Pengertian Sejarah Menurut Collingwood dan Penjelasannya

Diposting pada

Pengertian sejarah menurut Collingwood dan penjelasannya akan kami sampaikan dengan lengkap guna membantu para pembaca yang membutuhkannya. Tidak hanya definisi dari Collingwood saja, kami juga menyajikan pendapat ahli sejarah lainnya. Hal ini bertujuan untuk studi perbandingan teori sejarah. Karena jika hanya mengetahui satu teori saja, kami rasa tidaklah cukup untuk mendapatkan arti sebenarnya dari sejarah. Paling tidak membutuhkan tiga pendapat ahli sejarah guna mendapatkan hakikat atau intisari dari sejarah itu sendiri.

Kabar baiknya, kami menuliskan ada banyak pendapat ahli sejarah di blog ini dan Anda bisa membacanya usai membaca artikel ini.

R.G Collingwood via theapricity.com

Nah, teori sejarah dari Collingwood bertujuan melengkapi dari terori ahli yang sudah ada. Mana yang lebih relevan teorinya akan terjawab usai Anda melakukan perbandingan. Kami akan jelaskan tentang sejarah menurut Collingwood dan para ahli lainnya.

Baca juga: Penjelasan sejarah menurut Moh Ali

Pembahasan

Ahli yang bernama lengkap R.G Collingwood memberikan definisi dari sejarah yaitu:

“Sejarah sebagai penyelidikan tentang tindakan manusia yang dilakukan pada masa lampau”

Selain ahli sejarah, R.G. Collingwood juga dikenal sebagai ahli filsafat. Pada pengertian sejarah menurutnya dapat dimaksudkan bahwa bicara sejarah, maka tidak bisa lepas dari pengetahuan sejarah yang bersifat ilmiah. Arti dari ilmiah yaitu bersifat ilmu, secara ilmu pengetahuan, memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Dan hal yang terpenting, bisa dipertanggung jawabkan secara akademis ketika ada yang mempertanyakannya.

Kemudian, Collingwood tidak cukup hanya menyatakan bahwa sejarah cuma masa lalu saja tanpa adanya penyelidikan terhadapnya. Maka dari itu, beliau menghimbau kepada sejarawan yang bicara sejarah agar melakukan penyelidikan berdasarkan metodologi ilmiah pula. Didunia akademisi sendiri memang dikenal istilah penelitian ilmiah yang sering diasosiasikan dengan metode ilmiah sebagai tata cara sistematis yang digunakan untuk melakukan penelitian.

Lihat juga: Pendapat Aristoteles Tentang Pengertian Sejarah

Apa objek dari sejarah yang diselidiki?

Menurut pendapat Collingwood, objek yang dijadikan bahan untuk penyelidikan adalah tindakan atau perbuatan manusia terkait dengan apa yang dilakukan di masa lalu. Kapan, dimana dan dengan cara apa manusia melakukannya harus diselidiki. Manusia adalah pemeran dalam sejarah dan tidak bisa dipisahkan dari sejarah. Oleh sebab itu pentingnya manusia dijadikan objek penelitian untuk membuktikan sejarah.

Dengan menyelidiki tentang tindakan manusia dimasa lampau, maka secara tidak langsung akan mengetahui tentang hakikat manusia itu sendiri. Karena perbuatan yang dilakukan di masa lalu mencerminkan jati diri manusia atau karakter manusia. Jika ini sudah ditemukan, maka akan mudah sejarah diceritakan dengan sebenarnya.

Dapat disimpulkan, tiada sejarah tanpa ada peran manusia menurut teori Collingwood. Berdasarkan pendapatkan, peran manusia menjadi objek vital yang harus ada.

Baca juga: Ketika Moh Hatta Bicara Tentang Pengertian Sejarah

Kesmipulan

Collingwood menyajikan pendapatkan terkait secara secara sederhana yang menekankan pada pentingnya sebuah proses penyelidikan dilakukan. Dan objek dari penyelidikan itu adalah manusia itu sendiri. Tepatnya tindakan yang dilakukan oleh manusia di masa lampau.

Silahkan berkomentar