Uraian tentang Makanan Lemang Tapai Tradisional Bengkulu yang enak banget
via Sumber.com

15 Makanan Khas Tradisional Bengkulu, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Makanan khas tradisional Bengkulu disertai gambar, penjelasan, nama, resep dan hal terkait lainnya akan disampaikan lengkap pada artikel kali ini. Banyak makanan adat di kota Bengkulu dan sekitarnya, namun pada kesempatan kali ini, kami hanya menyajikan belasan saja untuk para pembaca. Jika memungkinkan dikemudian hari akan ditambah sesuai perkembangan.

Datang ke provinsi Bengkulu, rasanya tidak lengkap jiak tidak mencicipi kulinernya khasnya. Maka dari itu, kami menulis pada blog ini, mulai dari mie, kue, manisan, tempoyak dan cita rasa lainnya. Semoga tulisan ini bisa jadi referensi Anda.

Sebelumnya kami sudah menulis mengenai artikel makanan tradisional Aceh yang lezat dan melegenda sampai sekarang. Tulisan mengenai manakan khas Bengkulu ini bertujuan untuk menambah atau melengkapi arsip digital terkait budaya Indonesia yang sangat kaya.

Penting untuk kita semua bahwa menjaga atau melestarikan khazanah budaya Indonesia supaya tidak tinggal sejarah adalah pekerjaan besar yang harus dilakukan oleh semua elemen bangsa, mulai dari seorang pelajar, mahasiswa, guru sampai profesi dan status sosial budaya lainnya. Jangan hanya berharap kepada pemerintahan saja. Kesadaran masyarakat juga sangat penting.

Baiklah, tanpa perlama – lama mukadimah lagi, langsung saja kita bahas satu persatu mengenai apa saja makanan khas Bengkulu.

1. Mie Terbang

Informasi tentang Makanan Tradisional Mie Terbang Bengkulu yang banyak dicari
via Kompas

Yang pertama adalah bernama Mie Terbang. Kuliner khas Bengkulu yang unik dari yang lain ini dipelopori oleh Salman, seorang pemilik rumah makan yang ada di pusat jajanan kuliner Bengkulu yang terletak di Jalan Rafflesia. Ide kreatif Salman dan istrinya ini ternyata diterima oleh masyarakat karena dianggap unik dan punya diri khas. Mie ini disajikan dalam keadaan terbang dari dalam mangkok. Ada trik khusus yang dipakai agar mie terlihat seperti terbang. Penasaran kan? Anda bisa jadwalkan berlibur ke Bengkulu untuk merasakannya.

Mie terbang ini juga memiliki tingkat level kepedasan hingga level lima. Umumnya mie tersebut disajikan bersama dengan kerupuk, irisan timun, telur, dan juga tomat.

Kini, sebenarnya didaerah selain Bengkulu sudah bisa Anda temukan mie terbang. Hanya saja rasa dan sensasi makannya belum tentu sama jika Anda memakannya di Bengkulu.

2. Manisan Terong

Ulasan tentang Makanan Manisan Terong Bengkulu yang unik
via Google Image

Makanan ringan khas Bengkulu berikut adalah makanan yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat Bengkulu. Ada keunikan pada makanan ini, yaitu bahan dasarnya yang terbuat dari terong dimana biasanya manisan akan terbuat dari buah. Sesuai dengan namanya, makanan Manisan Terong ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang legit.

3. Lemang Tapai

Uraian tentang Makanan Lemang Tapai Tradisional Bengkulu yang enak banget
via Sumber.com

Lemang Tapai adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari beras kentan yang dimasak dengan santan dan dibubuhi garam kemudian dibungkus dengan daun Pisang memiliki rasa yang khas. Secara singkat, cara memasaknya dengan cara dibakar di atas bara api dalam seruas bambu muda. Usai lemang matang, lemang biasanya disantap dengan tapai ketan hitam. Oleh sebab dari itu, namanya dikenal sebagai Lemang Tapai sampai kini. Sedangkan jika lemang ini dimakan dengan durian, maka namanya menjadi lemang Durian. Rasanya gurih dengan tekstur yang legit membuat lemang tapai ini banyak disajikan saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha tiba.

