Ulasan tentang Makanan Tradisional Manuk Napinadar Sumatera Utara yang banyak dicari
via Blogger

16 Makanan Khas Tradisional Sumatera Utara dan Gambar serta Keterangannya

Diposting pada

Makanan khas tradisional Sumatera Utara dan gambar serta keterangan, cara membuatnya, resep, asal daerahnya, yang termasuk dari kota Medan atau cita rasa Indonesia kami sampaikan pada artikel kali ini kepada pembaca yang budiman. Maksud dari tulisan untuk melestarikan budaya Indonesia yang pernah ada dalam sejarah. Kita mengetahui bahwa Indonesia kaya akan khazanah kuliner nusantara dan sangat disayangkan jika tidak di jaga oleh kita.

Makananan tradisional Sumut dan keterangannya sebisa kami sampaikan sebagaimana kami sudah menyampaikan tentang makanan tradisional Aceh dan makanan khas tradisional Bengkulu serta makanan tradisional Jawa Barat. Terakhir tidak lupa kami juga menulis makanan khas tradisional dari Sumatera Barat.

Selain itu, kamu juga mendapatkan informasi tentang makanan tradisional yang pernah ada di Sumatera Utara dan cara membuatnya, bahan yang digunakan oleh para orang tua dulu. Semga warga Sumatera Utara bisa terus merawat makanan tersebut sampai kapan pun juga. Jangan sampai tergerus dengan masifnya makanan dari luar negeri.

Arsik merupakan salah satu makanan khas Sumut yang sangat terkenal. sampai saat ini masih banyak orang yang gemar memakannya. Bahkan tak jarang dibuat sebagai masakan dalam acara – acara tertentu.

Berikut kita bahas satu persatu mengenai apa saja makanan khas tradisional Sumatera Utara yang perlu diketahui oleh kita bersama.

1. Dali Ni Horbo

Informasi tentang Makanan Tradisional Dali Ni Horbo Sumatera Utara yang enak
via Wikipedia

Makanan khas Sumatera Utara ini adalah olahan dari susu Kerbau yang dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk susu yang menggumpal seperti keju. Jika keju dibuat dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu, justru Dali Ni Horbo ini dibikin dengan cara tradisonal tanpa bantuan bahan kimia apapun.

Makanan yang terkenal dengan sebutan Keju Batak ini juga sering disebut dengan Bagot Ni Horbo. Penggunaan susu kerbau ini juga tidak asal-asalan, sebab yang akan diambil hanya dari induk kerbau yang baru melahirkan anak yang masih umur 1 bulan. Begitu pula dengan proses memerahnya yang hanya dilakukan di pagi hari.

Semua itu dilakukan untuk menghasilkan makanan yang berkualitas.

Baca : Paket Wisata Medan

2. Mie Gomak

Info tentang Makanan Tradisional Mie Gomak Sumatera Utara yang lezat
via Reverbose

Mie Gomak adalah olahan mie yang berasal dari Batak Toba dengan bahan utama pembuatannya yaitu Mie Lidi. Alasan penamaan Mie Gomak karena dulunya mie ini dibuat dengan cara digenggam dengan tangan. Meskipun saat ini tak lagi dibuat dengan cara seperti itu.

Mie ini umumnya disajikan dengan dua variasi penyajian, yaitu basah dengan ciri khasnya yang memiliki kuah yang gurih dan goreng yang dibuat dengan cara digoreng. Biasanya setelah Mie Lidi direbus akan diberi kuah berkaldu ayam yang diberikan bumbu saus serta diisi dengan sayuran. Kebanyakan mirip makanan khas Sumatera Utara, Mie Gomak juga memiliki rasa pedas dan ada tambahan bumbu andaliman yang semakin mempertegas rasa pedasnya.

