Info tentang Masakan Tradisional Kalio Dagiang Sumatera Barat yang sehat
via Blogger

17 Makanan Tradisional Sumatera Barat dan Gambar Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Makanan khas tradisional Sumatera Barat dan gambar serta penjelasannya, resepnya, bahan yang digunakan merupakan informasi yang akan kami sampaikan pada artikel kali ini untuk para pembaca yang cinta akan budaya Indonesia, khususnya di bidang kuliner.

Pada artikel ini, kami juga menyajikan resep serta bahan yang dipakai dalam memasak makanan tradisional Sumatera Barat, ada yang dimasak dengan bahan dasar dari daging sapi dan ikan yang didapat dari nelayan.

Sebenarnya, masih banyak lagi nama – nama makanan tradisional daerah yang ibukotanya Padang https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Padang ini. Namun pada kesempatan kali ini kami menyampaikan belasan saja macam – macamnya. Dilain waktu, kemungkinan akan kami update lagi guna melengkapi informasinya.

Sebelumnya, kami sudah menulis beberapa artikel terkait dengan makanan tradisional Sumatera Barat, yakni makanan tradisional Aceh, makanan khas tradisional Bengkulu dan makanan khas tradisional Jawa Barat pada postingan yang lalu. Jika diberi kemudahan dari Allah SWT, maka akan kami tulis semua makanan – makanan tradisional Indoensia dari Sabang sampai Merauke.

Bagi Anda yang hendak berlibur ke Sumatera Barat, sebaiknya harus mengetahui apa saja makanan tradisionalnya. Mari simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Ikan Balado

via cookpad

Kita memasuki poin yang pertama pada makanan tradisional Sumatera Barat yang bernama Ikan Balado. Makanan tersebut tidak kalah enaknya dengan Dendeng Dalado yang juga terkenal. Ikan Balado ialah ikan yang dimasak dengan bumbu Balado berisi cabe, tomat, jeruk nipis, bawang merah, garam, gula, dan air. Rasanya pedas manis dan sangat cocok dengan kebanyakan lidah orang Indonesia. Saking enaknya, makanan ini juga terkenal hingga ke luar negeri, salah satunya negara Malaysia.

Baca : 7 Rumah Makan Enak di Padang dan Lezat

2. Dendeng Batokok

via Wikipedia

Pada poin ini, makanan tradisional Sumatera Barat bernama Dendeng Batotok. Kabarnya, meskipun olahan Dendeng Batokok dan Dendeng Balado berbahan dasar sama, tetapi cara memasaknya sedikit berbeda dimana Dendeng Batokok diolah dengan cara dipukul-pukul sesuai dengan namanya yaitu Batokok yang mempunyai arti dipukul-pukul.

3. Gulai Itiak

via Kompasiana

Makanan khas Sumatera Barat yang satu ini, khususnya berasal dari Padang Panjang berbahan dasar daging Bebek. Tidak beda dengan gulai pada umumnya, masakannya menggunakan bumbu jahe, kunyit, daun jeruk, daun salam, laos, kunyit, dan juga cabe. Rasanya pedas dengan warna kuah yang kehijauan menambah kelezatannya. Kamu boleh mencobanya saat datang berlibur ke Padang.

4. Karupuak Sanjai

via KSMTour.com

Makanan khas Sumatera Barat, khususnya berasal dari Bukit Tinggi ini cocok dijadikan oleh-oleh bagi kamu yang baru saja berkunjung ke Padang. Bahan yang digunakan berasal dari singkong yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki tiga rasa yang berbeda, yaitu rasa asin, rasa original tanpa bumbu, dan rasa pedas.

Makanan ini juga dikenal dengan nama Keripik Balado. Bagi para wisatawan yang datang ke Padang, rasanya tidak lengkap jika tidak membawa oleh – oleh ini.

5. Sate Padang

Blogger

Nama makanan khas Sumatera Barat ini berasal dari kota Padang. Bahan makanan ini terbuat dari daging sapi yang dibakar disiram dengan kuah yang mirip dengan kuah kare. Kini makanan tradisional ini bisa ditemukan dimana-mana selain kota Padang. Di kota Medan, makanan Sate Padang bisa dengan mudah ditemukan dengan berbagai macam kemasannya.

6. Pangek Ikan

via farlys.com

Pangek Ikan adalah makanan khas Sumatera Barat (Padang) yang asal daerahnya adalah Solok. Makanan ini berbahan dasar utama ikan Gabus Putih dan disajikan dengan siraman bumbu merah pedas yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Padang. Beda dengan Sate Padang, sepertinya makanan ini masih langka ditemukan diluar Padang.

Baca : 14 Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

7. Lontong Padang

via cookpad.com

Lontong Padang atau lontong sayur Padang umumnya disajikan saat sarapan dengan cita rasa kuah gulai yang disiramkan pada potongan ketupat dan ditambah dengan kerupuk merah. Jelas beda dengan lontong khas Jawa. Bagaimana membedakannya? Anda bisa melihatnya di internet atau datang ke kota Padang.

8. Terong Lado Hijau

via Blogger

Makanan selanjutnya bernama Terong Lado Hijau yang umumnya disajikan bersama dengan ikan asin Jambal roti dan petai. Terong yang dipakai dalam masakan ini adalah terong hijau.

