Pengertian Sejarah Menurut Moh Yamin dan Penjabarannya

Diposting pada

Pengertian sejarah menurut ilmuwan Muhammad Yamin (Moh Yamin) sangat penting untuk diketahui bagi mereka yang ingin memahami betul apa itu sejarah. Karena definisi sejarah yang disampaikan oleh Moh Yamin – menurut hemat kami – lebih mengedepankan studi yang empiris bukan fiksi. Maka dari itu, kami rasa penting mempublikasikan pendapat Moh Yamin pada blog ini terkait mencari arti sejarah guna dijadikan referensi. Meski beberapa waktu lalu kami sudah menyampaikan dari sudut padang yang berbeda dan dari ahli sejarah lain. Kami pernah membahas pengertian sejarah menurut para ahli, kami juga pernah menulis pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun dan pengertian sejarah menurut Herodotus. Guna melengkapi literasi, kami rasa tidak cukup jika hanya itu saja, bukan?

Apa yang menarik dari pengertian menurut Moh Yamin ini? Yang pertama adalah karena beliau ahli sejarah berkebangsaan Indonesia. Ini membuktikan bahwa untuk menjelaskan sejarah tidak hanya merujuk kepada toeri yang dilahirkan dari pemikiran barat saja. Ilmuwan dalam negeri juga bisa menyampaikan teori terkait sejarah dengan argumentasi yang ilmiah.

Hal menarik yang kedua adalah, ahli sejarah asal Sumatera Barat ini beragama Islam sama dengan ilmuwan Ibnu Khaldun. Referensi ilmu sejarah supaya berimbang hendaknya jangan dimonopoli dengan pemikiran barat saja. Agar objetif, teori sejarah harus ada perbandingan dengan ilmuwan muslim juga.

Moh Yamin (foto:Google)

Pembahasan

Baiklah, langsung kita bahas apa sejarah menurut Moh Yamin.

Moh Yamin menyatakan :

“Sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.”

Pengertian sejarah menurut Moh Yamin.

Dari teori yang disampaikan Moh Yamin diatas, ada beberapa kata krusial yang menarik untuk ditelaah lebih lanjut, yaitu : Ilmu Pengetahuan, Disusun, Hasil Penyelidikan, sumber peristiwa dan dapat dibuktikan dengan kenyataan.

Bicara tentang sejarah, maka harus memenuhi syarat dari suatu yang namanya ilmu pengetahuan. Jika tidak memenuhi unsur, maka bisa diabaikan oleh siapa saja. Dengan metodologi yang ilmiah, berdampak pada hasil yang bisa di pertanggung jawabkan secara akademis, baik nasional maupun internasional.

Kemudian pria yang dikenal sebagai Ahli Hukum ini juga menyatakan bahwa perlunya Disusun hasil penyelidikannya terkait dengan sejarah. Disusun dapat dimaksudkan diurutkan secara sistematis. Dimana dari susunan yang sistematis akan saling melengkapi dan menguatkan antara susunan yang pertama, tengah dan susunan yang terakhir. Jangan sampai terjadi salah dalam menyusun. Karena hal itu akan menyebabkan ambiguitas teori.

Lalu, hasil penyelidikan harus mempunyai sumber yang akurat. Jika bicara sejarah, maka kita bicara tentang Peristiwa yang terjadi. Tidak bisa masuk kategori jika hasil penyelidikannya tidak bersandar pada beberapa peristiwa, melainkan kepada rekaan saja. Atau yang lebih fatal lagi bersumber kepada khayalan semata. Bicara peristiwa, maka ada beberapa objek yang harus ada, pertama: siapa, dimana dan kapan. Ketiga unsur ini adalah objek yang masih standar. Karena ada lagi objek lain yang sangat penting untuk di lakukan penelitian juga.  

Pendapat Moh Yamin yang terakhir adalah terkait dengan sejarah harus dapat dibuktikan dengan kenyataan. Dikatakan percuma jika sebuah ilmu pengetahuan yang sudah disusun atas dasar hasil penyelidikan namun tidak dapat dibuktikan dalam kenyataan. Ini sama saja bohong. Moh Yamin tidak menyatakan sejarah adalah hasil rekayasa, namun benar harus ada nyata. Makanya, jika teori sejarah tidak bisa dibuktikan bisa di tolak. Proses pembuktian ini pastinya ada banyak hal yang terkait. Misalnya, sejarah yang membicarakan objek-nya adalah manusia, apakah ada sampai sekarang keturunannya sebagai bukti dia pernah hidup. Kemudian jika dia seorang penulis, apa buku yang sudah dikarangnya. Atau jika dia seorang pemimpin, maka negara mana atau masyarakat mana yang dia pimpin dan berapa lama dia memimpin-nya. Semua ini harus mendapatkan pembuktian yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk kenyataan.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah, harus ada keterkaitan di era sekarang dengan masa lalu atau masa yang sudah berlalu. Karena keberadaan sekarang adalah sebab dari masa lalu. Dengan keterkaitan ini, maka lahirlah sebuah alur sejarah yang saling mengisi ruang dan waktu secara nyata.

Kesimpulan

Dari pendapat tentang pengertian sejarah menurut Moh Yamin ini, satu hal yang penting dan begitu kuat adalah bahwa beliau menginginkan kebenaran dari sejarah. Ya kebenaran tentang suatu peristiwa di masa lampau yang bukan rekaan saja. Dari kebenaran akan lahir penerimaan yang baik oleh generasi masa sekarang dan membunuh yang namanya pembohongan sejarah atau sejarah yang dibelokkan.

Contoh sejarah yang benar di Indonesia adalah tentang Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G-30 S PKI) yang sampai sekarang susah untuk dilupakan. Bagaimana para pahlawan Indonesia di culik pada dini hari kemudian dibunuh. Saksi sejarahnya masih banyak hingga saat ini dan bisa tidak susah dijadikan bahan untuk pembuktian.

Mungkin sejarah G 30 S PKI adalah kriteria yang dimaksud oleh teori pengertian sejarah versi Moh Yamin. Karena ada objek yang bisa dibuktikan dari peristiwa-peristiwa yang ada. Dan pastinya, masih banyak lagi sejarah yang relevan dengan teori ilmuwan yang di nobatkan sebagai pahlawan Indonesia ini.   

Sekilas Tentang Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H.

Nama lengkapnya adalah Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H. dan tempat kelahirannya adalah di Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat. Sedangkan waktu lahirnya berdasarkan kalender masehi adalah  24 Agustus 1903. Selama 59 tahun hidup kemudian meninggal di Jakarta pada tangal 17 Oktober 1962.

Moh Yamin (Muh Yamin) ialah seorang ilmuwan yang kompleks. Beliau dikenal sebagai sastrawan yang lihai dalam mengemas kata jadi menarik sehingga memiliki makna yang sangat dalam. Kemudian beliau juga di kenal sebagai budayawan, politikus, dan ahli hukum yang telah dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia.

Moh Yamin ternyata bukan sebagai sejarawan saja, beliau menguasai berbagai disiplin ilmu lainnya. Luar biasa.

Baca : Ulama Aceh Yang Terkenal

Oke, kami rasa karena keterbatasan waktu, maka sekian dahulu informasi tentang pengertian sejarah menurut Moh Yamin. Semoga saja apa yang disampaikan ini memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian. Jangan sungkan untuk sampaikan kritik dan saran demi kemajuan bersama.

2 komentar

Silahkan berkomentar