Pengertian Sejarah Menurut Etimologi Yang Lengkap

Diposting pada

Pengertian sejarah menurut Etimologi yang lengkap bisa Anda baca disini. Usai kami sajikan sejarah menurut bahasa, sudah saatnya Anda juga harus mengetahui arti sejarah dari perspektif etimologi guna menambah wawasan lebih luas lagi dan lebih baik lagi.

Sebenarnya untuk mengetahui definisi sejarah berdasarkan etimologi, Anda bisa mengetahuinya dari beberapa sumber yang ada, seperti baca buku, diskusi dengan teman atau melalui laman internet yang Anda lakukan ini. Dan memang banyak di era sekarang, manusia lebih suka menggunakan Komunikasi Daring sebagai sarana mendapatkan informasi. Apalagi didukung dengan layanan internet yang semakin terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

Sebelum menuju kepada topik, ada baiknya Anda pahami dahulu apa maksud dari etimologi. Dari sumber Wikipedia menyatakan, “Etimologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal usul suatu kata. Misalkan kata etimologi sebenarnya diambil dari bahasa Belanda etymologie yang berakar dari bahasa Yunani; étymos (arti sebenarnya adalah sebuah kata) dan lògos (ilmu)”.

Dari penjelasan diatas, kami yakin Anda sudah paham tentang makna etimologi.

Nah, sekarang kita akan mempelajari tentang asal usul pengertian sejarah berdasarkan asal suku katanya.

vi Google Image

Baik, kita bahas satu persatu supaya Anda memahaminya.

Untuk tahap pertama, kita merujuk kepada bahasa Inggris, kata sejarah berasal dari kata History, yaitu memiliki arti masa lampau; masa lampau manusia. Sedang dalam bahasa Arab, Sejarah berasal dari kata Sajaratun (Syajaroh), yang artinya yaitu pohon dan keturunan.

Kemudian kita pindah ke dalam bahasa Yunani, kata sejarah dikenal dengan istilah Istoria, yang mempunyai arti belajar. Dapat dimaknai bahwa sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau pada kehidupan manusia.

Sedang dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut dengan istilah Geschichte, yang memiliki arti “sesuatu yang sudah terjadi”, “sesuatu yang sudah terjadi pada masa lalu dalam kehidupan manusia.

Kita kedalam negeri. Pada bahasa Jawa, sejarah diistilahkan dengan istilah Babad, yaitu memiliki arti riwayat dan sejarah. Dimaknai berdasarkan kata Babad arti memotong tumbuhan memakai pisau sehingga terang. Dari definisi ini, secara tegas mengatakan bahwa sejarah berfungsi untuk menerangkan.

Yang terakhir adalah dalah bahasa Indonesia, sejarah dapat berarti silsilah, asal-usul, riwayat, dan jika dibuat skema menyerupai pohon lengkap dengan cabang, ranting, dan daun.

Baca juga: Ciri-Ciri Sejarah dan Ruang Lingkupnya

Bagaimana? Sepertinya Anda sudah memahami tentang arti sejarah menurut etimologi yang hampir sama dengan ulasan sejarah menurut bahasa. Anda juga bisa mengetahui sejarah menurut Aristoteles supaya lebih mantap wawasan kamu. Dengan begitu, kamu bisa jelaskan pengertian sejarah menurut etimologi dan dari perspektif lainnya yang saling terkait.

Tidak ada salahnya kamu mendiskusikan dengan teman sekolah dan guru pada waktu pelajaran sejarah.

Terima kasih sudah mampir kemari dan jangan lupa berikan kritik, saran dan komentar kamu pada kolom dibawah.

Silahkan berkomentar