Info tentang Masakan Kue Timphan Tradisional Aceh yang enak
via Tokopedia

19 Makanan Tradisional Aceh, Gambar Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Makanan tradisional Aceh dan gambar serta penjelasannya merupakan informasi wajib diketahui bagi pecinta kuliner nusantara, baik yang ada di Indonesia maupun yang berada di luar negeri. Kuliner tradisional Aceh merupakan khazanah budaya bangsa yang harus dirawat bersama – sama.

Kini, beberapa makanan tradisional di Tanah Rencong itu masih ada yang disajikan dan ada pula yang sudah susah mencarinya. Didaerah tertentu saja, makanan tersebut bisa ditemukan.

Tujuan kami menulis artikel terakait dengan makanan tradisional Aceh ini yaitu ingin mengenalkan kepada publik bahwa Indonesia kaya akan makanannya yang khas. Jangan dilupakan sampai kapan pun.

Baca : Upacara Adat Aceh

Berikut ini kita bahas satu persatu mengenai makanan tradisional Aceh.

1. Kuah Sie Itek

Info tentang Masakan Kuah Sie Itek Tradisional Aceh yang enak dan lezat
via Blogger

Kita masih ke poin yang pertama yang bernama Kuah Sie Itek. Makanan dari khas Aceh ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda yang gemar cita rasa daging itik. Berbeda dengan kuliner berbahan itik pada umumnya, makanan asal Aceh satu ini memiliki resep tersendiri dengan berbagai bumbu-bumbu yang membuatnya mampu memberikanmu pengalaman mengkonsumsi kuliner itik yang berbeda.

2. Ayam Pramugari

Informasi terkait Ayam Pramugari Masakan Tradisional Aceh yang unik
via Tribunnews

Makanan yang satu ini menyajikan kenikmatan ayam kampung yang telah diberikan bumbu tradisional, kemudian digoreng dengan daun temurui dan daun pandan. Cita rasa dari masakan ini memang tidak terbantahkan dan sangat pas dilidah. Jika Anda datang ke Aceh untuk keperluan berlibur atau yang lain, jangan lupa untuk menikmatinya.

3. Kuah Masam Keu-Eung

Ulasan tentang Masakan Kuah Masam Keu-Eung Aceh Tradisional yang lezat
via Blogger

Bagi Anda pecinta masakan berkuah, makanan tradisional asal Aceh satu ini wajib masuk untuk dicoba. Masam Keuneung sendiri mempunyai arti Asam Pedas, dan sesuai namanya, makanan khas Aceh ini memiliki cita rasa pedas dan asam yang menyegarkan.

4. Mie Aceh

Review tentang Masakan Mie Aceh Tradisional yang populer
via Wikipedia

Ini merupakan makana khas Aceh yang paling terkenal. Makanan ini biasanya disajikan dalam dua varian, yaitu digoreng dan juga menggunakan kuah. Kuliner tradisional Aceh ini dilengkapi dengan berbagai pilihan topping mulai dari Kepiting, Daging sapi, dan juga seafood.

Saat ini, diselain daerah Aceh, Anda bisa menemukan mie Aceh. Misalnya di Medan, Anda bisa temukan mie Aceh dihampir setiap kecamatan.

Baca : Nama Pakaian Adat Aceh

5. Sate Matang

Uraian terkait Masakan Sate Matang Tradisional Aceh yang gurih
via Indonesiakaya

Sate Matang merupakan masakan khas Aceh yang berasal dari Daerah Matang. Yang membuat masakan tradisional Aceh ini berbeda dengan sate lainnya adalah bahan berupa daging sapi atau kambing yang diungkep dengan bumbu khas Aceh sebelum kemudian dibakar.

Makanan khas daerah Matang ini penyajiannya juga dilengkapi kuah soto yang gurih membuatnya makin menggoda untuk disantap.

6. Kuah Pliek U

Info terkait Masakan Kuah Pliek U Tradisional Aceh yang banyak dicari
via negerikuindonesia.com

Kuah Pilek U adalah makanan khas dari daerah Aceh Barat. Masakan berkuah yang berisikan sayuran yang banyak ditemukan di tanah Aceh ini memiliki filosofi yang dalam. Kuah Pliek U merupakan lambang dari eratnya kekerabatan dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan ke dalam sebuah kuali besar.

7. Rujak Aceh

Informasi terkait dengan Masakan Rujak Aceh Tradisional yang khas
via Blogger

Kuliner buah – buahan berikut ini bernama Rujak Aceh, yaitu salah satu kuliner yang menawarkan rasa segar kepada penikmatnya. Terbuat dari buah Rumbia yang banyak ditemukan di Aceh dan disirami saus rujak. Santapan khas Aceh ini juga kerap disajikan dingin dengan parutan es sehingga membuatnya makin menyegarkan ketika dimakan.

Baca : Nama Rumah Adat Aceh

8. Ungkot Kemamah

Review tentang Masakan Ungkot Kemamah Tradisional Aceh yang lezat sekali
via Blogger

Ungkot Kemamah termasuk makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan Tuna yang sebelumnya telah direbus dan dikeringkan. Masakan khas Aceh ini lalu diolah menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa menarik dan menggoda lidah.

9. Martabak Aceh

Ulasan terkait dengan Masakan Martabak Aceh Tradisional yang dicari orang
via Femina

Makanan asal Aceh yang sangat populer lainnya adalah Martabak Aceh. Berbahan dasar roti cane sebagai kulitnya, membuat martabak ini memiliki perbedaan dengan martabak sejenisnya. Dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas, kuliner khas Aceh ini bisa menjadi camilan tepat untuk menemanimu menyeruput minuman kopi.

