13 Tarian Adat Tradisional Mancanegara Yang Memukau Mata

Diposting pada

Tari adat tradisional yang berasal dari manca negara ada banyak jenisnya, mulai dari irama musik pengiring, pola lantai, seragam dan nilai yang ada pada gerakan tariannya. Bagi kita yang baru pertama kali mengetahuinya, maka akan merasa asing dan aneh. Namun bagi yang sudah pernah, akan tampak biasa saja. 

Tari Mancanegara bisa dibilang bedanya hampir 180 derajat dengan tarian nusantara yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, apakah tari adat Saman atau tari adat Piring dan yang lainnya.

Untuk mengenali tari adat mancanagera, maka pada kesempatan kali ini kami akan hadirkan informasinya untuk Anda. Nama-nama tari mancanegara diambil dari berbagai negara dan tidak satu negara saja. Namun tidak mewakili semua negara yang ada di dunia. Tepatnya, tarian yang populer saja kita sajikan untuk pembaca.

Mari kita simak satu persatu.

1. Tari Tradisional Morris (Inggris)

Tari Tradisional Morris via wordpress

Tarian ini dulu hanya diperankan oleh lekaki saja. Namun siring berkembangannya zaman, semua bisa membawakan tari ini dalam berbagai pertunjukkan. Pada umumnya, kostum pada tari Morris  yang mereka pakai adalah baju putih, topi dengan hiasan bunga, dan selempang dua warna yang disematkan bel kecil. Mereka juga membawa tongkat kecil atau sapu tangan.

2. Tari Zapin (Malaysia)

Tari Zapin via Google Image

Tari tradisional Zapin merupakan tarian yang populer terkenal di negeri Johor. Asal kata Zapin adalah Al-zaffan yaitu gerak kaki. PAda awalnya sebagai tarian hiburan di istana yang dibawa dari Hadramaut,Yaman Selatan oleh pedagang Arab pada abad ke-13 yang bertujuan digunakan amalan berzikir untuk menyebarkan pengetahuan mengenai sejarah peradaban Islam. Sekarang ini tarian zapin masih lagi dipersembahkan dalam berbagai acara di Malaysia.

3. Tari Tradisional Naga (China)

Tari Tradisional Naga via Wikipedia

Menurut mitologi China, naga mendeskripsikan akan kegagahan, keningratan dan keberuntungan. Karena itu, tari naga dipakai untuk mengusir setan dan membawa keberuntungan bagi semua orang. Tidak semua orang bisa membawakan tari ini. Karena penarinya biasanya memiliki kemampuan bela diri.

4. Tari Adat Perut

Tari ini bertujuan untun sarana penggoda pada zaman dahulu kepada raja. Berjalannya sang waktu, fungsi tari yang berasal dari Timur Tengah ini pun berubah, banyak orang bisa menikmatinya. Berbagai kegiatan bisa menampilkan tarian ini, seperti: pada pesta pernikahan dalam negeri, kelahiran sang bayi dan festival dalam komunitas tertentu. Pastinya masih banyak acara lainnya yang bisa memakai tarian ini.

5. Tari Adat Akiu No Taue Odori

Tari Adat Akiu No Taue Odori via Blogger

Tari Akiu No Taue Odori adalah tari yang asalnya dari Jepang. Pada gerakannya menirukan gerakan orang sewaktu menanam padi di kota Akiu, Taihaku-ku, Sendai, Prefektur Miyagi, Jepang.

Tari menanam padi ini dibawakan kurang lebih 10 penari yang berperan sebagai saotome atau gadis muda penanam padi. Musik yang disebut hayashi dimainkan dengan alat musik khas Jepang yang bernama Suling dan Taiko.

6. Tari Adat Buffalo

Tari Buffalo merupakan tari yang di bawakan sebagai ekspresi rasa syukur atas keberhasilan dalam perburuan kerbau. Jumlah orang membawakan tari Buffalo adalah delapan orang, dengan memakai kulit kerbau di punggung mereka, dan mengecat tubuh mereka sendiri dengan warna hitam, merah, dan putih. Pada tarian tradisional ini, para penari berusaha meniru tingkah laku kerbau di padang rumput. Setiap penari mengenakan beberapa tangkai daun willow hijau di kepalanya.

7. Tari Adat Balet

Tari Adat Balet via Blogger

Balet adalah nama dari salah satu teknik tarian. Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagian dari sebuah opera. Balet yang berasal dari Italia ini terkenal dengan teknik Virtuosonya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki tinggi-tinggi. Ada yang sebut teknik balet mirip dengan teknik anggar.

Dulu Balet dikenal dengan istilah Ballo yang pertama kali digunakan oleh Domenico da Piacenza (dalam De Arte Saltandi et Choreas Ducendi), sehingga karyanya dikenal sebagai balleti atau balli yang kemudian menjadi ballet. Istilah Ballet itu sendiri dicetuskan oleh Balthasar de Beaujoyeulx dalam Ballet Comique de la Royne (1581) yang merupakan ballet comique (drama ballet). Pada tahun yang sama, Fabritio Caroso menerbitkan Il Ballarino, yaitu panduan teknis mengenai menari balet, yang membuat Italia menjadi pusat utama berkembangnya tari balet.

