12 Tempat Makan Keluarga di Medan Enak, Dari Murah Sampai Mahal

Diposting pada

Tempat rumah makan keluarga enak di kota Medan merupakan magnet yang terus menarik mereka yang suka makan diluar rumah. Mereka adalah pemburu kuliner yang tidak pernah puas dengan satu rasa saja. Terus dan terus mencari sajian makanan mana yang benar – benar maknyus di lidah.

Uniknya, mereka yang suka dengan makanan enak di kota Medan ini bukan cuma satu orang saja, melainkan satu keluarga. Ya, memang dari dulu sampai kini, ada beberapa keluarga yang lebih senang makan diluar daripada makan di rumah. Atau untuk hari-hari tertentu, mereka jadwalkan makan bersama di luar.

Lantas, dari banyaknya tempat makan di Medan, manakah yang cocok untuk keluarga? Apakah makanan tradisional Sumatera Utara atau yang makanan Western?

Pertanyaan diatas yang mendorong kami untuk mencari dan terus mencari rumah makan mana yang layak disajikan. Kemudian terkumpullah sebanyak puluhan daftar yang berhasil kami buat list-nya. Namun tidak sampai belasan yang berhasil kami rekomendasikan.

Inilah Tempat Makan Keluarga di Medan Yang Wajib Anda Pertimbangkan

1. Warung Sate Memeng

via Travellingyuk.com

Kota medan adalah salah satu kota terbesar di pulau Sumatera. Ibu kota propinsi Sumatera Utara (Sumut) ini dikenal sebagai tempatnya makanan enak.  Salah satu yang selalu diburu karena cita rasanya yang tak terlupakan adalah Sate Memeng. Terletak di Jalan Irian Barat No. 2, Gang Buntu kota Medan, Anda akan sangat mudah menemukan tempat ini sebab hampir setiap hari warung ini tak pernah sepi pengunjung.

Nama Memeng berasal dari nama sang peracik sate pertama kali yaitu H. Muhammad Saimin yang akrab dipanggil Memeng. Racikan satenya sudah dijajakan sejak tahun 1945. Menu yang ditawarkan warung sate Memeng antara lain sate daging sapi, ayam, hati, usus dan campur. Bumbu atau kuah satenya bisa memilih antara sambal kacang, kecap atau kuah sate Padang. Tidak hanya jenis sate, warung ini juga menawarkan menu lain yang tak kala sedap yaitu mie rebus yang juga jadi favorit banyak pengunjung.

Anda bersama keluarga perlu datang kemari karena banyak dilihat memang banyak keluarga – keluarga di Medan makan di Sate Memeng.

Lihat: Catering Yang Ada di Kota Medan

2. Soto Rumah Makan (RM) Sinar Pagi

via Blogger

Kota Medan dikenal juga dengan surganya makanan. selain Sate Memeng ada lagi kuliner bersejarah di kota Medan yaitu Soto Medan.  Soto ini mempunyai kuah santan yang kental dan berwarna kuning kehijauan sebagai ciri khasnya serta penggunaan jintan pada bumbunya yang membuat rasa Soto Medan menjadi segar ketika disantap.

Rumah Makan Sinar Pagi adalah pilihan yang sangat tepat bagi anda yang ingin menikmati soto khas Medan ini. Rumah Makan Sinar Pagi berada di jalan Sei Deli no 2D, Silalas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Soto di rumah makan ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan dari luar kota Medan.

Soto Medan di sini rasanya memang sangat nikmat dan maknyus. Rempah – rempahnya sangat terasa, sehingga sotonya memiliki ciri yang gurih, segar dan sekaligus menghangatkan tubuh karena rempah-rempahnya yang begitu mendominasi. Paling asyik menikmati sotonya bersama nasi panas dan pergedel kentang serta rempeyek udang. Mantap!

3. Mie Aceh Titi Bobrok (Tibor)

via makanmana.com

Mie Aceh, berbeda dari namanya ternyata kuliner ini adanya di kota Medan. Jika anda berwisata kuliner di kota Medan maka Anda akan muda menjumpai kuliner yang satu ini, namun citarasa yang di sajikan di Mie Aceh Titi Bobrok ini sangat berbeda dari yang lainnya. Rasa kuah yang gurih dan wangi kaya akan rempah membuat rasa nikmat mie semakin menggugah selera. Disajikan bersama irisan acar bawang dan jeruk nipis serta ditemani dengan emping melinjo, irisan mentimun tiap porsinya, Mie Aceh Titi Bobrok tidak ada tandingan.

Bagi Anda yang tidak menyukai kepiting, cumi dan udang, anda juga bisa mencoba mie Aceh biasa, mie Aceh daging, atau mie Aceh telur. Untuk harganya tidak perlu kuatir, harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp 10 ribu hingg Rp 40 ribu per porsi, tergantung keinginan pengunjung ingin memakai tambahan apa pada mienya. warung ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Baca: Soto Enak di Medan

4. Mie Ayam Jamur Special H. Mahmud S

via Tribunnews

Mie ayam Jamur  H. Mahmud, tidak seperti namanya ternyata tempat makan yang satu ini memiliki 60 jenis menu yang bisa anda pilih. Namun menu Mie Ayam Jamur Spesial Mahmud adalah menu yang paling banyak difavoritkan oleh pengunjung yang datang ke tempat ini.