10. Ayam Tangkap

Uraian terkait Masakan Ayam Tangkap Tradisional Aceh yang enak sekali
via Tribunnews

Makanan khas Aceh yang selanjutnya layak kamu cicipi adalah Ayam Tangkap. Makanan ini terbuat dari potongan ayam yang digoreng, ciri khas dari kuliner asal Aceh ini adalah daun teumura dan cabai hijau yang dioseng bersama ayam dan ditaburi bawang goreng. Tentunya kuliner Aceh ini akan berikan Toppers sensasi berbeda dalam menyantap ayam goreng.

11. Kue Adee

Ulasan tentang Masakan Kue Adee Aceh Tradisional yang unik
via Google Image

Kue tradisional khas Aceh yang hanya bisa ditemui di Aceh, khususnya di daerah Kabupaten Pidie Jaya ini merupakan kue bertekstur lembut dan legit dengan cita rasa manis. Selain nikmat menjadi teman minup kopi dan reh di sore hari, makanan tradisional Aceh ini juga bisa jadi alternatif oleh-oleh asal Aceh bagi para wisatawan yang datang, baik dari domestik atau internasional.

Baca : Senjata Tradisional Aceh

12. Kue Timphan

Info tentang Masakan Kue Timphan Tradisional Aceh yang enak
via Tokopedia

Salah satu makanan yang bernama kue tradisional khas Aceh selanjutnya adalah Timphan. Timphan yang memiliki tekstur kenyal dan diolah dengan cara dibungkus daun pisang muda ini meruapakan kuliner khas Aceh yang hanya ditemukan pada saat lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Seiring berjalannya waktu, makanan ini sudha bisa ditemuai diluar hari lebaran. Beberapa warung kopi Aceh menyajikan kue Timphan untuk jadi santapan.

13. Lepat

Uraian terkait dengan Masakan Lepat Tradisional Aceh yang lezat
via Beritatagar

Terbuat dari tepung ketan dengan isian dengan gula merah dan dibungkus daun pisang dan taburan kelapa parut oseng pada bagian tengahnya. Lepat adalah makanan khas Aceh yang sering ditemukan diacara perayaan-perayaan masyarakat Gayo. Cita rasa unik dari kuliner tradisional Aceh ini tentu wajib kamu cicipi saat berlibur atau berkunjung ke wilayah Aceh.

14. Mie Jalak Sabang

Ulasan terkait dengan Masakan Mie Jalak Sabang Tradisional Aceh yang enak
via Kaskus

Selain dari mie aceh masih ada kuliner jenis mie yang menjadi makanan khas dari aceh, namanya adalah Mie Jalak Sabang. Mie Jalak Sabang merupakan masakan khas Aceh Utara yang memiliki tekstur kenyal yang disajikan bersama kaldu gurih dengan topping potongan daging, telur rebus, dan juha tauge. Bikin penasaran ya.

15. Sambal Ganja

Review tentang Masakan Sambal Ganja Tradisional Aceh yang pedas mantap
via dapur.website

Sambal Ganja meskipun nama dari makanan ini adalah sambal ganja namun, makanan tradisional khas Aceh ini tak menggunakan Ganja sedikitpun. Dinamakan Ganja, karena sambal khas Aceh ini mampu membuat siapapun yang mencicipinya menjadi ketagihan.

Baca : Alat Musik Aceh

16. Rujak Samalanga

Ulasan terkait Masakan Rujak Samalanga Tradisional Aceh yang mantap rasanya
via Blogger

Makanan khas Aceh selanjutnya ini berasal dari daerah Bireun, Samalanga, Aceh. Secara komposisi rujak Samalanga juga menggunakan buah-buahan yang biasa digunakan pada rujak umumnya. Namun, bumbu dengan cita rasa asam, manis, dan pedas yang seimbang membuat kesegaran makanan khas Aceh ini semakin menggoda terutama saat cuaca tengah terik.

17. Kue Keukarah

Info terkait dengan Masakan Kue Keukarah Tradisional Aceh yang rapuh
via Blogger

Dengan bentuk yang unik dan tekstur yang renyah, makanan tradisional khas Aceh satu ini cocok untuk menjadi makanan ringan pendamping segelas kopi hangat di sore hari. Kuliner khas Aceh ini juga cocok sebagai pilihan buah tangan asal Aceh untuk kerabatmu.

18. Tasak Telu

Tasak Telu adalah makanan khas Aceh Tenggara berbahan dasar Daging bebek yang direbus bersama berbagai rempah-rempah sehingga menhasilkan rasa gurih yang khas. Salah satu ciri khas dari Tasak Telu adalah tekstur daging bebek yang lembek sehingga mudah dikunyah.

19. Pisang Sale

Uraian tentang Masakan Pisang Sale Tradisional Aceh yang Unik Sekali
via cookpad

Yang terakhir ini namanya Pisang Sale. Merupakan makanan ringan khas masyarakat Aceh yang telah ada sejak zaman dahulu. Memiliki warna kecoklatan, Pisang Sale dibuat dari pisang yang dibaluri dengan gula tebu dan diasapkan. Cita rasa manis dari kuliner tradisional Aceh ini membuatnya banyak digemari.

Baca : Rumah Makan Aceh Enak

Demikian kami sampaikan tentang makanan tradisional Aceh disertai gambar dan penjelasannya. Semoga memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman. Oh iya, bagi Anda yang ingin ke Aceh dan membutuhkan alat transportasi darat sejenis mobil, Anda bisa lihat daftar rental mobil di Aceh pada postingan artikel sebelumnya.

7 komentar

Silahkan berkomentar