4. Kue Siput Bengkulu

Info terkait Makanan Kue Siput Tradisional Bengkulu yang gurih rasanya
via gpswisataindonesia.info

Makanan kue yang ini mirip siput. Lebih tepatnya disebut sebagai Cemilan khas Bengkulu yang terbuat dari tepung dengan isi kacang digulung seperti Siput. Rasanya renyah. Ada yang berbalut gula merah dan ada yang asin.

Makanan ini termasuk jadi oleh-oleh bagi mereka yang datang berlibur di Bengkulu. Tak jarang makanan ini juga menjadi komsumsi turis dari manca negara.

5. Kue Cucur

Review tentang Makanan Kue Cucur Khas Bengkulu yang lezat sekali rasanya
via Youtube

Kita menyambung kepada poin selanjutnya yang termasuk makanan khas Bengkulu, yaitu ada Kue Cucur. Kuliner ini terbuat dari tepung terigu dan campuran gula merah. Kue Cucur ini dijual cukup murah, satu biji hanya seribu rupiah saja. Di wilayah Bengkulu, Kue Cucur ini adalah satu dari tujuh jenis kue yang harus disajikan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin.

6. Pendap

Info tentang Makanan Pendap Tradisional Bengkulu yang lezat
via Ragampost.com

Sajian kuliner khas Bengkulu yang pertama adalah bernama Pendap. Makanan khas Bengkulu Pendap ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Bengkulu. Makanan tradisional ini dikenal luas hampir oleh seluruh warga masyarakat Bengkulu. Pendap pada umumnya merupakan varian lauk yang terbuat dari ikan.

Berikut ini tips sederhana cara memasaknya.

Cara memasaknya cukup mudah, pertama tama harus disiapkan beberapa bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda. Lalu bumbu tersebut dimasukkan ke dalam daun talas bersama dengan daging ikan. Usai itu, Pendap direbus kira kira 8 jam sampai ikan benar-benar matang dan bumbunya meresap. Pendap pun siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Lezat…!!!

7. Gulai Kemba’ang

Pembahasan Tentang Makanan Gulai Kemba’ang Tradisional Bengkulu yang lemak
via Sumber.com

Makanan ini adalah makanan tradisional provinsi Bengkulu. Meski namanya lebih dikenal di daerah Mukomuko, Gulai ini terbuat dari Iga Sapi yang dimasak dengan bumbu khusus khas Bengkulu. Sajian Gulai Kemba’ang ini umumnya mudah ditemukan saat bulan puasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri yang dirayakan oleh umat Islam.

8. Tempoyak

Uraian tentang Makanan Khas Tempoyak Bengkulu yang enak
via backpakerjakarta.com

Pada poin ini, makanan khas Bengkulu bernama Tempoyak. Makanan ini berbahan dasar fermentasi buah Durian. Tempoyak yang terkenal di Bengkulu adalah Tempoyak yang diolah bersama dengan ikan Patin yang didapatkan para nelayan. Tidak sedikit warga Bengkulu yang menjadikan makanan ini menjadi makanan favorit karena menurut mereka rasanya sangatlah lezat. Ketika nanti Kamu datang ke Bengkulu, jangan lupa untuk mencobanya.

9. Bolu Koja

Informasi tentang Makanan Tradisional Bolu Koja Bengkulu yang wenak sekali
via Blogger

Makanan khas dari daerah Bengkulu yang satu ini mirip dengan Bolu Kojo khas Palembang (Sumatera Selatan). Perbedaannya yang ditemukan hanya pada tambahan agar-agar putih guna menghasilkan rasa gurih. Teksturnya terkenal sangat lembut seperti kue Brownies dan cita rasanya sangatlah nikmat. Bolu Koja ini memakai campuran berbahan agar-agar, sehingga terasa lembut di lidah dan makyus di mulut.

10. Bay Tat

Ulasan Tentang Makanan Bay Tat Tradisional Bengkulu yang lezat
via WordPress

Yang berikut adalah makanan khas dari Bengkulu dikenal dengan nama Bay Tat. Sajian kuliner tradisional yang masih berjenis kue ini berbentuk segi empat layaknya kue Tart yang diakulturasi dengan tampilan kue Pie dengan topping nanas atau keju. Zaman dulu, menuurt penduduk Bengkulu, Bay Tat ini adalah sajian kuliner khusus untuk raja Bengkulu. Zaman berubah, sekarang semua lapisan masyarakat dapat menyantapnya.

