Dapat 9 Digit Dari Youtube, Ternyata Channel “Calon Sarjana” Nyolong Konten Orang Bule

Diposting pada

Jagad sosial media Twitter kini semakin ramai atas trending topik kata kunci Calon Sarjana. Saluran channel Youtube Calon Sarjana yang total pelanggan (subscriber) mencapai 12 juta, ternyata ketahuan mencuri konten video dari Youtuber Luar Negeri. Namun disayangkan, selama ini pendapatan yang mengalir lewat akun Calon Sarjana didapatkan dari hasil plagiat karya kreator lain.

Nah, dengan total 12,4 juta pelanggan, tahukah Anda berapa rupiah uang yang dikantongi oleh saluran Calon Sarjana tiap bulannya?

via viva

Berdasarkan informasi dari Wartaekonomi, penghasilan bulanan Calon Sarjana hampir menginjak angka Rp3 miliar! Ini adalah angka yang tidak kecil, bukan?

Setiap persatu video yang di upload oleh akun Calon Sarjana ke Youtube diperkirakan mampu menghasilkan uang sekitar Rp34,6 juta. Maka dengan upload video perhari sebanyak satu, Calon Sarjana diprediksi mampu menghimpun sampai Rp55,2 juta dalam waktu 24 jam.

Calon Sarjana bakal bisa meraup cuan sampai Rp1,7 miliar per bulan, Wow!

Kemudian, jika diakumulasikan, dalam 12 bulan atau setahun, jumlah uang yang Calon Sarjana himpun bisa sampai sekitar Rp20,1 miliar.

Tapi itu hanya masa lalu. Kini Calon Sarjana haru menahan malu karena ketahuan melakukan plagiat video orang bule. Pernyataan maaf pun sudah dilayangkan melalui Komunikasi Daring di laman Twitter.

Saluran Calon Sarjana telah menyampaikan permohonan maaf kepada pemilik saluran YouTube yang dicuri ide dan karyanya. Salah satu korban dari kelakuan Calon Sarjana yaitu JT YouTube. Calon Sarjana menghubungi JT YouTube melalui Twitter.

“Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube “JT” @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan,” tulis akun Twitter Calon Sarjana dikutip Jumat 8 November 2019.

Berkaitan dengan kasus tersebut, Calon Sarjana menegaskan, mereka sudah menghilangkan video yang dipermasalahkan oleh JT YouTube. Saluran Calon Sarjana mengakui menyesal dengan kelakuan menjiplak karya konten kreator lainnya.

“Kami selalu berusaha untuk mencantumkan sumber dari potongan-potongan video yang kami gunakan, dan mengakui bahwa kami sangat menyesal telah melakukan kelalaian, sehingga masalah ini bisa terjadi. Persoalan ini sepenuhnya adalah kesalahan kami dan kami memohon maaf atas masalah kritis ini,” tulis akun tersebut, seperti dikutip laman Viva.

Janji Calon Sarjana atas kejadian ini adalah tidak akan melakukan kesalahan yang sama maupun kesalahan lainnya yang berkaitan dengan industri konten kreatif.

Silahkan berkomentar