8 Manfaat Nongkrong Di Warkop Yang Penting Diketahui Sekarang Juga

Diposting pada

Manfaat dari kegiatan nongkrong di Warung Kopi (Warkop) dan juga cafe ada banyak jumlahnya. Hanya saja tidak semua bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Berhubung waktu yang tidak cukup menuliskan semuanya.

Meski begitu, poin yang akan diuraikan melalui blog ini – kami rasa – sudah cukup mewakilinya. Sehingga kami berpikir tidak perlu ditambah lagi mengenai apa – apa saja manfaat dari nongkrong bagi anak muda dan orang tua.

Jika kita temukan sebuah warung kopi yang ramai pengunjung disuatu tempat, maka itu artinya mereka yang nongkrong disana mendapatkan benefit. Dengan bahasa lain, pengusaha warung kopi telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Ya, penerapan service excellent berlaku di warkop tersebut.

Lalu, bagaimana dengan warkop yang sepi pengungjung?

Sudah pasti orang enggan datang karena beberapa faktor, salah satunya tidak menemukan manfaat dari waktu yang dihabiskan selama nongkrong di warung kopi tersbut.

Uniknya, meski namanya warkop, namun tidak semua orang yang datang memesan kopi sebagai minumannya. Ada yang pesan teh manis, jus, minuman badak khas Medan, dan lain – lain. Jadi, warkop hanya nama saja, sedangkan menunya macam – macam, mulai dari masakan tradisional sampai dengan menu ala barat.

Ilustrasi Nongkrong via Okezone

Bagi kamu yang masih bingung menemukan manfaat dari nongkrong? Berikut informasinya.

1. Sarana Berbagi Ilmu

Tidak selamanya berbagai ilmu dilakukan di kampus atau sekolah. Warkop bisa menjadi alternatif jikalau Anda ingin share pengetahuan atau ingin mendapatkan pengetahuan dari guru atau teman. Dengan suasana yang tidak formal dan nyantai, biasanya ilmu akan mudah diserap oleh otak.

2. Nambah Teman dan Membangun Jaringan

Anda janji dengan teman untuk nongkrong. Kemudian teman Anda membawa temannya. Maka Anda akan mempunyai teman baru, bukan?

Teman adalah aset dalam membangun jaringan sosial. Dengan banyak teman hidup akan semakin mudah dan mengasyikkan. Ingat pepatah: “1000 teman sedikit dan 1 musuh teramat banyak”

3. Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Warkop adalah bagian dari mikro ekonomi yang memberikan kontribubsi ke daerah. Dari hasil keuntungan akan disalurkan kebeberapa pos, mulai untuk gaji karyawan, bayar pajak, sampai melakukan ekspansi usaha dengan membuka cabang di tempat lain.

Jadi, dengan banyak yang nongkrong, maka usaha warkop akan terus berkembang dan sangam mmberikan dampak positif bagi ekonomi suatu daerah.

4. Menambah Wawasan Tentang Kopi

Kopi mengandung banyak pesan dan pelajaran. Sejarah kopi nusantara sangatlah kaya akan nilai – nilai soail masyarakat. Selain itu, apa manfaat kopi juga bisa kita ketahui dengan bertanya ke owner warkop tersebut.

Jadi uang yang keluar untuk beli kopi berbuah pengetahuan tentang kopi. Tidak sia-sia waktu yang dihabiskan untuk nongkrong.

5. Cari dan Menemukan Inspirasi

Ada kalanya ide dan insprirasi susah didapatkan. Nah, cobalah datang ke warung kopi yang berada dekat dari rumah Anda. Duduk dan pesanlah menu makanan atau minuman. Lihat sekeliling Anda, maka Anda akan menemukan inspirasi seketika juga.

Satu suapan atau satu teguk air kopi yang Anda minum, semakin mempercepat Anda menangkap ide dan inspirasi yang susah Anda temukan ditempat lain.

6. Tempat Kerja

Banyak kerjaan yang tidak bisa selesai dirumah tapi bisa siap jika dikerjakan di warkop. Mengapa demikian? Banyak sebab. Salah satunya, dirumah adalah tempat yang setiap hari kita lihat dan bisa menyebabkan kebosanan jika melihat yang itu – itu saja.

