7 Minuman Khas di Medan, Dari Bersoda Sampai Dingin

Diposting pada

Minuman khas di kota Medan akan membuat hilang rasa dahaga yang mendera manusia. Berbagai jenis minuman kini menjadi rebutan orang lokal dan juga para pendatang, baik domestik maupun internasional. Ya, seperti kita ketahui minuman khas ibukota Sumatera Utara ini sudah ada yang go internasional dan selalu menjadi oleh – oleh bagi wisatawan.

Bicara minuman khas Medan tidak kalah pentingnya dengan bicara topik makanan yang ada di Medan. Karena jika Anda habis makan, maka akan mencari yang namanya minuman. Jadi, tidak lengkap rasanya jika kami hanya membahas topik makanan saja lalu abai dengan topik minuman yang juga jadi kebanggan orang Medan itu sendiri.

Anda mungkin sudah tahu bakso enak dan nasi goreng enak di kota Medan. Atau Anda sudah pernah datang ke rumah makan keluarga yang ada di Medan. Apa yang Anda lakukan sehabis makan? Keyakinan kami, sehabis datang kesana, Anda lalu berkomunikasi dengan teman Anda yang kebetulan pecinta kuliner juga. Tapi, apakah Anda pernah menceritakan minuman khas kota Medan? Ayo, kini saatnya Anda juga ceritakan dimana tempat nongkrong di Medan yang menyajikan berbagai aneka menu minuman, yang menyehatkan dan menyegarkan pula. Mulai dari minuman panas, dingin, jus sampai dengan minuman yang mengandung soda.

Dengan merogoh kocek yang tidak banyak, Anda bisa menikmati minuman kebanggaan orang medan dari harga Rp. 5000 per gelas. Harga akan berubah jika Anda belinya di plaza atau hotel. Namun harga normal dapat Anda temukan pada warung – warung dipinggir jalanan Medan yang dapat ditempuh dengan mengendarai jasa rental mobil Medan.  

Untuk datang dan mendapatkan minuman khas Medan dan resepnya, Anda bisa tanya langsung kepada yang membuatnya. Atau Anda bisa googling pada laman Komunikasi Daring melalui smartphone yang berbasis Android atau OS. Di internet akan banyak dijumpai resep minuman dan panduan atau cara membuat minuman ala Medan.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kita sampaikan satu persatu rekomendasi terkait tempat dan nama minuman khas kota Medan. Selamat membaca.  

1. Soda Cap Badak

Soda Cap Badak via indonesia.go.id

Minuman jenis soda adalah salah satu minuman yang sudah sangat melegenda di kota Medan. Minuman ini bisa kita jumpai di warung-warung makan pinggir jalan atau pun warung-warung kaki lima yang menjual minuman. Minuman ini juga dulunya menjadi minuman favorit dikalangan remaja. rasanya yang manis dan ringan membuat kita searasa segar apalagi jika diminum dalam keadaan dingin.

Kebanyakan anak muda di Medan meminumnya dengan dicampurkan susu putih. Anda bisa mencobanya dan rasakan mantap nya yang tiada tara. Tidak kalah dengan minuman soda buatan luar negeri.

2. Sirup Markisa

Sirup Markisa Medan via Bukalapak

Markisa merupakan buah khas kota Brastagi yang berada di dataran tinggi tanah Karo. Buah markisa bisa kita nikmati dalam dua jenis yakni buah segarnya secara langsung ataupun hasil olahannya yakni sirup markisa. Sirup markisa ini akan sangat gampang kita jumpai di supermarket kota Medan ataupun di tempat penjual jajanan khas Medan. Membuat minuman ini sangatlah mudah anda tinggal menuangkan sedikit sirup ini kedalam gelas kemudian campur dengan air putih dan beri sedikit es. Mudah membuatnya dan rasanya juga segar.

Inilah salah satu minuman yang sudah menjadi kebanggaan orang Medan. Sirup ini penjualan meningkat apabila menjelang hari raya idul fitri.

