22 Keutamaan Puasa Tarwiyah Menurut Hadist, Imam Ghazali dan Manfaat Lainnya

Diposting pada

Keutamaan puasa Tarwiyah ada banyak sekali jumlahnya. Saking banyaknya kita tidak kuasa untuk menghitungnya, baik keutamaan berdasarkan hadist dan pendapat ulama sampai manfaat dari aspek kesehatan dan materi. Jadi, dengan melakukan puasa Tarwiyah, manusia mendapatkan fadilah untuk didunia dan di akhirat kelak.

Mumpung saat ini sudah bulan Dzulhijjah, maka cocok sekali kami menyampaikan tentang apa saja keutamaan dari puasa Tarwiyah bagi umat Islam. Dengan mengetahui keutamaannya, maka dengan sadar manusia akan bergerak untuk berniat melakukannya. Jadi ada baiknya, sebelum berniat puasa Tarwiyah, kita belajar dahulu tentang fadilah –fadilah dari puasa Tarwiyah.

1. Keutamaan Puasa Tarwiyah Menurut MUI

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis mengatakan, umat Islam sangat membutuhkan pengampunan dari Allah. Karena itu, sudah seharusnya umat Islam berpuasa Arafah dan Tarwiyah di Bulan Dzulhijjah yang ditetapkan Allah sebagai salah satu bulan yang baik.

Puasa Arafah dan Tarwiyah sangat dianjurkan dilaksanakan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh jamaah haji sedang menjalankan ibadah di tanah suci. Hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah memang merupakan hari-hari yang istimewa.

“Jadi ada waktu-waktu di mana Allah memotivasi kita dengan caranya Allah bagaimana kita mendekati Allah. Jadi tidak ada yang lebih besar bagi kita adalah pengampunan, maka ada maghfiroh ada afwun. Kalau maghfiroh itu diampuni oleh Allah dan catatan pun tidak ada. Kalau afwun catatannya bada tapi oleh Allah tidak disiksa,” kata Kiai Cholil, dilansir Republika.

Keutamaan puasa Arafah ini tertuang dalam riwayat dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda: “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas”. (HR. Muslim).

2. Berdasarkan Kajian Imam Al Ghazali

Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Mukasyafatul Qulub juga membahas tentang keutamaan dari puasa Tarwiyah.

Menurut Al-Ghazali, keutamaan orang yang melaksanakan puasa Tarwiyah akan mendapatkan pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub atas penderitaannya. Ini dikisahkan bersumber dari riwayat Nabi Saw.,

وعنه صلی اﷲ عليه وسلم: من صام يوم الترويۃ اعطاه اﷲ مثل ثواب صبر ايوب عليه سلم علی بلاءه.

Dari Nabi shallallahu alaihi wasllam: “Barang siapa yang berpuasa pada hari tarwiyah maka Allah akan memberikan pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub as. atas musibahnya”

Kebesaran suatu cobaan kepada seseorang itu setara dengan ketebalan imannya. Kebesaran cobaan seseorang itu juga setara dengan pahala yang ia dapatkan dari kesabaran atas cobaan itu.

Beruntungnya, bagi ummat Muhammad Saw ada jalan pintas untuk meraih pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub alaihissalam yaitu dengan melakukan ibadah puasa Tarwiyah.

Kemudian keutamaan orang yang melaksanakan puasa Arafah menurut Al-Ghazali adalah ia akan mendapatkan pahala seperti pahala Nabi Isa alaihissalam. Sebagaimana hadis Nabi.

ومن صام يوم عرفۃ اعطاه اﷲ ثوابا مثل ثواب عيسی عليه السلام

Artinya: “Barangsiapa yang berpuasa pada hari arafah maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala Nabi Isa alaihissalam”

Dalam hadis lain diriwayatkan Nabi juga bersabda,

Pada hari arafah Allah akan membentangkan rahmatNya, sehingga barang siapa yang berdoa dalam urusan diunia maupun urusan akhirat maka Allah akan mengabulkannya.

Baca: Agar Tahan Puasa

Nah, Selain keutamaan diatas, ada baiknya kita ketahui keutamaan lainnya.

