Pengertian Sejarah Menurut Moh Ali, Lengkap Dengan Penjelasannya

Diposting pada

Pengertian sejarah menurut Moh Ali mempunyai makna tersendiri. Ilmuwan yang nama lengkapnya adalah R. Mohammad Ali (R.Moh Ali) menyampaikan arti dari sejarah melalui buku karyanya yang berjudul : “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” yang dterbitkan oleh penerbit Brarata dizaman dahlu dan sejak lama hilang, kini buku tersebut muncul lagi dengan terbitan dari LKiS pada tahun 2005. Sampai sekarang tidak ada yang tahu apa kepanjangan dari huruf “R” yang tersemat pada nama Moh Ali.

R. Mohammad Ali (senandika)

Pengertian Sejarah Menurut Moh. Ali dan Penjabarannya

“Sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau”

Pendapat Moh Ali

Jika ditafsirkan secara sederhana berdasarkan pengertian diata, maka sejarah dapat dimaksudkan sebagai keseluruhan kumpulan perubahan dan kejadian. Bicara tenang keseluruhan, maka kita tidak bisa memisahkan antara satu dengan yang lainnya. Apa saja yang termasuk dalam keseluruhan untuk membuktikan perubahan dan kejadian harus diikut sertakan.

Perubahan dan kejadian harus benar – benar terjadi, bukan rekaan semata. Siapa aktornya, dimana, kapan, apa dampaknya, serta syarat – syarat lainnya harus bisa terjawab untuk membuktikan kebenarannya. Jika tidak benar – benar terjadi, maka itu bukanlah dikatakan sebagai sejarah berdasarkan definis sejarah menurut Moh. Ali.  

Lalu, dalam pengertian lanjutannya, Moh. Ali pertegas lagi bahwa bicara sejarah, tidak bisa dilepaskan dari Ilmu. Karena dengan ilmu semuanya yang terkait dengan sejarah akan diselidiki berdasarkan kebenaran ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan kepada sejarah itu sendiri, apakah benar atau tidak. Karena banyak terjadi penyelewengan sejarah disebabkan tidak disandarkan pada keberadaan ilmu. Dengan ilmu, apa – apa saja yang terjadi dimasa lampau dan hal terkait lainnya dapat di sajikan secara baik dan benar. Jika sejarah disajikan dengan baik dan benar, maka penerima informasi akan memahaminya dengan mudah dan tanpa adanya paksaan.

Kemudian, arti sejarah menurut Moh. Ali diatas dapat kita lihat pada buku: “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” karya Moh Ali yang bisa Anda baca dengan membelinya di tko buku terdekat. Atau dapat juga meminjam pada perputakaan yang ada di sekolah, kampus atau perpustakaan daerah di kota Anda tinggal.

Buku Moh Ali (senandika)

Baca juga: Pengertian Sejarah Menurut Moh Yamin

Berdasarkan informasi dari laman Wikipedia, pada buku tersebut, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:

1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

Maksudnya, sejarah sangat berkaitan dengan kwantitas dari perubahan, kejadian atau peristiwa berdasarkan fakta yang benar -benar terjadi. Fakta yang ada haruslah berada disekitar kita, tidak terlalu jauh. Sehingga kita bisa menjadi mudah untuk melakukan penyelidikan untuk menemukan kebenaran dari sejarah yang ada.

2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

Tidak hanya menjelaskan tentang kwantitas secara matetamtika, sejarah ditegaskan oleh Moh. Ali haruslah menggambarkan tentang alur cerita tentang perubahan. Dengan adanya alur cerita, maka akan ada kait mengkait antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lainnya. Kaitan yang terjadi akan menyajikan tentang sejarah itu sendiri.

3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

Baca juga: Pengertian Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

Kemudian, Moh Ali juga mempetegas lagi, bahwa sejarah adalah sebuah ilmu yang mempunyai tugas untuk menyelidiki perubahan-perubahan. Bacara ilmu, maka sejarah memang tidak bisa diartikan tanpa adanya unsur – unsur ilmu yang meliputunya. Salah satu syarat ilmu adalah dapat dipertanggung jawabkan secara akademis berdasarkan metodologi ilmiah.

