Informasi mengenai permainan Ancak-Ancak Alis Jawa Tengah dan Sejarahnya
Ancak-Ancak Alis via Blogger

7 Olahraga dan Permainan Tradisional Jawa Tengah Serta Cara Bermainnya

Diposting pada

Olahraga dan permainan tradisional Jawa Tengah (Semarang) serta cara bermainnya adalah informasi yang wajib diketahui oleh semua warga negara Indonesia yang cinta akan budaya, baik pria dan wanita yang dari Aceh sampai Merauke.

Olahraga dan permainan tradisional khas Jawa Tengah apakah masih banyak diketahui oleh mayoritas anak-anak Indonesia? Syukurlah, jika masih banyak yang mengenalnya. Tapi rasanya mustahil, karena saat ini banyak anak Indonesia lebih suka kepada permainan modern, seperti: playstation dan game berbasis Android atau Tablet yang tersedia di Komunikasi Daring. Sementara permaianan adat yang merupakan warisan zaman dahulu perlahan mulai ditinggalkan.

Maka dari itu, semua permainan dan olahraga yang berasal dari daerah Jawa Tengah wajib dijaga oleh warga Indonesia dengan banyak cara, mulai dari membiasakannya sampai mengkoleksinya. Jangan sampai hanya tinggal sejarah saja.

Memainkannya olahraga dan permainan tradisional Jawa Tengah rasanya tidaklah begitu sulit jika Anda serius mempelajarinya. Bisa disebut permainan tradisional ini bersifat sederhana sehingga sangat mudah memainkannya. Untuk sekedar tambahan, ada yang dimainkan dengan lagu daerah setempat.

Masalahnya, siapakah yang saat ini anak Indonesia masih bangga dengan permainan Indonesia? Sulit untuk menjawabnya. Terlepas dari pertanyaan dan jawaban ini, kami punya prinsip “lebih baik menyalakan cahaya daripada mengutuk kegelapan”. Tujuan tulisan ini adalah untuk menjaga nilai-nilai budaya Indonesia sampai kapan pun.

Sebelumnya kita perkenalkan olahraga dan permainan tradisional Jawa Tengah, ada baiknya anda juga – nanti – membaca artikel pakaian adat Jawa Tengah dan senjata tradisional Jawa Tengah yang sudah pernah kami tulis dahulu.

Berikut kumpulan informasi macam-macam olahraga dan permainan tradisional Jawa Tengah yang wajib diketahui.

1. Ancak-Ancak Alis

Informasi mengenai permainan Ancak-Ancak Alis Jawa Tengah dan Sejarahnya
Ancak-Ancak Alis via Blogger

Permainan Ancak-Ancak Alis berasal dari Jawa Tengah yang bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Tidak dimainkan secara sendiri, permaianan ini dimainkan secara beramai ramai.

Cara Bermainannya:

Dua orang anak menggabungkan kedua tangan mereka dan diangkat tinggi-tinggi agar bisa dilewati teman mereka. Kemudian anak-anak yang lain membuat rangkaian, setelah itu satu persatu memasuki melewati kedua anak tadi, sambil menyanyikan lagu.

Catatan: Permainan ini hampir sama dengan permainan Ular Naga, hanya saja lagunya yang berbeda.

2. Udan Barat

Info tentang Udan Barat Jawa Tengah dan Ciri Khasnya
Udan Barat via Blogger

Udan Barat merupakan permainan yang berasal dari Jawa Tengah. Permainan ini memakai pecahan ubin/genting disebut gacuk. Cara bermainnya sangat sederhana yaitu para pemain melemparkan batu ke garis dan pemain yang gacuknya paling dekat dengan garis dia yang mulai main. Gacuk dipasang di kaki, lalu orang berjalan jingkat jingkat dengan gacuk terpasang di satu kaki. Ada yang menang dan yang kalah. Mereka yang kalah dalam permainan ini harus menggendong teman yang menang, dari garis ke garis. Seru ya!

3. Bangun Duduk

Permainan Bangun Duduk berasal dari daerah Jawa Tengah yang bisa dimainkan anak laki-laki maupun perempuan. Ada batas minimal orang yang memainkannya. Jumlahnya minimal dalam permainan ini tiga orang.

Beberapa manfaat dari permainan ini adalah :

  • Mengisi waktu luang. Pada masa lalu, banyak anak-anak yang mengisi waktu luang mereka dengan bermain ini.

  • Melatih Kecepatan. Hal ini karena dalam permainan ini diharuskan untuk berlari.

Semua orang yang ikut dalam permainan ikut melakukan “hom pim pah” kemudian siapa yang kalah menjadi penjaga. Usai diketahui siapa yang menjadi penjaga permainan dapat dimulai, nah pemain yang menang bisa memulai mengganggu yang kalah. Penjaga/pemain yang kalah harus berhasil mengejar teman yang menang dan menyentuhnya, apabila berhasil maka pemain yang disentuh giliran jaga tetapi syaratnya pemain yang disentuh harus dalam posisi berdiri karena apabila dalam posisi duduk (jongkok) maka pemain tidak bisa disentuh dan penjaga harus mencari teman lain yang tidak jongkok.

Bagi pemain yang menang harus waspada, bila sudah terlalu dekat dengan penjaga harus segera lari atau duduk. Dan pemain yang sudah jongkok tidak bisa asal berdiri, pemain harus menunggu disentuh teman lain yang tidak jongkok (bebas), bila semua pemain jongkok maka pemain jaga harus menghitung dan saat itu semua pemain harus berdiri lagi dan mulai main seperti awal.

