10 Kebiasaan Orang Medan, Dari Unik sampai Sebut Kereta

Diposting pada

Kebiasaan orang Medan sangat menarik untuk diketahui oleh para pembaca. Dengan mengetahui hal – hal yang sering dilakukan, maka kita dengan sendirinya akan memahami akan karakter orang – orang Medan secara tidak langsung. Dampak positifnya, Anda akan mudah melakukan adaptasi saat berada di ibukota propinsi Sumatera Utara ini.  

Kebiasaan orang medan merupakan ciri khas tersendiri yang harus mendapat pemakluman. Karena ada kebiasaan yang terkesan tidak lazim bagi suku atau adat daerah lainnya. Pada tahap inilah dibutuhkan sikap saling toleransi dan selalu berjalan bersama dalam keberagaman untuk membangun Indonesia jadi lebih baik. Bhineka Tungga Ika memang sangat relevan dibuat oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Bagi sebagian orang, kebiasaan yang ada pada orang Medan terkesan unik. Salah satunya adalah dalam penyebutan “sepeda motor” dengan sebutan “kereta”. Karena sudah jadi kebiasaan yang turun temurun dari nenek moyan, maka kebiasaan tersebut susah untuk di hapus atau digantikan dengan kebiasaan yang lain. Yang pasti tidak tahu akan bertahan berapa generasi lagi. Kebiasaan merupakan sumber hukum adat yang mempunyai kekuatan.

Sebenarnya, ada banyak kebiasaan menarik yang berlaku di Medan, namun pada kesempatan ini kami hanya menyampaikan beberapa saja untuk Anda ketahui. Yakni kebiasaan yang cukup populer dilakukan orang Medan. Kalau selama ini Anda hanya tahu akan paket wisata Medan, maka sudah saatnya mengenal lebih dekat terhadap kebiasaannya.

Nah, sebelum sampai kepada topik artikel ini, perlu kami sampaikan kepada pembaca bahwa kami sudah pernah membahas mengenai kebiasaan – kebiasaan yang diterapkan pada daerah – daerah lain diluar Medan. Anda bisa membaca kebiasaan masyarakat Aceh dan kebiasaan orang Bali dan bisa melakukan perbandingan dengan kebiasaan di daerah lain. Termasuk juga kebiasaan yang berlaku di daerah kamu sendiri. Temukan benang merahnya.

Masjid Raya Medan Al Mashum via Google Image

Baiklah, langsung saja kita bahas satu persatu tentang kebiasan orang Medan. Berikut informasinya.

1. Bersikap Keras Dan Tegas dengan Prinsip

Medan adalah kota yang sangat plural dengan berbagai suku adat dan agama yang berbeda namun hidup dalam harmoni dan kedamaian. Karena hidup dalam perbedaan dan kemajemukan membentuk sikap hidup yang keras dan tegas terhadap prinsip yang yang dipegang. Keras dan tegasnya orang Medan inilah yang menjadi modal dasar kedamaian dan keharmonisan hidup bermasyarakat di kota Medan. Jangan mengganggu kalau tak mau diganggu begitulah yang tertanam dalam jiwa anak Medan dan saling menghormati dan menerima perbedaan yang ada.

2. Punya Kemampuan Memasak Yang Baik

Kota Medan dikenal juga dengan kota berjuta kuliner. Sangat disayangkan bila Anda datang ke kota Medan tanpa berwisata kuliner. Sebab itu orang Medan dikenal jago dalam memasak. Orang Medan pada dasarnya adalah orang yang suka makan dan senang dengan masakan rumahan oleh sebab itu orang tua di Medan banyak membekali anak-anaknya dengan ilmu memasak sehari-hari. itulah sebabnya lama-kelamaan Medan menjadi kota sejuta kuliner.

Jika Anda hendak menikmati kuliner Medan, apakah itu nasi goreng enak atau bakso paling enak, maka Medan sangat lengkap dengan berbagai varian dan cita rasanya, baik masakan tradisional Sumatera Utara maupun modern.  

3. Orang Medan Terbiasa Jujur, Tidak Banyak Basa-Basi

Orang-orang Medan itu objektif. Kereka menilai sesuatu berdasarkan apa yang mereka lihat. Kalau tidak suka ya bilang tidak, kalau suka ya bilang suka. Tentu tak banyak basa-basi dan kebanyakan ini dan itu. Tak heran banyak orang yang mengira kalau orang Medan itu orang yang kurang peka.

