15 Makanan Khas Tradisional Daerah Jawa Barat dan Keterangannya

Diposting pada

Makanan tradisional daerah Jawa Barat (Jabar) dan keterangan serta gambar, yang mudah dibuat, dan cara membuatnya lengkap kami sampaikan pada informasi kali ini. Banyak hal yang perlu kita ketahui mengenai budaya Indonesia terkait macam – macam makanan pokok khas Jawa Barat, baik yang masih ada maupun yang sudah tinggal sejarah saja.

Selain kaya dengan kebudayaan dibidang seni musik, Jawa Barat yang ibukotanya Bandung ini juga memiliki ragam kuliner yang enak dan lezat. Banyak orang yang penasaran dengan rasanya. Oleh sebab itu, kami berusaha merangkum makanan tradisional Jawa Barat, termasuk juga informasi tentang makanan khas Sunda juga.

Makanan khas Jawa Barat adalah lanjutan dari artikel yang sudah pernah kami tulis beberapa waktu lalu. Kami menulis judul makanan tradisional Aceh dan makanan khas tradisional Bengkulu.

Tak cuma itu, informasi mengenai makanan khas tradisional Jawa Barat juga diserta dengan asal daerahnya dari berbagai daerah, baik dari kabupaten dan kota, sebelum pemekaran dan sesudah pemekaran daerah.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi kita bahas satu persatu mengenai makanan yang berasal dari Jawa barat akan dibahas berikut ini.

1. Nasi Jamblang Daun Jati

Info terkait dengan Makanan Tradisional Jawa Barat yang enak
via Indonesiakaya.com

Nasi Jamblang adalah olahan nasi yang diisi dengan tambahan lauk dan dibungkus menggunakan Daun Jati. Ada pun keunikan dari makanan tradisional ini merupakan kisah dibalik lahirnya makanan asli Cirebon ini, dimulai ketika Belanda memerintahkan pembuatan jalan raya Anyer – Panarukan.

Kerja rodi ini membuat warga Cirebon ikut disertakan yang akhirnya warga Desa Jamblang membuat nasi dengan bungkus daun jati untuk para pekerja. Tetapi awalnya hanya memiliki lauk berupa tempe, tahu, dan sambal, tetapi kini telah ada sekitar 40 jenis lauk yang berbeda.

Biasanya Dalam satu porsi, Nasi Jamblang memang hanya menyediakan sedikit nasi dan namun akan ditumpuk dengan puluhan lauk, sehingga tampak lebih bervariasi. Apalagi pembungkusannya yang memakai daun jati, maka bisa menciptakan aroma dan rasa khas kepada nasi, belum lagi daun jati bisa membuat makanan lebih tahan basi.

2. Lepet Kuningan

Informasi tentang Makanan Lepet Kuningan Khas Jawa Barat yang lezat rasanya
via IndonesiaKaya.com

Hampir semua masyarakat Jawa sudah sangat akrab dengan kuliner yang satu ini. Umumnya kuliner tradisional Jawa Barat ini kerap disajikan saat acara hari raya Idul Fitri hingga Idul Adha. Salah satu jenis lepet adalah lepet kuningan dengan ciri khasnya terletak pada warnanya yang kecokelatan, berbeda dengan lepet lain yang agak menguning.

Seperti kebanyakan Lepet, Lepet asal Kota Udang ini juga dibuat memakai Ketan putih dan dibungkus dengan media daun kelapa. Bungkus tersebut nantinya akan diikat menggunakan tali dari bambu atau jenis tali lain agar adonan ketan tidak berceceran saat dimasak.

Meski tergolong makanan yang sederhana, namun nyatanya lepet memiliki angka gizi yang cukup tinggi, itu dikarenakan oleh adanya Ketan Putih. Khasiat makanan tradisiona ini adalah mampu mengurangi atau meredakan batuk dan juga dipercaya mampu membuat uap di paru-paru terkikis.

Baca : Rumah Adat Jawa Barat

3. Nasi Lengko

Ulasan mengenai Makanan Tradisional Nasi Lengko Jawa Barat yang sehat
via Kaskus

Nasi Lengko merupakan perpaduan antara Nasi dengan Isian yang berupa sayur dan gorengan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk memperlengkap dan menciptakan rasa yang enak, ditambah pula dengan taburan saus kacang yang memiliki rasa gurih.