3. Anyang Pakis

Uraian terkait dengan Makanan Tradisional Anyang Pakis Sumatera Utara yang rasanya enak
via detik.com

Makanan Anyang Pakis ini dibuat dari tanaman pakis yang selanjutnya diberi bumbu tambahan berupa kelapa hasil penyangraian. Sekilas tampilannya mirip dengan urapan, tetapi penggunaan Kelapa Sangrai yang ini lebih mirip Serundeng. Jika dilihat lebih lanjut, bumbu yang digunakan sangatlah mirip yaitu daun Jeruk, Bawang Merah, Ketumbar, dan Serai.

Bisa disebut proses pembuatannya juga sangat gampang. Rempah-rempah seperti daun jeruk dan lain sebagainya dihaluskan kemudian disangrai bersama parutan kelapa dan pakis tadi. Namun, terlebih dahulu pakis harus dikukus.

4. Bika Ambon

Ulasan terkait dengan Makanan Tradisional Bika Ambon Sumatera Utara yang unik
via Bukalapak

Bika Ambon ialah makanan khas Sumatera Utara sejenis kue yang terbuat dari adonan berupa tepung, santan, gula, dan kuning telur. Tetapi, nantinya akan difermentasi dengan menambah air nira. Penggunaan air nira kelapa inilah yang membuatnya berbeda dan menjadi produk baru khas dari daerah Sumatera Utara.

Baca : 15 Lagu Daerah Sumatera Utara

5. Lemang

Review tentang Makanan Tradisional Lemang Sumatera Utara yang lemak rasanya
via pegipegi

Lemang merupakan makanan khas Sumatera Utara yang bahannya terbuat dari beras ketan yang telah bercampur dengan santan dan proses pemasakan memakai perantara bambu. Umumnya, sebelum dimasukkan ke bambu, terlebih dahulu nasi ketan dibungkus oleh daun pisang.

Uniknya dari masakan Lemang ini yaitu cara membakarnya. Pada proses memasak lemang ini, bambu akan dibakar dengan posisi tegak ke arah bara api. Usai matang Lemang disajikan dan bisa langsung dimakan atau diberi tambahan lauk.

Tren yang berkembang saat ini, makan Lemang bersama sri kaya atau bersamaan dengan makan durian.

6. Manuk Napinadar

Ulasan tentang Makanan Tradisional Manuk Napinadar Sumatera Utara yang banyak dicari
via Blogger

Nama Manuk Napinadar mungkin terdengar asing di telinga pecinta kuliner atau masyarkat umum. Sebab makanan ini memang jarang dijual di warung-warung atau rumah makan. Bahkan di daerah asalnya, Sumatera Utara, manuk napinadar ini hanya disajikan ketika ada acara adat atau khusus.

Makanan bernama Napinadar ini merupakan olahan dari ayam kampung goreng atau panggang yang tersaji bersama bumbu dan sambalnya yang khas. Meskipun terlihat seperti ayam panggang pada umumnya, namun Napinadar ini memiliki satu bumbu yang membuatnya berbeda dengan olahan lain yang serupa, yaitu Andaliman.

Baca : 9 Rumah Adat Suku Sumatera Utara

7. Kolak Durian

Info tentang Makanan Tradisional Kolak Durian Sumatera Utara yang lamak
via Blogger

Kuliner yang satu ini terbuat dari durian, namun dalam penyajiannya ada beragam jenis campuran didalamnya. Umumnya dalam satu porsi kolak durian akan dicampur dengan kolak pisang kepok, jagung manis rebus, gula aren, ketan putih hasil kukusan, dan juga tambahan kuah berupa santan.

Kolak ini rasanya sangat manis di mulut karena jagung, pisang, dan durian adalah olahan yang punya rasa manis. Belum lagi adanya gula aren yang membuat rasa manis kolak ini semakin bertambah kuat.

8. Sayur Gurih Tauco

Pembahan tentang Makanan Khas Sayur Gurih Tauco Sumatera Utara yang enak sekali
via detik.com

Sayur Gurih Tauco dari daerah Medan ini merupakan olahan yang mempunyai kuah yang terbuat dari santan kemudian di dalamnya ada udang dan daging sapi yang dibumbui dengan bumbu Tauco.

