Pola Lantai Tari Piring, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Pola lantai tari piring adalah acuan gerak tari yang dilakukan para penari tari piring ketika tampil dihadapan penonton. Banyak orang yang sedang belajar tari adat dari propinsi Sumatera Barat ini ingin tahu apa saja pola lantainya. Hal ini berdasarkan jumlah pencarian yang ada di laman mesin pencari google yakni mencapai ribuan jumlahnya. Jumlah ini hampir sama dengan pengguna internet yang mencari kata kunci pola lantai tari Saman.

Di berbagai sekolah dan kursus tari, masih banyak seniman yang mengajarkan tari piring ini. Tentu saja fenomena ini sangatlah menari ditengah terpaan budaya seni yang datang dari asing. Sialnya, banyak remaja Indonesia saat ini lebih cendrung belajar tentang gerakan kesenian asing dari pada tarian daerahnya sendiri. Kejadian ini harus ditanggapi dengan serius.

Nah, sebelum membahas tentang pola lantai dari tari Piring, ada baiknya bagi Anda yang ingin tahu sejarah tari piring, silahkan – nanti – membacanya pada blog ini. Dengan begitu Anda mengetahui secara lengkap apa saja hal terkait pada tari Piring yang mempunyai banyak keunikan ini. Belajar tentang seni tari, memang banyak hal yang harus kita pelajari, bukan saja pola lantainya saja atau sejarahnya saja. Anda juga akan belajar apa kustom yang dipakai dan properti tarinya. Kabar baiknya, di blog ini sudah banyak dibahas mengenai itu semua, khususnya juga dibaha mengenai properti pada tari piring.

Informasi yang kami temukan bahwa pola lantai tari piring sangat berbeda dengan tari pada umumnya. Pada tari piring terdapat pola lantai yang kompleks. Hal ini karena gerakan tari Piring yang tidak sama dengan gerakan tari Saman.

Ada pun pendapat yang menyatakan pola lantai tari piring sebagai berikut:

Tari Piring via Pesona.Travel

Pola Lantai Tari Piring Yang Kompleks

Pola lantai digunakan dalam tari piring ini ialah spiral, berbaris, lingkaran besar dan kecil, vertikal, dan horizontal.

Dari jawaban diatas paling tidak ada 6 pola lantai yang digunakan pada tari piring. Pola lantai spiral memberikan kesan lembut. Kemudian masing – masing penari juga ditugaskan untuk membentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil pada tari piring.

Kemudian bergerak keatas dan kebawah berdasarkan pola lantai vertikal dan bergerak kesamping berdasarkan pola lantai horizontal.

Semua memberikan makna pola lantai tari piring kepada kita. Makna yang terkandung memberikan nilai dari filosopi kearifan lokal.

Gambar Pola Lantai Tari Piring

Berikut ini adalah gambar pola lantai yang cocok dengan gerakan tari piring. Mohon dikoreksi jika ada kekeliruan.

via Brainly

Guna mencocokkannya, mari kita lihat kreasi tari piring yang diperankan oleh anak – anak sekolah dasar berikut ini:

Selain itu pola lantai tersebut, dalam tari piring ini juga terdapat berbagai penempatan dengan level nan berbeda-beda, yaitu level bawah, level sedang, dan level atas. Untuk menentukan level biasanya pekerjaan pelatih tari yang sudah sangat paham akan hal tersebut.

Baca: Tarian Adat Sumatera Utara

Dari uraian diatas kami yakin Anda sudah tahu tentang pola lantai para tari piring. Jika ada yang tidak jelas atau kurang paham, silahkan tuliskan komentar kamu pada kolom dibawah. Atau jika Anda mau menambahkan, kami sangat berterima kasih.

Silahkan berkomentar