Ulasan mengenai Permainan Patil Lele Jawa Timur dan Ciri Khasnya
Patil Lele via jatimundercover.com

12 Permainan dan Olahraga Tradisional Jawa Timur Serta Cara Memainkannya

Diposting pada

Permainan dan olahraga tradisional Jawa Timur (Surabaya) adalah warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya oleh semua warga Indonesia, baik pria dan wanita, muda-mudi dari berbagai suku dan agama. Bentuk pelestarian terhadap permainan yang ada di Jawa Timur pun bermacam-macam. Dari yang sederhana sampai perihal yang komplek sifatnya.

Permainan dan olahraga tradisional dari provinsi Jawa Timur memiliki berbagai macam keunikan dan ciri khasnya. Hal ini bisa menjadi daya tarik wisatawan asing untuk datang guna mengenal budaya asli Indonesia dalam bentuk permainan tradisional. Keunikannya akan nampak saat dilakukan perbandingan dengan permainan anak-anak zaman sekarang dan permainan tradisional Jawa Tengah .

Permainan Jawa Timur zaman dahulu kini keberadaannya sangat memprihatinkan, karena makin banyak ditinggalkan oleh generasi zaman sekarang. Banyaknya muncul permainan modern menjadi salah satu faktor utama. Beberapa permainan atau olahraga tradisional Jawa Timur ini hanya tinggal nama saja.

Pada informasi kali ini, kami akan menyampaikan tentang apa saja permaianan tradisional Jawa timur yang bisa Anda ketahui. Mulai dari nama, keterangan, sejarah singkat sampai gambar serta cara bermainnya. Ini semua penting diketahui sebagai warga Indonesia.

Baca : Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Berikut adalah permainan dan olahraga tradisional Jawa Tengah yang pernah ada dalam sejarah.

1. Phatol

Informasi mengenai permainan Phatol Jawa Timur dan Penjelasannya

Permainan Phatol ini merupakan olahraga yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya Sarang Kabupaten Rembang. Pada awalnya, Phatol ini dilakukan dimasa kerajaan Majapahit yang bertujuan untuk menentukan kesatria terbaik dan layak untuk menjaga pelabuhan dari para pendatang (Perompak dan Penyamun) pada kala itu. Seiring berjalan waktu, permainan ini mulai dimainkan oleh masyarakat umum untuk mengisi waktu luang atau sekedar jadi media hiburan rakyat.

2. Karapan Sapi

Info mengenai Permainan Karapan Sapi Jawa Timur dan Sejarahnya
Karapan Sapi via damniloveindonesia.com

Karapan Sapi merupakan perlombaan Pacuan Sapi yang berasal dari daerah Madura provinsi Jawa Timur. Pada perlombaan Karapan Sapi ini dibutuhkan dua ekor sapi yang digunakan untuk menarik kereta kayu pada lintasan yang biasanya berjarak 100 m. Karapan Sapi ini pada awalnya adalah perlombaan para petani yang beradu ketangkasan dalam mengendalikan sapi ketika membajak sawah dan kemudian mulai diadakanlah perlombaan khusus Karapan Sapi.

Setiap tahun, masyarakat Jawa Timur mengadakan perlombaan Karapan Sapi sebagai sarana hiburan masyarakat setempat. Semua berharap semoga permainan tradisional ini tetap ada.

3. Jamuran

Ulasan Mengenai Permainan Jamuran Jawa Timur dan Penjelasannya
Jamuran via WordPress

Jamuran adalah permainan yang berasal dari daerah Jawa Timur. Permainan tradisional ini pada umumnya dimainkan oleh anak perempuan maupun laki-laki. Tempat atau lokasi bermainnya bisa di halaman, lapangan atau tempat yang mempunyai luas yang cukup besar.

Cara memainkan permainan ini tidak begitu sulit, karena untuk bermain permainan ini tidak perlu menggunakan alat atau benda apapun. Perserta bermain cuma perlu mengikuti permainan dan sebagai syarat hanya cukup minimal 8 pemain atau lebih. Semakin banyak pemain, maka permainan ini akan menjadi lebih seru.

4. Lompat Karet

Uraian Mengenai Permainan Lompat Karet Jawa Timur dan Keterangannya
Lompat Karet via Kompas

Meski ada yang sebut permainan Lompat Karet bukan asli dari Jawa Timur, namun permainan ini cukup populer dan umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan Jawa Timur.

Pada faktanya, permainan Lompat Karet dimungkinkan untuk anak laki-laki. Minimal 3 orang untuk berjalannya permainan ini. Karet yang disatukan menyerupai tali panjangnya adalah alat untuk bermain lompat karet.

Baca : Tarian Adat Tradisional Jawa Timur

5. Nekeran

Info tentang Permainan Nekeran Jawa Timur dan Sejarahnya
Nekeran via Blogger

Nekeran merupakan permainan tradisional dari Jawa timur. Nekeran adalah sebuah benda yang terbuat dari bahan sejenis kaca, memiliki bentuk bulat dan memiliki diameter yang tidak besar dan tidak juga kecil. Nama lain dari Nekeran adalah kelereng.

Permainan ini sudah menjadi permainan favorit bagi anak laki-laki di jawa timur. Dengan memakai kedua tangan, permainan Nekeran bisa dengan mudah dimainkan. Butuh tempat yang luas dalam bermainnya. Biasanya mereka memakai halaman rumah atau lapangan saat bermain Nekeran.