4. Gobak Sodor

Ulasan mengenai Permainan Gobak Sodor Jawa Tengah dan Keunikannya
Gobak Sodor via anakmandiri.org

Permaianan pada poin ini bernama Gobak Sodor yang berasal dari Jawa Tengah. Jumlah pemainnya minimal 6 orang, yang kemudian pemain dibagi dalam 2 kelompok. Pada 1 kelompok bisa campuran ada anak laki-laki dan perempuan. Permainan Gobak Sodor, biasanya dilakukan di halaman rumah yang agak luas. Permainan ini juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga pada masa lalu.

Berikut cara bermain Gobak Sodor:

Sebelum permainan dimulai arena dibuat dulu atau dibuat garis-garis. Manfaat dari garis tersebut yaitu sebagai pembatas dan pintu. Alat untuk membuat garis-garis adalah kapur atau sejenenisnya. Arena atau garis yang diperlukan pun sederhana, bentuknya atau jumlah pintu (garis horizontal) bisa disesuaikan dengan banyaknya jumlah pemain tiap kelompok.

Manfaat dari melakukan olahraga ini adalah kecepatan karena pemain harus berlari, kecermatan (karena harus menjaga pintu agar tidak kecolongan), kekompakan, sportifitas, dan senang(mengisi waktu luang).

5. Egrang (Enggrang)

Uraian tentang Permainan Egrang Jawa Tengah dan Sejarahnya
Egrang via damniloveindonesia.com

Permainan tradisional Egrang atau Enggrang berasal dari daerah Jawa Tengah ini pastinya sudah tak asing lagi bagi masyarat di Indonesia. Ini dikarenakan sejak zaman dulu permainan ini sudah dimainkan oleh anak-anak dan juga para remaja.

Beberapa daerah lain di Indonesia juga memiliki permainan seperti ini, namun namanya bukanlah Egrang atau Enggrang. Masing-masing daerah memiliki nama-nama tersendiri. Bahan dari permainan egrang adalah kayu atau bambu.

Cara membuatnya egrang:

Pertama kita cukup siapkan dulu bambu yang sudah tua tapi berukuran tanggung. Siapkan dua (2) pasang bambu dengan ketinggian seperti tinggi badan kita.

Lalu buat pijakkan kaki yang nantinya untuk kita pijak pada bagian bawah bambu, kira-kira tingginya di ukur mulai dari tanah sampai dengan lutut kita.

Sedangkan cara bermain Egrang ini kabarnya cukup sulit. Pemain dituntut untuk menjaga keseimbangan saat berjalan agar tidak terjatuh. Jika tidak bisa seimbang, maka pemain sangat rentan terjatuh. Hanya mereka yang bisa jaga keseimbangan saja yang bisa memainkan enggran dengan baik dan sempurna.

6. Sepak Tekong

Review tentang Permainan Sepak Tekong Jawa Tengah dan Cara Bermainnya
Sepak Tekong via Pastiguna.com

Permainan Sepak Tekong berasal dari jawa Tengah. Permainan ini sangat digemari oleh anak lak-laki, biasanya waktu mereka bermain adalah di sore hari. Untuk bermain Sepak Tekong ini cukup mudah, yang diperlukan adalah kegesitan dalam berlari dan juga kelincahan.

Jumlah pemain sepak tekong ini minimal 2 orang, tapi kalau hanya dua orang maka permainan ini tidak seru, semakin banyak pemain maka akan semakin menambah keseruan dari permainan Sepak Tekong.

Berikut cara bermainnya:

Pertama kita buat lingkaran, di dalam lingkaran itu kita letakkan bola plastik. Lalu tentukan dahulu siapa yang akan berjaga, jika sudah ditentukan maka yang lainnya bersembunyi.

Tugas si penjaga tadi adalah menjaga bolanya agar tidak di tendang oleh pemain yang bersembunyi, selain itu juga penjaga bola tadi mencari pemain yang bersembunyi, jika ada pemain yang bersembunyi terlihat oleh kita.

7. Bentengan

Penjelasan Mengenai Permainan Bentengan Jawa Tengah dan Keunikannya
Bentengan via Youtube

Bentengan termasuk permainan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Permainan Bentengan dimainkan oleh dua kelompok yang masing-masing kelompok mempunyai 4 sampai 10 orang.

Kemudian setiap kelompok memilki benteng, biasanya benteng berupa tiang atau pohon. Dalam bermain Bentengan ini setiap anggotanya mempunyai tugas masing-masing, ada yang jadi penyerang, bertahan ada juga yang bertugas sebagai pengalih.

Jadi tujuan akhir dari benteng ini adalah dengan menyentuh benteng lawan, jadi siapa yang menyentuh benteng lawan duluan maka grup itulah sebagai pemenang. Selain dengan menyentuh benteng kemengan juga bisa kita raih dengan cara menangkap seluruh anggota lawan dengan cara menyentuh bagian tubuh mereka.

Jadi siapa yang banyak nangkap anggota, maka sudah dipastikan menjadi pemenangnya. Karena yang ada untuk menjaga benteng pasti cuma satu orang saja, sehingga kita bisa mengepungnya dan memenangkan pertandingan.

Baca : Rental Mobil Semarang

Demikian informasi tentang olahraga dan permainan tradisional Jawa Tengan serta cara memainkannya ini kami sampaikan. Banyak lagi permainan khas Indonesia yang akan kami tulis pada waktu selanjutnya.

2 komentar

Silahkan berkomentar