8. Tari Adat Limbo

Tari Adat Limbo via Blogger

Ada dua daerah sumber tari Limbo, yang pertama menyebutkan berasal dari kepulauan Trinidad, dan pendapat kedua menyebutkan berasal dari Hawai. Tarian Lombo ini mulai populer di tahun 1900 an. Para penari Hawai menari dengan iringan musik khas karibia, lalu para penari mulai berjalan melewati tiang horizontal sambil membungkukkan badan ke belakang agar tidak menyentuh tiang. Para penari bergantian melewati tiang horizontal, dan setiap penari menjatuhkan tiang, maka ia harus kembali mengulangnya dari awal. Tiang akan semakin diturunkan setingkat demi setingkat.

Tarian ini kemudian mulai identik dengan Jamaika. Bukan tanpa sebab. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya musisi asal Jamaika yang menciptakan banyak musik Limbo di tahun 50 an, seperti Lord Tickler and Calypsonians, Denzil Laing, the Wrigglers dan masih banyak lagi.

Asal kata Limbo adalah berasal dari kata Limber, yang berarti Lentur. Tari limbo ini mengandung filosofi hidup, dimana manusia harus selalu berusaha menghadapi rintangan yang datang, dan semakin dewasa manusia, maka rintangan yang akan ia dapatkan akan semakin sulit (hal ini digambarkan dengan tiang horizontal yang makin diturunkan ke bawah).

9. Tari Adat Flamenco

Tari Adat Flamenco via turez.id

Spanyol Selatan  adalah daerah dari tarian dan musik Flamenco. Seiring dengan menyebarnya  budaya dari  Roma, Bizantium, Sephardic dan elemen Moor , maka sukses mempengaruhi  dalam perkembangan tarian  Flamenco ini.  Pengaruh ini menyatu di daerah dekat  Reconquista, di abad ke-15.

Beda dengan tari Limbo, asal-usul kata Flamenco tidak jelas. Kabar yang didapat tidak pernah dicatat sampai akhir abad 18. 

10. Tari Tradisional Singa Barongsai

Tari Tradisional Singa Barongsai via WordPress

Selain tari Naga, Tarian Singa juga meruapakan tari yang berasal dari Cina. Para penari akan meniru pergerakan singa dengan menggunakan kostum singa. Kostum singa itu dimainkan oleh dua penari. Tarian singa ini akan diiringi alat musik khas gong, dram, dan dentuman mercon yang dikatakan akan membawa tuah.

11. Tari Tradisional Sema Sufi

Tari Sufi via Liputan6

Tarian Sema ( Whirling Dervishes ) merupakan Tarian Sufi yang sangat religius dari Timur Tengah. Tarian ini merupakan inspirasi dari Filsuf dan Penyair Turki yang bernama Maulana Jalaluddin Rumi, dimana tarian ini bermakna bahwa dasar dari kehidupan di dunia dan di bumi ini adalah berputar.

Para penari terus  berputar mengikuti alunan musik, dimana semakin lama, putaran itu kian cepat dan panjang. Kostum tari dengan rok lebar yang mereka kenakan berkibar indah. Meliuk seiring dengan derasnya putaran para darwis ( penari )  itu. Seolah mengalami ekstase, mereka tampak menikmati putaran demi putaran yang semakin kencang.

12. Tari Adat Haka

Tari Adat Haka via Kumparan

Haka adalah tarian traditional Maori, yaitu penduduk asli New Zealand, tarian ini diikuti oleh teriakan dan dilaksanakan secara group. Pada umumnya, tarian ini mulanya merupakan tarian yang dilakukan oleh para warriors sebelum perang, dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan mereka dengan tujuan mengintimidasi pihak lawan. Ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa tarian ini tidak melulu tarian perang, atau hanya dilakukan oleh sekelompok pria, tarian haka juga bisa dilakukan oleh wanita, campuran pria dan wanita, bahkan bisa dilakukan oleh anak-anak.

13. Tari Adat Simba

Samba (lafal: [sɐbɐ]) ialah tarian negara Brasil dan genre musik yang berakar dari Afrika. Tarian tradisional ini  berasal dari Afrika, dan dibawa oleh budak­budak Afrika ke Brazil. Disana, tarian ini menjadi tarian rakyat, dan sejak tahun 1935 setiap tahun diadakan festival Samba di Brazil.

Samba jika dimainkan secara tradisional maka melibatkan senar (cavaquinho dan berbagai jenis gitar) dan berbagai instrumen perkusi seperti tamborim. Dengan pengaruh orkestra Amerika sejak Perang Dunia Ke II dan dampak budaya musik Amerika pasca perang, mulai dipakai juga instrumen tiup seperti trombon, terompet, choro, flute dan klarinet.

Lihat juga: Tarian Adat Sumatera Barat

Demikian kami sampaikan tentang tarian adat tradisional mancanegara dikesempatan kali ini. Semoga membawa manfaat kepada para pembaca. Terima kasih kami ucapkan atas waktunya.

Silahkan berkomentar