Makanan tradisional asli dari daerah Cilacap ini juga sering disebut banyak orang dengan Sego Lengko, mengingat bahasa daerahnya nasi adalah Sego. Kuliner khas tersebut bahkan memiliki nilai gizi yang cukup besar, hal ini disebabkan adanya tahu dan tempe membuatnya memiliki kandungan protein yang tinggi.

4. Mie Kocok

Uraian terkait dengan Makanan Mie Kocok Tradisional Jawa Barat yang laris manis
via Wikipedia

Nama mie kocok sepertinya tidak sepopuler mie ayam yang telah terlebih dahulu menjadi masakan yang ada hampir di seluruh Indonesia. Tetapi popularitas masakan tradisional dengan bahan utama mie telur ini sangat tersohor di Jawa Barat (Jabar), khususnya daerah Bandung.

Untuk penyajiannya, dalam satu porsi mie kocok sendiri, bisa diisi dengan mie telur, sawi, tauge, dan daun bawang, namun karena semakin banyak peminatnya, isian seperti daging dan bakso juga masuk ke dalam mangkuknya. Meskipun penggunaan bakso dan daging bisa membuatnya mirip dengan mie ayam atau mie bakso, namun penggunaan mie telur dan rasa kuahnya-lah yang bisa membedakannya. Sebagai salah satu makanan khas Jawa Barat mie kocok sendiri cukup banyak peminatnya baik dari warga sekitar maupun para wisatawan.

Baca : Upacara Adat Jawa Barat

5. Karedok

Review tentang Makanan Karedok Khas Jawa Barat yang gurih juga lezat
via resepmedia.com

Makanan khas provinsi Jawa Barat yang bernama Karedok merupakan kuliner tradisional dengan bahan dasar sayur-sayuran segar yang disajikan bersama siraman bumbu kacang. Makanan dengan nama Karedok bisa dibilang mirip dengan makanan gado-gado atau pecel, tetapi perbedaannya pada pemakaian sayurnya yang disajikan dalam keadaan mentah.

Beberapa sayuran yang bisa dijadikan sebagai Karedok adalah Timun, Daun Kemangi, Kacang Panjang, Kol, Terong, dan Tauge, kesemuanya akan dipotong kecil-kecil dan disajikan dalam keadaan mentah. Rasa makanan ini tetap lezat meski bahannya. Hal ini karena penggunaan bumbu kacangnya yang menimbulkan rasa pedas gurih pada sayuran.

Baca: Sop enak di kota Medan

6. Dorokdok

Info terkait Makanan Dorokdok Tradisional Jawa Barat yang renyah dimulut
via Tokopedia

Penamaan Dorokdok pada makanan khas tradisional Jawa Barat lengkap satu ini sendiri didapat dari suara yang muncul ketika memakan Dorokdok, yaitu akan menghasilkan suara ‘dorok dok dorok dok’. Adanya suara tersebut dikarenakan renyahnya kerupuk dengan bentuk memanjang ini.

Perlu diketahui, yang membuat olahan asal Garut ini unik adalah, jika berbeda penggunaan kulitnya, nantinya juga akan menciptakan rasa yang berbeda pula. Misalnya apabila yang dipakai adalah kulit sapi, selain renyah nantinya juga akan menciptakan rasa gurih, sedangkan apabila dari kulit kerbau, maka rasa yang dihasilkan lebih manis dan renyah.

7. Tapai Ketan

Informasi terkait Makanan Tapai Ketan Tradisional Jawa Barat serta cara membuatnya
via Youtube

Tapai Ketan termasuk makanan khas Jawa Barat, tapi seperti pada umumnya yang dibuat dengan cara difermentasi, begitu juga dengan Tapai Ketan yang menjadi olahan khas daerah Kuningan. Pembuatan Tapai Ketan tersebut memakai bahan dasar beras Ketan, entah itu ketan hitam maupun putih, namun kebanyakan memakai yang ketan putih.