Karena namanya yang tidak begitu populer, maka deskripsi yang kami sampaikan tidak bisa banyak. Memang belum banyak ulasan mengenai makanan klasik ini.

9. Kacimuih

via Padek.co

Kacimuih merupakan makanan atau cemilan khas Padang yang mampu mengganjal perut. Bahannya terbuat dari singkong yang dimasak dengan diparut terlebih dahulu lalu dikukus. Dalam penyajiannya, singkong diberi taburan parutan kelapa dan ditambah taburan gula pasir atau gula merah. Rasanya gurih dan nikmat. Makanan tradisional ini cocok dinikmati saat bersantai sambil minum secangkir kopi.

10. Lompong Sagu

via cookpad.com

Makanan Lompong Sagu ini terbuat dari Sagu beraroma khas yang membuat penasaran banyak orang. Bahan dasar berupa Sagu dicampur kelapa dan pisang lalu dibungkus memakai daun pisang untuk dibakar di atas tungku. Teksturnya sangat khas membikin kamu ketagihan saat memakannya. Paduan rasa gurih dan manis membuat Lompong Sagu menjadi sangat nikmat untuk disantap.

Baca : 7 Rumah Adat Padang Sumatera Barat

11. Dendeng Balado

via Wikipedia

Dendeng Balado terbikin dari daging sapi yang dikeringkan. Makanan yang ditemukan oleh masyarakat Minangkabau ini menjadi hidangan yang populer di nusantara. Dendeng Balado dan Dendeng Batokok umumnya serupa. Bumbu Baladonya memiliki cita rasa yang khas dan membuat ketagihan lidah. Rasanya tidak cukup sekali saja menyantapnya.

12. Soto Padang

via Youtube

Soto Padang terbuat dari irisan daging Sapi dengan tekstur empuk yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya serta bumbu khas Padang, membuat Soto Padang ini menjadi sangat lezat disantap saat sarapan. Namun tidak semua orang memakan Soto Padang ketika sarapan, untuk makan siang dan malam, banyak orang menikmatinya bersama keluarga.

13. Gulai Tauco

via cookpad.com

Makanan Gulai Tauco termasuk berasal dari daerah Sumatera Barat. Kuahnya yang berwarna hijau kecoklatan diperkuat dengan aroma yang menggoda ini lazim dimakan bersama nasi putih hangat. Adapun bahan Gulai Tauco yaitu udang, tahu, buncis, serta bahan pendukung lainnya yang dimasak bersama Tauco dengan diberi kuah santan.

Memang, makanan ini tidak begitu populer. Namun tiada salahnya jika dicoba oleh Anda saat berkunjung ke Padang.

14. Gulai Banak

via Blogger

Makanan khas daerah Padang yang bernama Gulai Banak ini merupakan sajian makanan berkuah santan pedas berisi otak sapi yang dipotong kecil-kecil. Makanan tradisional ini mengandung kolesterol tinggi layaknya sajian kuliner khas padang berbentuk gulai lainnya. Oleh sebab itu, makanan ini tidak disarankan bagi kamu yang kadar kolesterol dalam darahnya sudah tinggi. Cukup mengetahui saja kalau Gulai Banak ini rasanya sangat lezat.

Baca : 21 Tarian Daerah Sumatera Barat

15. Gulai Paku

via Blogger

Gulai Paku termasuk kedalam makanan khas Sumatera Barat. Makanan ini berasal dari Padang Pariaman yang berbanding terbalik dengan Gulai Banak. Berbahan dasar daun Pakis yang dimasak dengan saus kelapa ditambah bumbu khusus ini cocok bagi kamu yang vegetarian. Rasanya unik namun tetap enak. Beberapa sajian, Gulai Paku jadi penambah makanan lontong.

16. Kalio Dagiang

via Blogger

Makanan tradisional Kalio Dagiang merupakan gulai Sapi yang rasanya tidak kalah lezat dari rendang. Makanan tradisional ini menjadi menu andalan di rumah makan padang selain rendang. Daging yang dimasak dalam Kalio Dagiang dicampur dengan bumbu rempah dan cabe dengan tempo waktu yang cukup lama agar empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam.

17. Gulai Tunjang

via resepkoki.id

Makanan khas Minang yang ini berbahan dasar kikil Sapi. Sajiannya yang disajikan dalam dua bentuk masakan, yaitu:

  • Dimasak dengan kuah santan kuning atau
  • Dimasak dengan kuah santan merah pedas dengan bumbu rempah khas Padang.

Teksturnya kenyal, lembut dan empuk saat dimakan.

Baca : Upacara Adat Sumatera Barat

Oke, demikian informasi atau artikel terkait masakan khas tradisional Sumatera Barat, gambar, penjelasan, resep, asal daerahnya kami sampaikan kepada pembaca. Jika menemukan manfaat, silahkan share informasi ini, namun jika temukan kesalahan, jangan sungkan berikan komentar kepada kami. Terima kasih.

Bagi Anda yang hendak kepada dan membutuhkan alat transportasi darat, silahkan baca rental mobil Padang pada postingan sebelumnya.