Ulasan Mengenai Alat musik Bansi Sulawesi Utara yang unik
Bansi via blogger

15 Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Alat musik tradisional Sulawesi Utara (Manado) dan gambar serta penjelasan atau keterangannya adalah bagian kesenian dan budaya Indonesia dalam jenis seni musik yang keberadaannya harus terus dirawat oleh semua warga negara. Tidak semua mau meawarat warisan budaya bangsa dikarenakan masalah kepedulian dan wawasan yang sangat rendah. Jika wawasan luas dan rasa peduli ada, maka dengan sendirinya akan muncul keingin untuk menjaga dan merawat budaya bangsa,

Baca : Pengertian Budaya Adalah

Apa nama-nama alat musik Sulawesi Utara bisa Anda ketahui dari berbagai macam media yang ada saat ini, bisa melalaui membaca buku, diskusi, datang kemuseum yang di kota Manado dan browsing melalui media internet.

Ada banyak alat musik yang berasal dari daerah Sulawesi Utara, baik alat musik yang dipukul atau alat musik yang dipetik dan alat musik yang ditiup. Dari informasi yang kami temukan, ada belasan jumlahnya. Melebihi jumlah alat musik tradisional Sulawesi Selatan.

Macam-macam alat musik tradisional Sulawesi Utara memberikan sinyal bahwa negara Indonesia benar-benar kaya kebudayaan seninya. Dan ini merupakan modal bagi Indonesia untuk menjadi negara yang memiliki daya tarik di dunia internasional. Budaya yang dijaga ini bsa difungsikan sebagai objek wisata. Dinas kebudayaan bisa bersinergi dengan dinas pariwisata guna memantapkan program kerja bersama untuk berbagai taktis dan strategis.

Dalam keterangan alat musik tradisional Sulawesi Utara, kami juga menyajikan bagaimana cara memainkannya alat musik khas Manado ini yang lebih lengkap dari informasi yang ada pada laman Brainly. Oh iya, kami pernah menulis alat musik tradisional Sulawesi Barat, alat musik tradisional Sulawesi Tenggara dan alat musik tradisional Sulawesi Tengah yang merupakan artikel terkait dengan topik kali ini.

Berikut adalah nama-mana alat musik tradisional Sulawesi Utara yang penting diketahui.

1. Yori

Alat musik tradisional Sulawesi Utara yang bernama Yori. Alat ini dikenal sebagai Harpa mulut, dimana mulut pemain Yori bertindak sebagai resonator nada. Fungsi tali pada badan Yori bertindak sebagai pengatur tinggi nada.

Kabarnya, alat musik Yoti ini dikenal sebagai alat musik yang agak mistis. Dasarnya karena karena alat musik Yori ini kerap dimainkan oleh suku Kulawi saat gerhana bulan ataupun gerhana matahari.

Beberapa sumber juga menyatakan alat musik Yori juga berasal dari daerah propinsi Sulawesi Tengah.

Tidak tahu, apakah saat ini masih selalu dimainkan oleh masyarakat setempat alat musik ini. Jika pembaca tahu, silahan tulis dikolom komentar ya.

2. Santu

Alat musik Santu merupakan alat musik tradisional Sulawesi Utara yang cara memainkannya dengan dipetik. Bahan alat musik Santu terbuat dari bambu dan kayu. Selain dipetik, alat musik ini juga dapat dimainkan dengan cara dipukul-pukul dengan menggunakan tongkat.

Dalam berbagai pertujukkan, para pemain musik biasanya memainkan Santu dengan posisi duduk bersila dan Santu ada di dekapan pemain musik. Pada zaman dahulu, alat musik ini kerap dimainkan para petani saat merayakan hasil panen yang berlimpah.

3. Paree

Alat musik Paree termasuk sebagai alat musik tradisional Sulawesi Utara yang terbuat dari bambu kering yang bisa didapatkan dari para petani. Untuk mengeringkan bambu, biasanya dilakuakn penjemuran saat matahari menyinari disiang hari.

Paree dimainkan dengan cara dipukul-pukul memakai tangan orang yang memainkannya. Pada zaman dahulu, alat musik ini dimainkan sebagai alat seni hiburan guna mengisi waktu luang.