Adanya Tauco inilah yang membedakan dengan sayur gurih pada umumnya. Tidak cuma itu, penambahan Tauco ini juga menghasilkan rasa kuah yang berbeda dari lainnya serta mempunyai aroma yang khas. Adanya Tauco yang dibuat secara fermentasi ini akan menghasilkan rasa pedas gurih yang menyelimutinya.

Baca : 10 Pakaian Adat Daerah Sumatera Utara

9. Kue Putu Bambu

Uraian tentang Makanan Kue Putu Bambu Tradisional Sumatera Utara yang oke
via Youtube

Kue Putu Bambu yang terkenal dengan suara uniknya ditelinga. Makanan khas Sumatera Utara ini terbuat dari tepung Beras yang selanjutnya diisi dengan gula merah serta aroma pandan yang sangat khas. Dari segi rasa, sangat lembut dan legit ketika masuk ke mulut, serta gula merahnya akan lumer di mulut.

Untuk membuat makanan khas Sumatera Utara yang satu ini terbilang unik, karena hanya membutuhkan cetakan berupa bambu yang ditaruh di kukusan. Nantinya bambu tersebut akan diisi dengan tepung beras, kelapa, dan gula merah serta bisa menimbulkan suara tuuut dari uapnya.

10. Bubur Pedas

Info terkait Makanan Tradisional Bubur Pedas Sumatera Utara yang enak
via Kompasiana

Warga Medan menjadikan bubur pedas sebagai salah satu menu buka puasa wajib. Bahan utama pembuatan salah satu makanan khas Sumatera Utara ini yaitu beras yang kemudian diberi dengan daging dan sayur serta adanya rempah-rempah yang cukup banyak, tak terkecuali cabai sehingga membuatnya memiliki rasa pedas, namun tetap lembut di mulut dan enak.

Biasanya bubur pedas hanya ada ketika bulan Ramadhan. Makanan ini sama dengan bubur-bubur lain, tetapi rasanya yang pedas menjadi nilai lebih dan menjadi khasnya. Tidak hanya daging dan sayur, bubur pedas juga dihiasi dengan menu anyang, yaitu sayuran berupa pakis dan toge.

Baca : 17 Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

11. Daun Ubi Tumbuk

Informasi Makanan Khas Daun Ubi Tumbuk Sumatera Utara yang enak
via Wikipedia

Makanan tradisional Sumatera Utara berikut ini cukup populer dimana – mana. Baik di rumah dan di rumah makan bisa dengan mudah ditemukan.

Pemakaian Daun Ubi sebagai makanan khas daerah di Indonesia memang sedikit aneh di telinga orang. Namun, di kota Medan terdapat makanan khas daun Singkong Tumbuk yang terbuat dari Daun Ubi Kayu. Penyebutan kuliner ini sangatlah beragam, tergantung dari daerah mana makanan ini dibuat, mulai dari silalat, gule bulung gadung, dan parcak.

Untuk membuat makanan ini cukup mudah, karena hanya membutuhkan bumbu halus dari cabai merah, bawang merah, kunyit, dan bawang putih. Kemudian bahan utamanya yaitu daun singkong yang bisa dengan mudah diambil. Namun, sangat diutamakan daun yang masih muda.

12. Sate Kerang

Ulasan terkait Makanan Sate Kerang Khas Sumatera Utara yang ebak
via selerasa.com

Di Medan Sumatera Utara ada makanan yang namanya sate kerang yang memakai kerang sebagai bahan utamanya. Jika dibandingkan dengan sate lainnya, sate ini memang tak banyak perbedaan, karena letak perbedaannya hanya dari dagingnya saja. Kerang-kerang tersebut akan ditusukkan ke dalam tusukkan dengan jumlah tiga sampai empat kerang.

Dengan rasa yang begitu mengena dan berbeda dengan sate kebanyakan, rasa-rasanya menikmati sate kerang adalah pilihan yang tepat. Jadi bagi kamu yang berkunjung ke Sumatera Utara, akan terasa sangat kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan yang satu ini.

Selamat Mencoba!