Khusus menu mie ayam, ada tiga varian berbeda yang bisa kita nikmati yaitu Mie Ayam Jamur Spesial, Mie Ayam Biasa, dan Mie Ayam Pangsit. Ketiga menu memang cukup spesial karena disajikan dengan bumbu dan bahan – bahan yang sangat spesial sehingga menghasilkan rasa yang enak. Mie yang digunakan adalah mie yang dibuat sendiri sehingga kehigienisannya tetap terjaga.

Mie Ayam Jamur Mahmud ditawarkan dengan harga mulai Rp 14 ribu sampai Rp 20.500 saja. Anda ingin mencobanya silahkan datang ke warung Mie Ayam Spesial Mahmud yang berada dijalan Abdullah lubis. Mie Ayam Jamur Mahmud buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 23.00 WIB. Berdekatan dengan masjid Al Jihad.

5. Restoran Garuda

via tripadvisor.com

Restoran Garuda bisa menjadi salah satu pilihat tepat bagi anda yang sedang berwisata di Sumatera Utara khususnya kota medan dan sedang rindu dengan masakan rumah. Restoran Garuda menawarkan kepada Anda berbagai jenis makanan rumahan dengan ciri khas masyarakat Medan.

Restoran Garuda menawarkan berbagai menu makanan khas Minang dan Melayu. Dengan varian menu yang beragam, lidah Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang tak terlupakan. Selain menu utama restoran ini juga menyediakan menu disert atau makanan ringan sebagai penutup.

Selain menu makanan beragam Restoran Garuda juga memiliki tempat yang sangat nyaman sehingga anda merasa betah berlama-lama di restoran ini. Di kota Medan, Restoran Garuda terletak di beberapa titik yang mudah untuk dijangkau diantaranya, jalan Adam Malik, Jl.A.R.Hakim, Jl. Gajah Mada. restoran ini buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

6. Rumah Makan Sederhana

via tripadvisor.com

Hampir sama dengan konsep Restoran Garuda, Rumah Makan Sederhana juga menyediakan menu makanan khas rumah yang bisa membuat lidah anda bergoyang. Menu yang ditawarkan dari rumah makan ini adalah menu masakan khas Padang. Bagi anda pecinta masakan Padang maka rumah makan ini sangat tepat menjadi pilihan bagi anda.

Baca: Sop Enak di Kota Medan

7. Desa-Desa Resto & Cafe

via Youtube

Rimbun pohon bambu membuat seisi area restoran menjadi teduh. Dinding dan tiang bambu, kursi kayu, atap rumbia, lukisan bertema pemandangan pedesaan, hiasan lampu dari batu, sepeda jadul, lantai berupa paving block, musik etnik instrumental, desir angin yang menimbulkan gemerisik daun bambu. Praktis, berada disini seakan menyeret alam pikiran ke suasana pedesaan yang damai dan menenangkan, seperti pedesaan di Bali yang indah dan menawan. Tirai berupa kain putih berpita merah berfungsi sebagai sekat sekaligus hiasan manis. Malam hari, lampu-lampu, lilin dan obor dihidupkan, sinarnya hanya temaram, tapi justru melahirkan kesan romantis yang mendalam.

Begitulah gambaran suasana di Desa-Desa Resto & Cafe. Terletak di Jalan Setia Budi No 190/12, Medan Sunggal, Kota Medan. Menu yang disajikan di Desa-Desa Resto & Cafe tentu saja adalah makanan Indonesia. Agar Budget makan Anda lebih hemat, di Desa-Desa Resto & Cafe disediakan paket, seperti paket bebek bakar Desa-Desa, paket ayam bakar taliwang, dan paket ikan pepes Desa-Desa. Paket tersebut sudah termasuk nasi, terong goreng tepung, keripik kentang, dan lalapan. Ketika di hari Selasa dan Kamis, pelajar dan mahasiswa mendapatkan diskon 10%. Cukup dengan menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswa. Karenanya banyak mahasiswa yang menjadikannya cafe ini sebagai tempat nongkrong Medan yang harus di datangi.

8. Opal Coffee

via wordpress

Bagi anda pecinta kopi, kota Medan juga punya tempat yang bisa anda kunjungi untuk menambah pengalaman anda sebagai pecinta kopi. Salah satu yang lumayan menarik untuk anda kunjungi adalah Opal Coffee yang merambah dari produsen biji kopi ke usaha cafe dan resto. Berdiri megah di jalan T. Amir Hamzah blok c-56 kompleks Griya Riatur Indah, resto ini menawarkan space yang cukup luas untuk bercengkrama dengan keluarga, dan tentu saja produk unggulan di sini adalah kopi Opal, dengan kenaeka ragaman biji kopi daerah bebagai daerah di nusantara.

