13 Jajanan Enak Di Kota Medan yang Sehat dan Murah

Diposting pada

Jajanan enak di kota Medan tersedia di banyak tempat atau lokasi. Hampir disetiap kecamatan yang ada di Medan menyediakan jajanan yang layak di coba oleh pemburu rasa. Ada makanan tradisional Sumatera Utara dan jajanan modern sesuai dengan cita rasanya masing – masing.

Sebagai kota terbesar ketiga, tidak salah jika banyak pengunjung yang datang ingin mengeksplore kuliner yang ada di kota Medan. Mulai dari kuliner makanan pokok berupa nasi, sampai makanan sekunder seperti mie sampai oleh-oleh atau jajanannya.

Kota Medan pun tidak pernah mau mengalah. Berbagai kuliner khas siap dijajakan oleh para pedagang, mulai dari pedagang kali lima sampai pedagang model market modern. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari ribuan sampai ratusan ribu.

Baca: Tempat Makan Seafood di kota Medan

Disaat yang sama, gempuran jajajan baru terus hadir, namun tidak semua warga kota Medan menyambutnya. Beberapa jajanan baru yang dikemas sedemikan rupa harus gulung tikar karena sepi pembeli. Ya, lidah memang tidak bertulang. Rasa tidak bisa dibohongi. Jika memang sesuai dengan lidah, dimana pun akan dikejar oleh manusia. Apalagi saat ini sudah banyak tersedia layanan pesan antar makanan dengan memakai sistem alat pembayaran non tunai.

Pada kesempatan yang lalu, kami sudah menulis mengenai tempat makan keluarga di kota Medan dan tempat makan murah di kota Medan. Penulisan dilanjutkan dengan tempat nongkrong di Medan dan tempat sarapan di kota Medan. Semua artikel yang sudah tertulis dan belum tertulis merupakan arsip blog yang diharapkan memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman.

Ok, kita kembali kepada topik tulisan ini. Satu persatu kita bahas mengenai apa saja jajanan enak di kota Medan dan berapa harga serta dimana alamatnya.  

1. Risol Spesial Khansa

Gambar terkait dengan informasi jajanan enak di kota Medan
Risol Spesial Khansa (Instazu)

Adalah salah satu kue khas nusantara yang bisa kita jumpai di banyak daerah di negara Indonesia. Risol terbuat dari kulit dadar yang berisi sayur-sayuran, namun Risol spesial Khansa ini agak sedikit lebih istimewa dari risol pada umumnya. Sebab Risol Khansa berisi sayur -syuran dengan irisan daging ayam dan kentang giling yang pastinya sangat enak untuk kita nikmati. Warung risol yang terletak di jalan Gurila ini juga memiliki beberapa menu lain diantaranya kroket dan lemper daging ayam. 

Baca: Jasa Layanan Aqiqah Medan

2. Rujak Kolam

Related image terkait dengan artikel jajanan enak yang ada di kota Medan sekitarnya
Rujak Kolam (Pergikuliner)

Sebuah makanan khas nusantara yang bisa kita jumpai hampir diseluruh penjuru negeri, Tentu dengan cita rasa yang berbeda di setiap tempatnya. di kota Medan anda juga bisa dengan mudah menemukan kuliner yang satu ini. Rujak kolam, begitu biasanya orang  medan menyebutnya. makanan yang terdiri dari potongan beberapa jenis buah yang disiram kuah rujak khas medan akan terasa segar ketika disantap disiang hari yang terik.

Makanan ini terletak di dekat Kolam Deli serta Masjid Raya Al Mashun. Penjual rujak disini lumayan ramai dan yang pastinya padat oleh pengunjung. untuk menikmati kuliner ini anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.20.000

3. Durian Medan

Info gambar terhubung dengan artikel jajanan yang enak di kota Medan
Durian Medan (Kompas)

Berlibur ke kota medan terasa tak lengkap jika anda tidak menikmati buah yang satu ini. kapan pun anda datang ke medan anda tetap bisa menikmati buah berduri ini. ada beberapa tempat yang bisa anda datangi untuk menikmati buah durian diantaranya Kedai Ucok durian yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim dan si Bolang yang ada di jalan Iskandar Muda.

Baca: Tempat Makan Pedas di kota Medan

4. Bakso Methodist

Bakso Methodist (Travellingyuk)

Kuliner ini disebut demikian karena dulunya berlokasi di samping kampus Universitas Methodist Indonesia. Seporsi bakso kuliner legendaris Medan ini terdiri dari bola daging, mie kuning, bihun, kwetiau, kecambah, jeroan serta irisan daging. Belum lagi kaldunya yang bearoma sedap. Porsinya memang besar, namun bagi kamu yang biasa dengan porsi yag sedikit bisa memesan setengah porsi saja.

Lihat: Catering di kota Medan

5. Mie Pecal Pak Yus

Mie Pecal Pak Yus (kenalibudaya)

Makanan ini banyak ditemukan di Medan. Seporsi kuliner ini terdiri dari mie kuning yang dicampur dengan bihun. Kemudian ada tambahan potongan bakwan yang memiliki cita rasa unik. Kemudian, mie tersebut disiram dengan bumbu pecel. Rasanya nikmat, sementara harganya murah meriah, termasuk mie pecal buatan Pak Yus.