7. Internetan Gratis

Sudah menjadi pemakluman bagi semua orang untuk hal ini. Ya, internet merupakan layanan yang banyak disediakan oleh pengusaha kopi dan sengaja di gratiskan untuk para pelanggan yang datang. Ana bisa menonatifkan jaringan data dan beraplih ke jaringan wifi warkop.

Masalah muncul jika yang memakai wifi wakrop melebihi kapasitas. Kecepatannya pasti akan menurun, atau dalam bahasa lain jaringan internet untuk mengakses komunikasi daring akan lelet.

8. Deal Bisnis

Ini berlaku untuk mereka yang berprofesi sebagai penbisnis. Bertemu dengan klien tidak selalu dilakukan di kantor. Kadang butuh suasana yang rileks untuk membicarakan deal – deal bisnis. Dan warkop menjadi salah satu pilihan yang stratetgis.

Tips Memilih Tempat Nongkrong

Setiap kota dan kabupaten sudah bertumbuhan wakrop sebagai sarana untuk nongkrong. Mulai dari, remaja, dewasa sampai dengan orang tua menghabiskan waktunya di warkop. Bukan Cuma pria, ternyata wanita juga ikutan juga. Nongkrong di wakrop sudah menjadi life style. Ini berlaku dibanyak kota besar, seperti tempat nongkrong di Medan dan daerah lainnya.

Pada artikel ini, kami akan memberikan tips bagi Anda untuk memilik tempat nongkrong berdasarkan pengalaman sendiri dan orang lain.

Pertama: Harus ada tempat sholat

Ya, jangan sampai Anda keasyikan nongkrong tapi lalai dalam melaksanakan kewajiban sebagai orang yang beragama Islam. Carilah warkop yang menyediakan tempat untuk sholat. Karena tidak semua warkop posisinya berada dekat dengan masjid.

Kedua: Rekomendasi Teman

Mintailah rekomendasi teman Anda yang pernah nongkrong. Karena teman yang baik tidak akan menyesatkan temannya sendiri. He he.. apa ada tempat nongkrong yang menyesatkan? Ya pasti ada. Salah dalam memilih tempat nongkrong, maka akan tersesat dalam rasa yang tiada tara.

Ketiga: Baca review di Internet

Sekarang sudah zamannya orang yang datang ke warkop lalu memberikan komentar di google map atau melalui blog. Komentar sekalian diberi rating dalam bentuk bintang. Biasa bintang satu sampai bintang lima.

Anda pun bisa melihat pada aplikasi Go food atau Grab food yang tersedia di alat komunikasi zaman sekarang.

Keempat: Jaminan Halal

Ini bermanfaat untuk Anda yang muslim dalam memilih makanan dan minuman untuk dimasukkan kedalam tubuh. Makanan dan minuman yang halal tentu akan berbuah kepada kebaikan dan keberkahan hidup. Abaikan jika di warkop yang hendak Anda kunjungi menjual minuman beralkohol.

Memang, tidak semua warkop mencantumkan label halal yang resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jika kejadiannya begini, Anda bisa menanyakannya langsung kepada owner warkop terkait dengan proses mereka menyediakan hidangan kepada konsumen.

Kelima: Usia Warkop

Kenapa usia warkop ini penting? Karena ini sangat berhubungan dengan dua hal, yaitu profesionalisme dan kepercayaan. Profesionalisme dapat ditemukan dengan pengalaman yang bertahun – tahun. Makanya banyak iklan produk yang memakai tagline “sejak tahun 1950” contohnya.

Sedang yang kedua tidak kalah penting, yakni kepercayaan. Dalam dunia bisnis yang paling penting adalah kepercayaan. Semakin percaya orang terhadap produk, maka semakin banyak yang akan membelinya. Dampak lain dari kepercayaan adalah merekomendasi kepada teman – temannya. Seorang temen bisa dipercayai saat diuji dengan sang waktu.   

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih dan memilah tempat nongkrong bersama dengan teman – teman.

Lihat: Tempat Nongkrong di Binjai

Cukup sekian informasi tentang manfaat dari nongkrong di warkop pada kesempatan kali ini. Semoga saja memberikan banyak manfaat kepada pengguna internet yang gemar berkunjung ke warkop. Silahkan sampaikan pendapat Anda jika memiliki kritik dan saran atas tulisan ini. Anda bisa sampaikan melalui kolom komentar yang berada dibawah.

Silahkan berkomentar