11. Kembang Goyang

Ulasan tentang Makanan Tradisional Kembang Goyang Bengkulu yang gurih rasanya
via sahabanesia

Makanan Kembang Goyang merupakan salah satu nama cemilan berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Cemilan tradisional ini menjadi primadona saat upacara pernikahan adat berlangsung. Bentuknya mirip dengan bunga dan cara membuatnya dengan cara digoreng. Saat menggoreng cemilan ini, adonan kue harus di goyang, sehingga dinamakan Kembang Goyang.

Adapun rasa sajian kuliner Kembang Goyang ini beragam ada yang tawar dan ada juga yang manis, namun ada juga yang mempunyai rasa gurih saat dicoba. Meskipun kembang goyang ini mirip dengan kue Kembang Goyang yang ada di provinsi Jawa Timur, namun bisa jadi sejarah dari kedua jenis kue ini berbeda.

12. Gulai Pisang

Review tentang Makanan Gulai Pisang Tradisional Bengkulu yang lezat
via Okezone

Berikut ini adalah makanan khas daerah provinsi Bengkulu yang bernama Gulai Pisang. Makanan tradisional ini merupakan sajian kuliner yang unik. Jika biasanya pisang sebagai buah-buahan diolah sebagai manisan atau langsung disantap begitu saja, namun di daerah Bengkulu pisang dapat diolah menjadi masakan berupa Gulai. Resep gulai pisang pun diwariskan secara turun temurun sampai sekarang.

13. Bagar Hiu

Uraian tentang Makanan Bagar Hiu Tradisional Bengkulu yang lemak juga lezat
via masakandapurku.com

Sajian kuliner tradisional yang satu ini berbahan dasar daging Hiu berjenis Hiu Punai atau Hiu Tanduk yang dagingnya tidak terlalu amis. Konon katanya, Bagar Hiu merupakan salah satu makanan favorit Presiden Soekarno selama beliau berada dalam masa pengasingan di tahun 1938 sampai dengan 1942.

Tidak tahu apa hari ini keturunan Soekarno juga menyukai makanan tradisional ini.

14. Kue Tat

Info dan gambar tentang Makanan Kue Tat Tradisional Bengkulu yang banyak dicari
via Blogger

Tampilan Kue Tat hampir sama dengan kue Bolu, yaitu dengan rasa yang manis. Selain itu, rasa gurih juga dominan dicicipi kue ini karena adanya campuran adonan khusus dan bumbu khusus saat membuatnya. Makanan tradisional Bengkulu ini sering disajikan kepada tamu saat perayaan hari raya Idul Fitri tiba. Dahulu, katanya kue ini merupakan jamuan untuk raja, namun sekarang semua lapisan masyarakat dapat memakan jenis kue ini. Kue Tat juga tahan beberapa hari sehingga dapat dijadikan oleh oleh khas Bengkulu bagi para turis yang datang.

15. Kue Lepek Biniti

Uraian terkait dengan Makanan Kue Lepek Biniti Tradisional Bengkulu yang unik tampilannya
via Blogger

Nama makanan khas daerah Bengkulu berikutnya adalah kue Lepek Biniti. Kue ini sama menariknya dengan kue Tat dan sering dijadikan menu berbuka puasa saat bulan Ramadhan tiba. Kue Lepek Biniti terbuat dari adonan tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, beserta bahan-bahan lainnya kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kue khas Bengkulu ini cocok dijadikan oleh-oleh, namun yang perlu diperhatikan makanan ini tidak bisa bertahan lama karena khawatir rasanya akan berubah jika disimpan terlalu lama.

Baca : Alat Musik Tradisional Bengkulu

Demikian dahulu informasi mengenai makanan khas tradisional Bengkulu kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat kepada pembaca sekalian. Bagi Anda yang ingin datang ke Bengkulu dan membutuhkan alat transportasi darat yang ada di Bengkulu.

1 komentar

Silahkan berkomentar