6. Patil Lele

Ulasan mengenai Permainan Patil Lele Jawa Timur dan Ciri Khasnya
Patil Lele via jatimundercover.com

Patil Lele adalah permainan tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Patil Lele banyak dimainkan oleh anak laki-laki. Hal ini karena permainan Petil Lele membutuhkan kecepatan dan ketangkasan dalam melempar dan menangkap batang bambu.

Permainan Patil Lele membutuhkan 2 batang bambu yang memiliki ukuran yang berbeda-beda, bambu yang pertama memiliki ukuran sekitar 30 cm dan bambu yang kedua memiliki ukuran yang lebih pendek dari bambu yang pertama.

Ujung dari bambu dipukul yang sehingga naik keatas, kemudian dipukul lagi untuk mencapai target yang hendak dicapai. Semakin jauh, maka permainan akan semakin menarik dan seru.

7. Cublak-Cublak Suweng

Uraian Mengenai Permainan Cublak-Cublak Suweng Jawa Timur dan Keterangannya
Cublak-Cublak Suweng via Plukme.com

Permainan Cublak-Cublak Suweng berasal dari Jawa Timur. Permainan ini merupakan yang sangat populer di kalangan anak-anak, apalagi yang lahin pada tahun 90-an. Ketika hampir semua anak-anak bermain permainan ini sehingga mengundang perhatian warga setempat.

Kabarnya, permainan ini masih dimainkan sampai sekarang. Beberapa anak-anak di Jawa Timur masih memainkannya. Dibutuhkan sedikitnya 3 orang untuk bermain Cublak-Cublak Suweng. Permainan akan lebih menarik jika jumlah pemain melebihin dari 6 orang.

8. Petak Umpet

Info terkait dengan Permainan Petak Umpet Jawa Timur dan Penjelasannya
Petak Umpet via k-game.net

Yang berikut ini adalah permainan Petak Umpet termasuk permainan berasal dari Jawa Timur. Petak Umpet tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun permainan ini sudah terkenal pada belahan dunia. Anak-anak Indonesia sangat akrab dengan permainan ini. Kini dimainkan meski tidak sebanyak dahulu. Anak zaman sekarang sudah memiliki alternatif permainan baru.

9. Gobak Sodor

Uraian Mengenai Permainan Gobak Sodor Jawa Timur dan Penjelasannya
Gobak Sodor via Boombastis.com

Gobak Sodor merupakan permainan tradisional Jawa Timur. Permainan yang satu ini memiliki reputasi yang tidak perlu diragukan lagi. Zaman dahulu, anak-anak hingga remaja di Jatim menjadikan permainan ini sebagai media untuk mengisi waktu luang.

Meski ada sumber yang sebut permainan Gobak Sodor ini berasal dari Jawa Timur, tetapi tidak dapat dipungkiri kalau permainan ini dimainkan oleh hampir seluruh anak-anak di Indonesia.

Selain sekedar jadi permainan, Gobak sodor juga sering dibuat perlombaan guna memeriahkan hari-hari besar tertentu, seperti Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

10. Bentengan

Bentengan biasannya membutuhkan dua kelompok pemain, dari masing-masing kelompok memiliki 5-10 orang pemain. Permainan tradisional Bentengan ini banyak dijumpai di Jawa Timur. Pada kenyataannya, permaianan klasik ini tidak hanya bisa dijumpai di Jawa Timur, tapi di Jawa Barat dan Jawa Tengah dapat juga di jumpai.

Permainan ini akan menetukan siapa pemenangnya. Maka untuk bermain Bentengan, pemain memerlukan rancangan strategi agar bisa menang atas lawan.

11. Engklek

Uraian Mengenai Permainan Engklek Jawa Timur dan Keterangannya
Engklek via Blogger

Engklek ialah permainan tradisional dari Jawa Timur. Saat ini sudah jarang ditemui, walaupun begitu permainan yang satu ini pernah menjadi permainan yang populer dikalangan anak-anak pedesaan, khususnya dikalangan anak-anak perempuan.

Bagi Anda yang ingin tahu cara memainkan Engklek, caranya sangatlah mudah. Nantinya akan digambar susunan kotak-kotak, pemain diharuskan berjalan dan melewati kotak-kotak tersebut dengan satu kaki. Manfaat dari permainan adalah meningkatkan daya keseimbangan tubuh pada diri anak.

12. Congklak

Info terkait Permainan Congklak Jawa Timur dan Keterangannya
Congklak via Bobo

Congklak adalah permainan tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Saat ini, permainan Congklak masih bisa dijumpai. Permainan bisa membuat otak berpikir karena apabila asal jalan atau atau asal main kamu akan kalah dan kamu akan menikmati permainan degan singkat.

Untuk itu, perlu menggunakan pikiran sebelum bermain Congklak. Karena bermainnya bisa dengan duduk, maka bermain Congklak tidak mengeluarkan keringat dan tenaga banyak.

Baca : Senjata Tradisional Jawa Timur

Demikian kami sampaikan mengenai informasi dari olahraga dan permainan tradisional Jawa Timur untuk para pembaca. Banyak lagi permainan warisan sejarah yang dimiliki Indonesia, dan kita harus terus merawatnya.

Silahkan berkomentar