Pola Lantai Tari Jaipong dan Gambar serta Penjelasannya

Diposting pada

Pola lantai tari Jaipong adalah panduan gerakan tari yang dibawakan oleh penari, baik ketika latihan maupun diatas panggung. Adanya pola lantai membuat tarian jadi memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini dikarenakan setiap gerakan tari daerah berbeda -beda pola lantainya. Sebut saja, pola lantai tari Saman tidak sama dengan pola lantai tari Jaipong. Bukan cuma asal daerahnya saja yang berbeda. Meski sama-sama asalnya dari pulau Jawa, pola lantai tari Jaipong juga beda dengan pola lantai tari Merak.

Tari Jaipong terkenal di pulau Jawa dan merupakan aset budaya Indonesia. Mengenal tentang pola lantai dari kesenian tari Jaipong sama saja mengenal kesenian Indonesia yang sangat kaya. Sayang jika diabaikan begitu saja.

Informasi terkait dengan pola lantai tari Jaipong
via Tirto

Ada banyak pola lantai yang berlaku pada dunia seni tari.

Macam-Macam Pola Lantai

1. Pola Lantai Vertikal (lurus)

Maksud dari pola lantai ini adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu bisa garis lurus dari belakang ke depan atau garis lurus depan ke belakang. Pada umumnya, pola lantai vertikal banyak digunakan pada tari tradisional. Kesan yang ada pada pola lantai ini adalah kesan sederhana tapi kuat.

2. Pola Lantai Horizontal

Maksud dari pola lantai ini adalah penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. Pola lantai ini dipakai oleh tari Saman.

3. Pola Lantai Diagonal

Adapun maksud dari pola lantai ini ialah penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri atau sebaliknya.

4. Pola Lantai Garis Melengkung

Nah, pada pola lantai garis melengkung (melingkar) banyak dipakai pada tari rakyat dan tari tradisi dan memberi kesan lemah dan lembut.

Beberapa pola lantai jenis melengkung, yaitu: penari membentuk garis lingkaran. Pola lantai lengkung ular dan pola lantai angka delapan.

Dari paparan pola lantai diatas, sebenarnya masih ada lagi pola lantai yang ada, yakni pola lantai Zigzag. Jenis pola lantai ini datangnya belakangan sehingga tidak begitu populer.

Pola Lantai Tari Jaipong

Nah, yang jadi pertanyaan, masuk kemana pola lantai dari tarian Jaipong?

Pertanyaan ini harus segera mendapat jawaban. Karena di media komunikasai daring banyak pengguna internet yang sudah menunggu jawabannya.

Berdasarkan dari gerakan tari Jaipong dan informasi yang kami temukan. Dapat disimpulkan bahwa pola lantai tari Jaipong adalah pola lantai garis lurus (Vertikal) dan Zig-Zag.

Coba perhatikan gerakannya berikut ini:

Jika kamu masih butuh contoh lain, Anda bisa menemukannya di laman internet, baik blog atau Youtube.

Gambar Pola Lantai Tari Jaipong

Anda bisa melihat pada tanda garis panah berwarna merah. Itulah pola lantai pada tari Jaipong.

Penutup

Nah, akhirnya Anda sudah paham masuk dalam kategori mana pola lantai tari Jaipong. Yaitu masuk kedalam pola lantai garis lurus dan zig zag. Jika Anda mau menambahkan, silahkan tulis pada kolom komentar. Dan jangan sungakan untuk sampaikan kritik dan saran guna perbaikan informasi ini kedepan.

Silahkan berkomentar