Lihat: Tempat Nongkrong Di Kota Medan

4. Mampu Beradaptasi Dengan Cepat

Kebiasaan yang paling gampang dilihat dari orang Medan adalah kemampuannya beradaptasi yang sangat cepat. Orang Medan terbiasa hidup dalam keberagaman dan perbedaan sebab itu membuat orang Medan menjadi orang yang gampang beradaptasi baik dengan lingkungan baru ataupun orang baru. Hal ini jugalah yang membuat orang Medan menjadi perantau yang handal.

Selain itu, Medan saat ini menjadi kota yang manjemuk. Bahkan suku jawa menjadi mayoritas. Artinya Medan terbuka akan suku dari mana pun yang ingin tinggal berdampingan.

5. Terbiasa Menjunjung Tinggi Budaya

Orang Medan sangat menjunjung tinggi budaya asal mereka. Segala yang dianggap baik diserap dan akan selalu diamalkan di mana pun mereka berada. Contohnya menghormati orang yang lebih tua atau menghargai sesama. Sikap saling menghargai dan menghormati ini sudah ditanamkan orang tua dan menjadi satu nilai budaya di masyarakat Medan. Hingga kini masih banyak budaya warisan pada leluhur yang dijaga dan terus dilestarikan. Salah satunya ada lagu daerah Sumatera Utara dan alat musik Sumatera Utara serta kesenian tari daerah. Pada museum daerah kota Medan, semua itu dapat Anda saksikan dengan lengkap informasinya.

6. Memiliki Rasa Kekeluargaan Yang Kuat

Orang Medan dikenal sebagai orang yang sayang dengan keluarganya. Jika mereka mendengar ada keluarganya yang diganggu maka dimanapun mereka berada mereka pasti akan ikut merasa marah. Sebab itu ketika diperantauan mereka berjumpa dengan sesama orang medan pasti mereka langsung akrab apalagi bila mereka memiliki marga yang sama atau marga yang berkaitan.

7. Memiliki Toleransi Yang Tinggi

Orang Medan itu terdiri dari agama, adat, budaya yang berbeda. Perbedaan hidup yang dimiliki masyarakat Medan telah membentuk orang Medan menjadi orang yang toleran. Orang bersuku Batak dengan orang bersuku Melayu tidak pernah menjadikan perbedaan diantara mereka sebagai alasan untuk bertengkar. Namun sebaliknya mereka saling mengerti dan menghormati akan budaya dan adat masing-masing.

Lihat: Adat Istiadat Suku Melayu

8. Perantau Yang Tangguh dan Sukses

Orang Medan tak mau terbelenggu di zona nyaman. Mereka umumnya merantau untuk mencapai kesuksesan. Buktinya, di daerah mana pun, khususnya di pulau Jawa, banyak orang Medan yang merantau dan sukses diperantauannya.

9. Sebut Sepeda Motor jadi Kereta

via batak.co

Apapun merk sepeda motor, apakah Honda, Suzuki, Yamaha dan yang lain akan selalu disebut dengan sebutan “Kereta” oleh orang Medan. Sebutan ini tentunya membuat kaget orang yang diluar Medan, salah satunya orang yang berada di pulau Jawa. Karena menurut mereka, kereta sangat identik dengan Kereta Api yang merupakan alat transportasi darat bersifat masif dalam mengangkut penumpang.

Tidak tahu bagaimana ceritanya kenapa kereta jadi pengganti nama sepeda motor berlaku di Medan. Jika teman – teman ada yang tahu, jangn sungkan sampaikan informasinya.  

10.Tembak Langsung

Ciri khas lain adalah orang Medan sukanya main tembang langsung saja jika ada hal yang ingin disampaikan. Misalnya ingin menyampaikan tentang rasa tidak suka terhadap sesuatu, atau juga jika ada kepentingan tertentu. Kebiasaan ini tentu beda dengan kebiasaan orang Sunda atau Jawa yang banyak diketahui publik.

Lihat: Kebiasaan Suku Batak

Demikian ulasan kami terkait dengan kebiasaan orang Medan pada kesempatan kali ini. Semoga saja memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman. Saran dan kritik dan Anda kami nantikan.

3 komentar

Silahkan berkomentar