Seorang yang ingin memberikan kesaksian tentang sejarah, maka harus dilandasi pada ilmu yang terkait. Tidak bisa hanya berdasarkan asumsi saja. Hal ini tentu sangat relevan dengan bukti yang harus di sajikan.

Ini Pengertian Sumber Sejarah Menurut R. Moh Ali

Kami tidak hanya membahas mengenai pengertian sejarah saja, namun kami juga membahas tentang pengertian sumber sejarah.  

R. Moh Ali juga menyampaikan tentang teori sumber sejarah dan memberikan penjelasannya. Moh Ali menyebutkan bahwa:

“Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud, serta berguna bagi penelitian sejarah Indonesia sejak zaman purba sampai dengan sekarang.”

Penjelasan dari pengertian sumber sejarah diatas adalah yang dimaksud dengan berwujud menurut  adalah sumber-sumber yang berupa tulisan, maupun yang berbentuk benda. Sedangkan yang tidak berwujud menurut Moh Ali adalah sumber sejarah yang berbentuk lisan.

Kedua sumber tersebut memberikan kontribusi penting untuk sejarah itu sendiri.

Baca juga: Pengertian Sejarah Menurut Herodotus

Moh Ali Dan Sejarahnya Yang Misterius

Walau dikatakan sebagai ilmuwan Indonesia pada masa lau, namun keberadaan Moh Ali tidak sepopuler Moh Yamin, mengapa? Pertanyaan ini terjawab karena beberapa spekulasi yang berkembang. Salah satunya bahwa buku karya Moh Ali yang berjudul : “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” pada masa lalu diterbitkan oleh pernebit yang terdeteksi dengan gerakan komunis. Jika penerbitnya dicurigai sebagai komunis, bagaimana dengan penulis pada penerbut tersebut? Inilah alasan yang membuat Moh Ali tidak begitu populer.

Selain itu, keluarga Moh Ali juga sangat susah ditelusuri jejaknya. Menurut laman senandika.web.id menyatakan bahwa:

“Penerbit LKiS yang menerbitkan kembali salah satu karya R. Mohammad Ali berjudul “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” tidak berhasil menemukan keluarga atau ahli warisnya. Walhasil buku tersebut diterbitkan LKiS pada tahun 2005 tanpa ditemukan pemegang hak ciptanya. Selain keluarga R. Mohammad Ali yang tidak dapat ditemukan, penerbit Brarata selaku penerbit pertama buku tersebut juga sudah tidak bisa dilacak lagi keberadaannya.”

Baca juga: Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

Lanjut blog tersebut menyatakan:

“Kemisteriusan R. Mohammad Ali nampaknya telah dimulai sejak dirinya masih aktif menulis. Sejak berkiprah dalam Balai Pendidikan Guru, R. Mohammad Ali seringkali menerbitkan tulisan-tulisan anonim. Dikemudian hari barulah R. Mohammad Ali mengakui bahwa dialah pengarang dari tulisan-tulisan tersebut. Pengakuan tersebut ia tuliskan dalam kata pengantar edisi pertama buku “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” yang diterbitkan tahun 1962.”

Riwayat terkait R. Mohammad Ali yang berselimut misteri terutama riwayatnya pasca masa pemerintahan Sukarno kemungkinan terkait erat dengan pemikiran dan pilihan politiknya. Pilihan politik memang membuat lawan politik tidak bisa berpikir objektif. Karena bisa saja lawan keberadaan lawan politik akan membahayakan lawan politiknya. Ada adagium dalam dunia politik, yaitu: “Tidak ada musuh abadi, yang ada kepentingan yang abadi”.

Meski begitu, teori pemikiran Moh Alim masih banyak dipakai oleh sekolah – sekolah yang ada di Indonesia.

Kesimpulan

R. Mohammad Ali adalah nama asli dari Moh Ali. Dan beliau adalah penulis buku “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” yang diterbitkan pada tahun 1962. Pengertian sejarah menurut Moh Ali menjadi referensi disekolah sampai sekarang. Riwayatnya yang dinilai misterius adalah sejarah yang tidak bisa dibantah.

Kini Anda sudah tahu siapa ilmuwan Moh Ali dan sekilas tentang sejarah hidupnya yang misterius. Bagikan informasi ini kepada teman – teman Anda dan rasakan manfaatnya.

3 komentar

Silahkan berkomentar