Selain itu, olahan Tapai yang dibuat dari ketan putih kerap diwarnai dengan daun katuk agar memiliki warna hijau alami. Sedangkan untuk bungkusannya kerap didapat dari daun jambu hingga daun pisang. Pemilihan daun pisang biasanya lebih sering karena untuk memberikan identitas makanan khas Jawa Barat yang termasuk ke dalam kekayaan kuliner nusantara.

Baca : Permainan Adat Jawa Barat

8. Tahu Kuningan

Uraian tentang Makanan Khas Tahu Kuningan Jawa Barat yang makyus
via Jalanbareng.com

Sepertinya makanan Tahu memang sudah umum masyarakat mengenalnya. Hanya saja Tahu Kuningan khas Jawa Barat ini mempunyai keunikan tersendiri.

Umumnya, tahu akan dibuat dengan biji kedelai dengan proses fermentasi untuk bisa mendapatkan olahan tahu yang sempurna. Proses tersebut juga terjadi pada pembuatan tahu Kuningan, yang membedakan dengan tahu normal adalah bentuknya yang lebih padat dengan rasa gurih.

Untuk ukuran dari makanan cemilan khas Jawa Barat ini juga tidak terlalu besar, karena hampir mirip dengan tahu Sumedang, namun Tahu Sumedang punya isian kopong. Karena tekstur dan isiannya yang lebih padat, Tahu Kuningan sangat tepat dimakan sebagai cemilan maupun lauk, karena bisa mengenyangkan perut.

9. Rujak Kangkung

Ulasan Tentang Makanan Rujak Kangkung Tradisional Jawa Barat yang Unik
via cookpad

Jika makanan dengan nama rujak biasanya identik dengan buah-buahan maka berbanding terbalik dengan rujak kangkung, karena yang dijadikan sebagai bahan bakunya adalah sayur kangkung, bukan buah. Makanan khas Jawa Barat ini memang terasa nikmat sekali, apalagi bagi para pecinta sayur kangkung.

Ada kelebihan tersendiri terkait dengan penggunaan Kangkung. Kelebihan dari penggunaan kangkung adalah untuk mendapatkannya yang lebih mudah, dan juga karena sifatnya yang kering alias tak berair, bisa membuat rasa pedas bumbunya semakin terasa. Selain itu, yang membuatnya unik adalah dalam bumbunya ada bahan dari asam Jawa, sehingga bisa menghasilkan rasa pedas dan sensasi rasa masam.

10. Dodol Garut

Uraian Makanan Khas Dodol Garut dari Jawa Barat yang jadi legenda
via OLX

Makanan tradisional dengan bentuk balok agak memanjang dengan warna khas cokelat bertekstur lembut dan rasanya manis, maka itulah yang dikenal dengan nama Dodol. Walaupun mirip dengan Jenang di Kudus, namun dodol punya tekstur luar yang lebih kering, dan pengemasannya dibentuk kotak, sedangkan jenang dikemas seperti tabung.

Secara umum, Dodol dibikin memakai tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah, itu adalah rasa original dari panganan ini. Memang masih sederhana, karena diawal kemunculan makanan khas Jawa Barat dari tepung ketan, yaitu tahun 1920-an, masih sedikit penjual dan kreatifitas pembuatnya.
Baca : Tarian Adat Jawa Barat

11. Tauge Goreng

Aneka Makanan Tradisional Tauge Goreng Jawa Barat yang gurih dimulut
via Blogger

Dari namanya mungkin ada yang berpikir bahwa olahan ini adalah Tauge yang dibuat dengan cara digoreng, namun ternyata nama itu menipu siapa saja, karena sebenarnya Tauge goreng dibuat dengan cara direbus. Kata goreng pada makanan ini didapat dikarenakan perebusan tauge-nya dilakukan menggunakan wajan, yang notabene digunakan sebagai alat penggorengan.

Tidak cuma Tauge saja yang ada dalam satu porsi makanan khas budaya Jawa Barat ini, karena akan ada mie rebus dan tambahan potongan ketupat dalam satu porsinya, serta tak lupa ada siraman kuah oncom yang semakin menambah cita rasa serta kenikmatan dari makanan ini.