6. Martabak Piring Murni

Martabak Piring Murni (CeritaMedan)

Sudah bosan dengan martabak biasa? Kamu wajib coba martabak piring yang cukup legendaris di Medan. Letaknya di Jalan Surabaya No. 39. Sesuai dengan namanya, camilan ini dicetak menggunakan piring di atas tungku arang. Kamu bisa memesan martabak tipis atau tebal dengan topping keju, meses, serta cokelat. Bungkusnya pun unik dengan menggunakan daun pisang. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Baca: Nasi Kotak Medan

7. Mie Aceh Titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok (Ist)

Tidak hanya kondang di kampung halamannya, tapi juga menjadi kuliner di Medan yang terkenal. Salah satu yang mencuri perhatian banyak orang adalah Mie Aceh Titi Bobrok yang terletak di Jalan Setia Budi No.17 D. Tak hanya rempah yang menyatu dengan mie, kepiting yang jadi topping-nya pun berukuran jumbo. Tentu puas banget makan di warung ini.

Lihat: Mie Enak di kota Medan

8. Sate Padang Al Fresco

Sate Padang Al Fresco (Asokaremadja)

Sate Padang juga menjadi makanan wajib yang harus kamu coba saat liburan ke Medan. Penjualnya banyak, tapi sayang jika tak mampir ke warung Sate Padang Al-Fresco. Disajikan di atas piring dengan alas daun pisang, sate ini memiliki tekstur lembut ketika digigit. Sedangkan sambalnya begitu pekat lengkap dengan taburan bawang goreng yang menggoda. Rasanya enak banget.

9. Wajir Seafood

Wajir Seafood (Tripadvisor)

Selain Mie Aceh Titi Bobrok, ada rumah makan lain yang menyajikan makanan laut dengan rasa istimewa. Namanya Rumah Makan Seafood yang juga dikenal dengan nama Wajir Seafood. Alamatnya di Jalan Kolonel Sugiono No.31 dengan sajian seafood segar yang menggugah selera. Saat mampir ke sini, kamu wajib mencoba kepitingnya.

10. Es Krim Tip Top

Es Krim Tip Top (Ksmtour)

Restoran Tip Top merupakan salah satu satu toko legendaris di Medan. Surganya dessert ini sudah ada sejak era kolonial dan sudah difavoritkan banyak orang. Menu andalan di sini adalah es krim yang teksturnya lembut saat di lidah. Nah, kamu yang penasaran dengan berbagai menu di restoran ini, singgahlah ke Jalan Ahmad Yani. Jangan lupa mencoba kue-kue legit yang cocok menjadi teman di sore hari.

11. TST Pak Haji

TST Pak Haji (Tribunnews)

Teh Susu Telur merupakan salah satu wedangan paling difavoritkan oleh warga Medan. Tempat yang paling terkenal dengan menu ini adalah TST Pak Haji yang sudah populer sejak tahun 1960-an. Letaknya yang berada di Jalan Puri tak pernah sepi oleh pembeli. Paduan teh, susu, serta telur dari bebek atau ayam kampung tak pernah berubah. Kamu yang butuh stamina untuk jelajah kota Medan, wajib coba minuman khas Medan yang ini.

12. Pokat Kocok

Pokat Kocok (Travellingyuk)

Baru-baru ini es pokat kocok tengah hits di sosial media. Sangat sederhana, minuman ini terbuat dari alpukat yang dihancurkan dan kemudian ditambah dengan susu serta gula merah. Sebelum populer, Es Pokat Kocok Bu Lia sudah dikenal banyak orang. Bahkan, banyak orang yang rela antre berjam-jam demi mendapatkannya. Jika Anda hendak beli pokat kocok disini, maka Anda harus cepat datang jangan sampai kelamaan.

Baca: Rental Mobil Medan Tembung

13. Molen Mantap

Info yang berhubungan dengan jajanan enak di kota Medan Sumatera Utara
penampakan dari samping (istimewa)

Berlokasi di simpang jalan meteorologi pas di pinggir jalan akan dijumpai jajanan enak untuk dikunyah yang bernama Molen Mantap. Sampai kini makanan jenis ini terus ada dan tidak bisa dipisahkan dari warga Medan. Maka dari itu, tiada salahnya Anda coba yang ini.

Harga pisang molen mantap ini adalah Rp 500 an untuk satuannya. Beda dengan yang lain, pisangnya tampak lebih besar jika Anda membelinya. Warnanya pun tidak kuning, melainkan agak sedikit hitam, hampir gosong. Namun rasanya tetap enak di mulut.

Buka sekitar pukul 10.00 pagi dan tutup pada pukul 16.00 wib.

14. Risol Ummu

Sebuah gambar yang terkait dengan jajanan enak Medan
desain dalam Risol Ummu (istimewa)

Alamat dijalan Setia Budi No. 3 Tanjung Sari Kota Medan (lihat peta) | No kontak : +62 812-6383-4834.

Sebuah cake shop yang dikenal sebagai pusat jajanan dan oleh-oleh di kota Medan yang sedang tren digandrungi semua kalangan, mulai remaja sampai dengan orang tua.  

Varian risol dengan rasa daging yang enak dilidah dan sangat cocok di sebut risol Medan. Menu lain yang tidak kalah enak, yaitu lemper ayam, timpan, kue lumpur dan masih banyak lagi. Semuanya sudah mendapat sertifikasi halal MUI dan dijual dengan harga mulai Mulai rp 3000-an saja.

Baca : Tempat Wisata di Medan Johor

Kami padakan dahulu mengenai informasi jajanan enak di kota Medan. Kedepan akan dilakukan pembaharuan secara berkala jika memang dibutuhkan. Jangan sungkan untuk memberikan komentar kepada kami demi kemajuan blog ini.

3 komentar

Silahkan berkomentar