Pengertian Sejarah Menurut Bahasa dan Penjelasannya

Diposting pada

Pengertian sejarah menurut bahasa yang ada di dunia internasional, baik wilayah Asia dan Eropa serta Timur Tengah masih banyak dicari oleh para pelajar yang menuntut ilmu di sekolah menengah dan perguruan tinggi. Mereka tidak cukup hanya mengetahui arti sejarah menurut Ahli saja, seperti menurut Aristoteles, menurut Moh Hatta dan ahli sejarah lainnya.

Mengetahui arti sejarah menurut bahasa menang tidak kalah pentingnya dengan sudut pandang lain. Dalam menulis artikel atau tugas sekolah (kuliah) terkait definisi sejarah, banyak pengajar atau dosen meminta sebutkan pengertian sejarah dari beberapa pendapat. Karena sekarang sudah zamannya Komunikasi Daring, maka banyak pelajar yang dengan mudah menemukan tugas ilmu sejarah dan ilmu lainnya. Termasuk ilmu yang membahas tentang sejarah tari Saman yang berasal dari Aceh.

Untuk diketahui, pada blog ini kami sudah menuliskan tentang beberapa pendapat ahli mengenai sejarah, mulai dari pendapat Ibnu Khaldun, pendapat Moh Ali dan pendapat ahli sejarah yang bernama Collingwood. Anda dapat melihatnya jika sudah selesai membaca artikel ini.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kita bahas satu persatu mengenai topik artikel kali ini.

1. Bahasa Belanda

Sejarah menurut bahasa Belanda yaitu Geschiedenis, yang memiliki arti terjadi. Kita ketahui Belanda adalah salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia di masa lalu. Sampai sekarang masih banyak warisan dalam bahasa Belanda. Salah satunya adalah Kitab Undang -Undang Hukum Pidana (KUHP). Dengan begitu, sejarah masa lalu Indonesia memang tidak bisa lepas dari peranan Belanda.

2. Bahasa Arab

Berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, sejarah berdasarkan bahasa Arab adalah Tārīkh. Namun ada juga bahasa lain dalam menyatakan sejarah, yaitu Sajaratun (syajaroh), yang mempunyai arti pohon dan keturunan. Hal ini dapat diqiyaskan dengan melihat  silsilah raja-raja akan tampak seperti gambar pohon dari sederhana dan berkembang menjadi besar, maka sejarah dapat diartikan silsilah keturunan raja-raja yang berarti peristiwa pemerintahan keluarga raja pada masa lampau.

3. Bahasa Inggris

Sejarah menurut bahasa Inggris yaitu History, yang memiliki arti masa lampau umat manusia. Bahasa ini menegaskan bahwa sejarah adalah ketika bicara umat manusia. Meski tidak lama, namun Inggris juga termasuk penjajah dimasa lalu. Ini adalah sejarah yang sesuai dengan bahasa Inggris.

4. Bahasa Yunani

Berdasarkan bahasa Yunani, sejarah disebut dengan Istoria yang artinya adalah ilmu yang khusus untuk menelaah gejala-gejala dalam urutan kronologis. Pengertian lain adalah kita disuruh belajar oleh arti bahasa Yunani terkait sejarah. Dimana sejarah adalah objek yang tidak lepas dari mempelajari segala peristiwa atau kejadian pada masa lalu.

5. Bahasa Jerman

Dalam bahasa Jerman (German) kata sejarah disebut Geschichte yang memiliki arti sesuatu yang telah terjadi. Apapun itu jika sudah terjadi, maka dikategorikan sebagai sejarah menurut bahasa Jerman.

Baca juga: 5 Ruang Lingkup Sejarah dan Ciri-cirinya

Secara sederhana, pengertian sejarah berdasarkan bahasa – bahasa yang ada diatas hampir sama apa yang dimaksud dengan bahasa Indonesia sendiri, yaitu sesuatu yang terjadi dan kejadian itu terjadinya di masa lalu. Hanya saja yang membedakan tentang penekanan tertentunya saja. Secara hakikat sama.

Demikian dahulu artikel tentang pengertian sejarah menurut bahasa kami sampaikan kepada Anda. Semoga memberikan manfaat dan jangan lupa sampaikan kritik dan saran dengan menulisnya di kolom komentar. Tunggu artikel terbaru dari kami.