama, Anda bisa sewa kamar hotel yang tersedia.

Untuk menghindari kehabisan waktu, disarankan Anda untuk memakai jasa tour yang akan di pandu oleh guide profesional. Ya, Anda akan mengeluarkan biaya tambahan. Namun Anda tidak akan merugi karena waktu liburan akan lebih efektif dengan itinerary yang sudah tersusun rapi.

Berdekatan dengan Bukit Kubu ada banyak destinasi wisata yang menarik lainnya. Anda bisa datang ke Gundaling, Tempat Pemerahan Susu Sapi, Petik Buah Strawbery sendiri, serta bisa menikmati wahana mainan di Mickey Holiday. Kemudian Bagi Anda yang suka dengan pemandian, tersedia pemandian alam dan pemandian air panas di daerah Debu – Debu.

Jika Anda memakai tour guide, Anda tidak perlu khawatir masalah dokumentasi. Biasanya mereka sudah menyiapkan secara baik dokumentasi Anda selama berlibur bersama mereka. Dokumentasi umumnya tersedia dalam bentuk CD atau file yang dikirim ke surat elektronik (e-mail).

Oleh – oleh khas Berastagi berupa buah – buahan dan sayuran bisa Anda bawa untuk sanak famili.

Kenapa ini penting kami sampaikan? Karena orang yang tingkat stress nya rendah adalah orang yang selalu meluangkan waktunya untuk liburan alias piknik.

Lihat: Paket Wisata Medan

Demikian sekilas informasi mengenai destinasi wisata Bukit Kubu yang ada di Berastagi. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca yang sedang membutuhkan referensi tempat liburan. Jangan lupa untuk sampaikan komentar Anda pada kolom yang tersedia dibawah.