Salah satu variasi menu  biji kopi yang kita bisa coba adalah biji kopi Toraja dalam seduhan “Tall Iced Americano” (Rp. 16.000). Rasanya cukup intens dan harum, bahkan buat anda yang tidak begitu mengerti tentang kopi.

9. Buffet Salim

via openrice.com

Melengkapi perjalanan anda berwisata kuliner di kota Medan kali ini kami akan memperkenalkan kepada anda Buffet Ahmad Salim yang sudah buka sejak tahun 1986. Salah satu menu andalan di tempat makan Medan ini adalah Martabak Mesir. Perintis usaha ini adalah Abdul Muid Hasan yang awalnya berjualan dengan menumpang di sebuah rumah makan Padang. Bermodal satu gerobak saja yang berlokasi berada di Istana Plaza yang dahulu.

Buffet Ahmad Salim ini bisa didatangi di Jl. A.R. Hakim No. 156, Medan. Bukanya mulai jam 14:00 sampai dengan 24:00 WIB. Cocok untuk makan siang dan malam. Harga satu porsi martabak mesir yang populer di sini harganya Rp 25.000 saja. Banyak menu berat lainnya yang cita rasanya patut untuk dicoba.

Baca: Lontong Enak di Medan

10. Rumah Makan Rangkuti

via dimanaaja.com

Jika umumnya rumah makan yang banyak ditemui di Medan adalah rumah makan Padang, kali ini yang kami akan memperkenalkan kepada anda rumah makan spesial ala Tapanuli Selatan (Tapsel) di Jln. Mandala.

Sekilas menu yang ditawarkan Rumah Makan Rangkuti tidak jauh berbeda dengan tempat rumah makan padang seperti gulai kepala kakap, ayam goreng, kari daging, daun ubi serta lainnya. Namun ketika anda mulai menyantap makanannya barulah anda akan merasakan cita rasa yang sangat berbeda dari rumah makan Padang.

Di rumah Makan Rangkuti, terdapat menu khas Tapanuli Selatan mirip daun ubi tumbuk dan  ikan sungai mungil yang digoreng. Rasa ikan sungai ini manis dan rapuh, paling lezat jikalau di oleskan ke sambal cabe yang tidak pernah cukup kalau cuma satu piring. Ayam gorengnya pula enak, tidak terlalu keras dan bumbu gorengnya dimasak dengan baik, tidak kering.

11. Rumah Makan Wong Solo

Ayam Bakar Wong Solo di jalan Gajah Mada via pixabay

Di kota Medan nama rumah makan ini sudah cukup terkenal. Selain rasa ayamnya yang khas, RM Wong Solo menyediakan tempat yang lebar. Sebut saja salah satunya yang ada di jalan Gajah Mada yang menyediakan lahan parkir luas sehingga bisa leluasa membawa berapa pun jumlah keluarga.

Selain paket ayam, Wong Solo juga menyediakan menu minuman yang khas, mulai dari jus, teh, es buah dan yang lainnya. Berbagai orang datang untuk keperluan sekedar makan atau mengadakan acara pelatihan.

Anda penasaran?

Silahkan datang di salah satu alamat berikut, Jalan Gajah Mada No 20 M dan jalan Adi Sucipto yang berlokasi di daerah dekat polonia.

Baca: Jajanan Enak di kota Medan

12. Medan Kerang

Tempat makan ini terbilang unik dikarenakan menu dan cara penyajiannya. Macam – macam menu bebas dipilih dan yang utama adalah kerang. Selain itu ada juga udang, kepiting dan sejenis kepah. Anda bisa pesan secara terpisah, atau juga pesang secara gabungan.
Menu yang ada campur dengan sayur asam manis membuat nafsu makan semakin menjadi untuk segera melahapnya.

Berikut beberapa foto yang bisa kejadian dilokasi.

Anda bisa bawa keluarga datang ke tempat makan ini. Kebersmaan semakin seru jika diabadikan dalam bentuk foto dan video.
Silahkan pilih mana yang terkdekat dari tempat tinggal Anda:

  1. Alamatnya di jalan Bukit Barisan I, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20236.
  2. Jalan Asrama no 25ab (Masbrow Cafe).
  3. Komplek Cemara Asri Ruko Golden Gate 8f&8g sebelah J&T express (pintu masuk deretan masjid H.Anif).
  4. Komplek Jcity Ruko Blok B 17-18 ,Medan Johor.

Baca : Rental Mobil di Medan

Sebenarnya masih banyak lagi tempat makan yang ada di daerah kota Medan. Karena keterbatasan waktu, kami cukupkan ini dahulu informasi tempat makan keluarga di kota Medan. Lain waktu akan di perbaharui sesuai dengan kebutuhan yang ada.