3. Teh Susu Telur (TST)

Teh Susu Telur via Youtube

Minuman ini agak sedikit unik. Dari namanya minuman yang satu ini sepertinya sangat mudah dibuat, namun siapa sangaka ternyata minuman ini sangat sulit membuatnya. Bahan yang digunakan memang terlihat sederhana namun pembuatan minuman ini membutuhkan keahlian sebab bila tidak maka rasa amis dari telur akan tercium dan minuman ini akan terasa kurang nikmat. Minuman ini sudah sangat familiar di kota Medan. Kita bisa menemukan kedai penjual TST hampir di seluruh kota Medan. Kedai tersebut tidak pernah sepi dari pembeli. Tua maupun muda menyukai minuman TST. Selain sebagai minuman khas Medan, TST juga memiliki khasiat lain seperti menambah tenaga dan stamina khususnya para pria.

Salah satu TST yang melegenda adalah berlokasi di daerah jalan Puri, kecamatan Medan Area. Tidak jauh jaraknya dari Masjid Raya Al Mahsum.

4. Rujak Serut

Rujak Serut via Medanbisnis

Minuman yang satu ini memiliki nama yang sangat unik Rujak Serut. Orang yang baru pertama mendengar nama minuman ini akan mengira bahwa ini adalah sejenis makanan yang terbuat dari buah-buahan dan kuah rujak. Siapa sangka ternyata minuman yang satu ini berbeda dengan rujak pada umumnya. buah yang terdapat pada minuman ini bukanlah buah yang seperti pada makanan rujak umumnya. Rujak Serut terbuat dari buah yang diserut dengan isi buah wortel, bengkuang, timun, nanas, kuini, jeruk bali, jeruk nipis, cabai merah, sirup Markisa atau sirup jeruk sesuai selera anda. Minuman Yang satu ini dijamin akan membuat anda merasakan segar jika diminum saat hari panas.

5. Roco Timun

Roco Timun via Blogger

Roco timun terbuat dari campuran air kelapa muda, mentimun, dan gula merah. Isi minuman ini terdapat hasil kerukan kelapa muda, potongan buah timun (atau serutan buah timun sesuai selera) yang dicampur dengan daun pandan. Akan lebih segar jika disajikan dengan es batu. Rasa manisnya akan terasa lebih fresh dan dapat melepas dahaga di siang hari.

6. Martebe

Martebe via Cookpad

Nama unik dari minuman ini merupakan kepanjangan dari markisa terong belanda. Umumnya terong sering dimanfaatkan sebagai lauk makanan di rumah namun terong yang satu ini khusus memang dibuat untuk minuman. Terong belanda di belender kemudian disaring bijinya lalu dicampur dengan sirup markisa. Minuman martebe ini memiliki cita rasa manis dan sedikit asam yang serasa segar saat diminum.

7. Es Mentimun Medan

Es Mentimun Medan via Youtube

Minuman yang satu ini berbahan mudah dan sangat segar untuk dinikmati baik dalam keadaan dingin ataupun hangat. Minuman yang terbuat dari serutan buah timun yang di campur dengan air gula dan sedikit perasan jeruk nipis ini sangat mudah dibuat dan enak dinikmati di segala suasana. minuman ini juga bisa dicampur dengan sedikit biji selasih yang akan membuat tubuh anda terasa segar setelah meminumnya. Minuman ini juga sangat baik dikonsumsi Bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi dan kolesterol.

Lihat: Makanan Tradisional Sumatera Utara

Kami rasa demikian dahulu sajian informasi terkait dengan minuman khas kota Medan. Pada kesempatan lain, kami akan mengupdate sesuai dengan perkembangan informasi yang ada. Tidak lupa kami sampaikan ucapkan terima kasih kepada Anda yang telah meluangkan waktunya untuk datang ke blog ini. Jangan lupa sampaikan saran, kritik dan komentar Anda.

1 komentar

Silahkan berkomentar