Baca : 10 Senjata Tradisional Sumatera Utara

13. Sambal Tuktuk

Ulasan terkait Makanan Khas Sambal Tuktuk Sumatera Utara yang gurih
via Okezone

Nama Sambal Tuktuk merupakan makanan khas Sumatera Utara yang lebih tepatnya berasal dari daerah Tapanuli. Sambal ini berupa olahan sejenis sambal yang dibikin memakai ikan aso-aso atau ikan Kembung yang dibuat dari proses pengeringan. Pemakaian ikan sebagai sambal ini adalah karena melimpahnya ikan di daerah pesisir Tapanuli.

Meskipun bahannya hampir sama dengan bahan pembuatan sambal pada umumnya. Namun adanya andaliman membuatnya berbeda dengan sambal lainnya, termasuk rasanya. Selain ikan aso-aso sebagai bahan utamanya, bisa juga memakai ikan teri tawar sebagai alternatif jika ikan kembung tidak ada dijual.

14. Itak Gurgur

Ulasan tentang Makanan Tradisional Itak Gurgur Sumatera Utara yang lezat
via tutoba.com

Berikut adalah makanan khas Sumtera Utara yang bernama Itak Gurgur yang terbuat dari bahan yang sama dengan Lampet yaitu beras yang telah dihaluskan secara klasik. Rasa yang dihasilkan dari Itak ini yaitu perpaduan antara manis dan gurih. Tetapi, cara pembuatan makanan khas Sumatera Utara yang satu ini sangatlah sederhana (simple) yaitu dengan mengandon Itak, Kelapa Muda yang diparut, gula pasir, dan sedikit air panas.

Usai dicampur hingga rata, adonan ini dicetak secara manual dengan tangan sendiri. Kata Gurgur ini diartikan sebagai Membara. Pemberi makanan ini berharap pada si pemakan bisa mempunyai semangat yang membara-bara.

Baca : 16 Tarian Daerah Sumatera Utara

15. Kue Ombus-ombus

Ulasan tentang Makanan Tradisional Kue Ombus-ombus Sumatera Utara yang lezat
via youtube

Makanan khas Sumatera Utara berikut ini kabarnya berasal dari daerah Siborongborong, Tapanuli Utara. Makanan jenis kue ini terbuat dari tepung yang diberi gula dibagian tengahnya dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini, konon harus menghembuskan nafas ketika memakannya.

Penting diketahui, kue ini sangat enak di makan ketika masih dalam keadaan hangat. Tidak jelas mulai kapan makanan ini mulai membudidaya. Tetapi, pada acara seremonial adat batak, biasanya kue ini menjadi hidangan yang dibarengi dengan kopi atau teh.

16. Arsik

Uraian terkait Makanan Arsik Tradisional Sumatera Utara yang lezat
via cookpad.com

Di daerah Tapanuli, ada yang namanya Arsik ikan dengan bahan dasar ikan mas atau ikan-ikan lain. Dalam membuat makanan Arsik, membutuhkan bumbu arsik yang terbuat dari perpaduan rempah-rempah seperti asam cikala dan andaliman. Dan untuk menciptakan warna kuning pada makanan ini, maka diperlukan lengkuas dan serai.

Kemudian, bumbu halus tersebut dilumurkan kedalam ikan secara merata. Uniknya, dalam pembuatan makanan khas Sumatera Utara ini, sisik ikannya tidak perlu dibuang. Terakhir, ikan berbumbu tersebut sudah siap untuk digoreng dengan ukuran api kecil hingga agak mengering.

Baca : 11 Upacara Adat Sumatera Utara

Demikian dulu informasi terkait makanan khas tradisional Sumatera Utara kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami usahakan ini memberikan manfaat kepada pembaca yang budiman. Masih banyak lagi topik pembahasan mengenai kuliner nusantara di Medan, salah satunya yang kini adalah makanan terkait Aqiqah Medan dengan berbagai macam variannya.

Oh iya, bagi yang ingin berlibur ke Medan, Anda bisa melihat daftar rental mobil di kota Medan yang sudah kami publikasi beberapa waktu lalu.

1 komentar

Silahkan berkomentar