3. Hidup Tenang

Hidup tenang adalah sebuah pilihan banyak orang. Meski banyak masalah, dengan melakukan puasa Tarwiyah, hidup Anda akan lebih tenang dalam menghadapi masalah – masalah yang ada. Tidak stress dan mengambil langkah yang tidak bijaksana.

4. Usia Jadi Berkah

Keberkahan usia merupakan puncak harapan bag umat Islam. Dengan usia yang terus bertambah, akan sangat bahagianya jika terus mendapat keberkahan dari Allah Swt.

5. Obat dan Terapi Penyembuhan

Sudah banyak penelitian dari para medis, bahwa puasa dapat membantu proses penyembuhan bagi penyakit yang diderita.

6. Terhindar Dari Makan Secara Berlebihan

Ingat! Orang yang berlebihan adalah perbuatan yang tidak baik. Bahkan perbuatan mubazir adalah perbuatan setan. Dengan berpuasa Tarwiyah, kita dapat terhidar dari perbuatan setan tersebut. Cocok?

7.Terciptanya Pola Makan Yang Teratur

Pola makan yang teratur sebenarnya sudah diajarkan oleh agama Islam. Hanya saja banyak orang yang lambat memahami, khsusunya umat Islam sendiri. Semoga melalui puasa Tarwiyah ini dapat mengingat kembali tentang pentingnya pola makan yang teratur.

8. Waktu Istirahat Bagi Saluran Pencernaan

Ibarat sebuah perusahaan yang memiliki mesin untuk produksi dan tidak pernah berhenti beroperasi. Apa yang terjadi dengan mesin tersebut? Kemungkinan akan cepat mengalami kerusakan. Begitu juga bagi manusia yang alat pencernaannya tidak pernah istirahat, maka Anda sudah bisa menebak apa akibatnya.

9. Untuk Menghindari Resiko Terkena Darah Tinggi

Dampak dari penyakit darah tinggi ada banyak. Dan salah satunya adalah kematian. Anda mau terhidar dari dampak darah tinggi, ayo lakukan puasa Tarwiyah.

10. Imunitas Tubuh Bertambah Baik

Semakin bertambah usia, maka kekebalan tubuh atau imunitas tubuh akan mengalami penuruhan. Untuk tetap meningkatkan kekebalan tubuh tersebut, maka sebaiknya umat Islam beribadah puasa Tarwiyah.

11. Kadar Lemak Berkurang

Dikarena asupan makanan yang masuk kedalam tubuh berkurang alias tidak sama dengan biasanya, maka lemak bagi tubuh pun akan bekurang juga. Banyak orang yang alergi dengan kadar lemak ditubuhnya sampai –sampai melakukan sedot lemak. Padahal kalau mereka tahu manfaat dari puasa Tarwiyah, mereka tidak perlu melakukan perbuatan yang memakan biaya mahal itu. Uangnya bisa diinfaqkan kepada yang membutuhkan. Lemak berkurang, pahala bertambah. Aha!

12. Mengeluarkan Toksin Dalam Tubuh

Racun dalam tubuh merupakah musuh bagi kesehatan. Cara yang strategis adalah dengan berpuasa Tarwiyah. Dijamin, dengan cepat toksi dalam tubuh akan keluar.

13. Dapat Terhindar Dari Resiko Plak Jantung

Penyumbatan jantung umumnya disebabkan oleh penumpukan plak pada dinding pembuluh darah jantung. Jika mengalami penyakit ini, biaya yang akan dikeluarkan juga tidaklah sedikit. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa berpuasa Tarwiyah.

14. Diyakini Rezeki Akan Mengalir Deras

Sebahian manusia memang selalu terpancing dengan namanya materi. Salah satu upaya untuk melancarkan rezeki adalah dengan berpuasa. Ayo berpuasa Tarwiyah di bulan Dzulhijjah.

15. Hawa Nafsu Terkontrol Dengan Baik

Banyak orang khususnya umat Islam tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya. Sehingga mengakibatkan melakukan perbuatan yang tercela. Dan sudah banyak orang mencoba untuk berubah, hanya saja karena kalah dengan hawa nafsunya, maka perbuatan dosa terus terjadi.

