Ulasan terkait upacara adat Gawi Lampung dan keunikannya
Gawi via Indonesiakaya.com

7 Upacara Adat Lampung Beserta Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Upacara adat Lampung beserta gambar dan penjelasannya merupakan informasi yang sangat penting untuk diketahui semua warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tradisi di Lampung ini mempunyai nilai yang sangat tinggi bagi khazanah budaya nusantara. Kebiasaan yang harus mendapat tempat bagi hati orang Indonesia.

Upacara adat Lampung dengan segala keunikannya harus terus mendapat perawatan dari pemerintah dan masyarakat, jangan sampai hilang ditelan masa. Menjaga biasanya lebih sulit dari pada menemukan, namun jika ada kemauan maka tidak ada yang tidak bisa.

Banyak momentum atau waktu untuk pelaksanaan upacara adat Lampung, ada yang digelar sebelum pernikahan, ketika sang bayi lahir sampai untuk mensyukuri rumah baru. Dari beberapa upacara yang ada, ada yang bersifat sakral dengan segala ritualnya, ada juga yang bersifat sekedar untuk hiburan.

Artikel upacara adat Lampung ini melengkapi artikel sebelumnya yang sudah kami tulis, yaitu upacara adat Aceh. Kami memahami, ada banyak macam-macam upacara yang adai Indonesia, makanya kami tidak hanya mengulas satu daerah saja.

Apa-apa saja upacara adat Lampung? Simak berikut informasinya.

1. Djujor (Nyakak/Matudau)

Informasi terkait dengan Upacara Adat Lampung yang unik
Ilustrasi via Blogger

Djujor merupakan salah satu upacara adat Lampung yang harus diketahui. Djujor adalah dimana Muli (gadis) yang diambil oleh Mekhanai (bujang) untuk menjadi istrinya, maka sang Mekhanai dan keluarganya harus menyerahkan/membayar Uang Adat (Bandi Lunik) kepada ahli / wali si Muli berdasarkan permintaan dari ahli Keluarga si Muli.

Tradisi ini lazim dilakukan ketika sebelum pernikahan dimulai. Bagi masyarakat setempat, rasanya tidak sempurna sebuah pernikahan tanpa melalui prosesi ini.

2. Nayuh (Tayuhan)

Info tentang Upacara Nayuh Lampung dan Keterangannya
Nayuh via Blogger

Nayuh termasuk upacara adat yang berasal dari Lampung. Tradisi ini adalah saat acara adat atau perayaan yang dilaksanakan oleh keluarga besar.

Ternyata masyarakat lokal tidak hanya melakukannya ketika pernikahan saja, melainkan Tayuhan juga dihelat saat khitanan anak, mendirikan rumah, pesta panen dan Nettah Adoq.

Rapat keluarga atau rapat adat yang membahas tentang Tayuhan yang dinamakan Himpun dilakukan sebelum dilaksanakan Tayuhan dan Pangan.

Ketika Nayuh inilah baru dipertunjukkan penggunaan perangkat serta alat-alat adat berupa piranti adat di atas (di lamban) maupun piranti adat di bah (arak arakan) yang penggunaaanya disesuaikan dengan hukum adat yang berlaku. Umumnya, penggunaan Piranti ini disesuaikan dengan status Adoq atau Gelar Adat yang disandang.

3. Gawi

Ulasan terkait upacara adat Gawi Lampung dan keunikannya
Gawi via Indonesiakaya.com

Gawi merupakan tradisi atau upacara adat Lampung untuk merayakan ritual kehidupan, baik merayakan kelahiran, menjelang pernikahan atau momen lainnya dalam kehidupan. Dan salah satu tujuan dari upacara adat ini adalah sebagai bentuk syukur atas segala nikmat dari Yang Kuasa.

Tidak semua orang bisa membuat perhelatan upacara Gawi. Umumnya, tradisi ini digelar masyarakat yang mempunyai ekonomi yang sudah mapan sajalah. Alasannya, karena pelaksanaannya membutuhkan biaya cukup mahal.

4. Ngebabali

Ngebabali adalah upacara adat Lampung yang dilaksanakan saat membuka perladangan baru disaat membersihkan lahan untuk ditanami atau pada saat mendirikan rumah dan kediaman yang baru. Konon motivasi masryakat melakukannya untuk membersihkan tempat angker yang mempunyai aura gaib jahat.

5. Ngambabekha

Uraian terkait dengan Upacara Ngambabekha Lampung dan Ciri Khasnya

Ngambabekha termasuk kedalam upacara adat yang berasal dari daerah Lampung. Tradisi ini dilaksanakan saat hendak Ngusi Pulan [membuka hutan] untuk dijadikan Pemekonan [Perkampungan] dan perkebunan, karena diyakini Pulan Tuha [hutan rimba] memiliki penunggunya sendiri.

Upacara tersebut dimaksudkan untuk mengadakan perdamaian dan ungkapan selamat datang agar tidak saling mengganggu.

6. Ngumbai Lawok

Review tentang Upacara Ngumbai Lawok Lampung dan Sejarahnya
Ngumbai Lawok via Blogger

Ngumbai Lawok adalah upacara adat Lampung yang bertujuan atau bentuk ungkapan syukur masyarakat pesisir atas hasil laut dan juga untuk memohon keselamatan kepada sang pencipta agar diberikan keselamatan saat melaut. Saat pelaksanannya dikorbankan kepala kerbau sebagai simbol pengorbanan dan ungkapan terima kasih kepada laut yang telah memberikan hasil lautnya kepada nelayan. (Baca: Alat Transportasi Laut)

7. Balimau

Balimau adalah upacara adat Lampung yang berupa mandi yang dilakukan menjelang datangnya bulan ramadhan. Biasanya masyarakat Lampung akan menggunakan berbagai wangi-wangian alami dan campuran limau untuk membersihkan diri. Konon, upacara ini diangggap membersihkan diri menjelang masuknya bulan suci ramadhan.

Oke, kami sudahi dahulu pembahasan tentang upacara adat Lampung ini. Semoga bisa memberikan manfaat kepada pembaca. Ikuti terus perkembangan blog ini ya.

1 komentar

Silahkan berkomentar