12. Lontong Kari

Info Makanan Khas Jawa Barat yang bernama Lontong Kari
via TripAdvisor

Sebenarnya makanan Lontong Kari ini hampir sama dengan lontong-lontong lain, namun karena adanya kari itulah yang membuatnya berbeda, baik jenis dan rasanya.

Selain membuat berbeda, adanya kari juga memberi kesan rasa gurih dan lebih enak disantap dengan aroma dagingnya yang sedap dilidah. Terdapat dua jenis daging untuk pembuatan karinya, yaitu daging sapi dan sapi ayam. Dalam satu porsi lengkapnya terdapat telur rebus, dan ditaburi kedelai goreng serta bawang goreng. Wah lezat ya!

Baca: Lontong enak di kota Medan

13. Soto Kuning

Uraian Makanan Tradisional Jawa Barat bernama Soto Kuning
via Detik

Sesuai dengan namanya Soto Kuning, makanan ini memiliki keunikan pada kuahnya yang bewarna kuning, dan yang dijadikan rempahnya adalah kunyit. Makanan khas Jawa Barat ini memiliki aroma kunyit tersebut akan ditambah dengan beraneka ragam daging, mulai dari daging ayam dan sapi, limpa, hingga babat.

Baca juga: Soto Enak di kota Medan

Kesemua daging tersebut memiliki tekstur yang lembut di mulut serta akan bercampur dengan gurihnya kuah soto. Seperti kebanyakan soto-soto lain, soto kuning juga akan terasa lebih lengkap dan lebih enak bila dimakan dengan nasi hangat. Tak lupa juga kehadiran sambal bisa membuat lidah kamu ingin terus bergoyang menikmatinya.

Baca : Nama Pakaian Adat Jawa Barat

14. Chocodot

Uraian tentang Makanan Tradisional Chocodot Jawa Barat yang keren
via Jualo

Kuliner ini merupakan perpaduan atau campuran dari coklat dan dodol. Chocodot dibuat oleh orang yang bernama Kiki Gumelar, pemberian nama Chocodot tersebut didapatkan dari kependekan Chocolate with Dodol Garut dan masyarakat kerap menyebutnya cokelat dodol. Bentuk makanan ini bulat seperti bakpao, namun agak kecil, dengan varian rasa yang beragam, tergantung jenis cokelat yang dipakai.

Terdapat aneka rasa pada Chocodot, yaitu ada yang rasa cokelat pahit, cokelat susu, dan ada cokelat dengan tekstur lembut di mulut. Kesemuanya bahkan dinamai dengan kata-kata gaul anak zaman sekarang, seperti cokelat anti galau, enteng jodoh, hingga cetar membahana.

15. Doclang

Uraian Tentang Makanan Doclang Khas Jawa Barat yang terkenal
via Wikipedia

Doclang adalah makanan yang terdiri dari ketupat, tahu, telur, kentang, serta ada siraman bumbu kacang mengitarinya. Terkesan sangat mirip bukan dengan ketoprak-nya Jakarta maupun kupat tahu-nya Bandung, tetapi ada banyak yang membedakan antara ketiganya. Makanan khas Jawa Barat satu ini mempunyai karakteristik yang bikin lidah bisa bergoyang karena memakai cabe yang pedas, namun bagi yang tidak suka pedas bisa request untuk tidak diberikan cabe pedas.

Jika ditelusuri lebih jauh, adanya kentang menjadi perbedaan paling menonjol diantara ketiganya, selain itu, pembungkusan ketupat yang memakai daun patat juga berbeda dari dua olahan di atas. Untuk urusan rasa memang tidak terlalu beda jauh, mengingat bumbunya adalah sama-sama bumbu kacang, jika ada mungkin terletak pada tingkat kepedasannya.

Baca : Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Demikian kami utarakan mengenai makanan khas tradisional Jawa Barat kepada pembaca yang budiman. Semoga memberikan banyak manfaat kepada bangsa dan negara. Apapun ceritanya, budaya asli Indonesia harus terus dijaga sampai kapan pun juga.

2 komentar

Silahkan berkomentar