Sebaiknya, lakukan puasa Tarwiyah pada bulan Dzulhijjah. Dan selama berpuasa perbanyak minta solusi dari Allah Swt guna bisa mengendalikan hawa nafsu.

16. Stabilitas Emosi Terjaga

Orang yang emosional tidak akan menjadi orang yang bijaksana. Dan untuk menjadi orang yang bijaksana, sebaiknya Anda tidak emosimal. Agar emosional berjalan stabil pada diri manusia, diperlukan melakukan puasa Tarwiyah.

17. Hidup Jadi Hemat

Tidak ada cost atau biaya keluar untuk makan siang dan beli jajanan di pasar. Uang yang ada bisa disimpan dan digunakan untuk keperluan yang lain. Inilah cara berhemat yang efektif yang diajarkan oleh agama Islam.

18. Meneladani Rasulullah SAW

Apa yang dikerjaakan oleh nabi Muhammad Saw sebaiknya kita sebagai umat Islam juga lakukan. Puasa Tarwiyah adalah aktivitas yang dilakukan oleh nabi Muhammad Saw pada masa hidup-Nya. Ada banyak keutamaan yang beliau sampaikan melalui hadist.

Dengan kita melakukan puasa Tarwiyah, maka kita telah meneladani nabi Muhammad Saw.

19. Muncul Rasa Simpati Kepada Fakir Miskin

Kita bisa saksikan banyak orang yang kelaparan karena tidak mempunyai biaya untuk membeli kebutuhannya. Puasa memang menyebabkan lapar, sehingga dalam posisi lapar itulah kita merasakan secara langsung apa yang orang miskin rasakan.

20. Stamina Maksimal

Banyak perang dalam sejarah umat Islam yang dilakukan oleh pasukan yang sedang berpuasa. Dan banyak pula yang memberikan kemenangan. Jadi salah besar pendapat yang menyatakan puasa membuat badan lemas. Kita harus banyak belajar dari arti sejarah ketika umat Islam sedang puasa dan ikut perang melawan musuh.

21. Menurunkan Kolesterol

Banyak orang menghabiskan uang untuk masalah kolestrol. Kini sudah ada cara cepat dan tanpa resiko untuk menghilangkannya. Yakni dengan berpuasa Tarwiyah pada bulan Dzulhijjah.

22. Solusi Bagi Orang Diet

Bagi Anda yang saat ini sedang melakukan diet, maka peluang baik ini jangan diabaikan begitu saja. Anda bisa memanfaatkan puasa Tarwiyah ini guna mencapai target diet Anda jadi lebih baik.

Kesimpulan

Meski hukumnya sunnah, namun puasa Tarwiyah sangat banyak sekali keutamaannya bagi yang mengamalkannya. Ganjaran pahala dan ampunan Allah Swt terbuka lebar pada puasa yang dilakukan di bulan Dzulhijjah ini. Sangat sayang sekali jika momentum baik ini diabaikan oleh umat Islam.

Ulama besar Imam Al Ghazali sudah menyampaikan bahwa salah satu keutamaan adalah yang mengamalkan akan mendapatkan pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub as dari Allah Swt.

Baca: Niat Puasa Arafah

Bagaimana pembaca yang budiman? Anda pastinya sudah tahu apa saja keutamaan dari puasa Tarwiyah. Pengetahuan tidak cukup jika tanpa amalan yang dilakukan. Maka, mari berpuasa tarwiyah di bulan Dzulhijjah yang penuh barokah.

Credit:

Beberapa rujukan dalam menulis artikel ini untuk pembaca. Anda bisa telusurinya jika ingin perluas wawasan lagi.

_https://www.niatpuasa.com/keutamaan-puasa-tarwiyah/

_https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/08/29/ovfeph377-keutamaan-puasa-tarwiyah-dan-puasa-arafah

_https://bincangsyariah.com/kalam/keutamaan-puasa-tarwiyah-dan-arafah-menurut-al-ghazali/

Silahkan berkomentar