4. Lalove

Lalove merupakan alat musik jenis tiup yang berasal dari Sulawesi Utara. Alat ini digunakan sebagai pengiring tarian tradisional masyarakat. Hampir sama dengan alat musik Yori, alat musik Lalove ini juga agak mistis. Ini dibuktikan jika seseorang sudah pernah kerasukan sesosok roh, maka dengan hanya mendengarkan alunan lalove, orang tersebut akan kehilangan kesadaran dan kembali kerasukan.

Sifatnya yang demikian, maka itu alat musik ini tidak diperkenankan untuk sembarangan dimainkan. Hal yang tidak dinginkan bisa saja terjadi ketika alat musik ini dimainkan oleh orang yang tidak biasa memainkan alat musik Lalove.

5. Kolintang

Informasi tentang Alat Musik Kolintang Sulawesi Utara dan Penjelasannya
Kolintang via kata.co.id

Alat musik tradisional Sulawesi Utara ini bernama Kolintang. Kabar baiknya untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tantang alat musik ini, kami beberapa waktu yang lalu sudang mengulas tentang sejarah, fungsi dan cara memainkan alat musik Kolintang.

6. Momongan

Alat musik tradisional Sulawesi Utara pada poin ini dikenal dengan nama Momongan. Yang pasti ini bukan Momongan anak bayi ya :).

Alat Musik Momongan berkembang di wilayah Minahasa. Dan cara memainkan Momongan ini dengan cara dipukul menggunakan kayu atau tongkat. Biasanya Momongan dibuat dari campuran logam perunggu. Masyarakat lokal pada zaman dahulu jika ingin melihat alat musik Momongan ini ketika ada acara hiburan rakyat atau sebagai pengiring seni tradisional Minahasa.

7. Salude

Info tentang alat musik Salude Sulawesi Utara dan Keterangannya
Salude via Indonesiakaya.com

Alat musik tradisional Sulawesi Utara yang ini memiliki nama Salude dan dimasukkan kedalam alat musik Idokardofon. Salude dimainkan dengan cara dipetik menggunakan pelepah pisang yang sudah dibentuk sedemikian rupa.

Pada badan Salude terbuat dari satu ruas bambu dengan dua buah dawai yang dapat mengeluarkan nada. Dawai tersebut biasanya dibuat dari kulit ari bambu.

8. Tetengkoren

Ulasan Mengenai Alat Musik Tetengkoren Sulawesi Utara dan Sejarahnya
Tetengkoren via suaramanado.com

Berikut adalah alat musik Tetengkoren yang berasal dari dari daerah Sulawesi Utara, tepatnya alat musik bambu ini dari Minahasa dan para petaninya sering memainkannya untuk menghibur hati, atau sebagai pengusir hama burung saat disawah.

Jika diamati, bentuk Tetengkoren sama seperti Kentongan. Cara memainkannya adalah dengan dipukul-pukul. Yang unik dari alat musik ini adalah, selain digunakan sebagai alat musik, Tetengkoren ternyaat berfungsi sebagai alat pengusir hama burung.

9. Sasesahang

Uraian tentang alat musik Sasesahang Sulawesi Utara dan Ciri Khasnya
Sasesahang via alatmusik.org

Alat musik tradisional Sasesahang berasal dari daerah Sulawesi Utara yang mempunyai bentuk seperti Garpu Tala berujung runcing yang terbuat dari ruas bambu. Bunyi nada yang dikeluarkan oleh Sasesahang ini bergantung pada ketinggian ruas tabung bambu. Dan pada umumnya, guna untuk keperluan pertunjukan atau pagelaran seni musik, dibutuhkan sekitar 5 atau 6 buah Sasesahang dengan nada yang berbeda beda.

Bagi yang ingin tahu sekilas cara memainkan alat musik Sasesahan, yaitu dengan cara dipukul menggunakan tongkat berlapis bahan karet.

10. Arababu

Review tentang alat musik Arababu Sulawesi Utara dan Keunikannya
Arababu via Indonesiakaya

Arababu merupakan alat musik dari Sulawesi Utara yang mempunyai kemiripan bentuk dengan alat musik Rebab. Mempunyai 1 buah dawai saja, Arababu dimainkan dengan cara digesek. Dawai Arbabu terbuat dari serat tanaman yang sering digunakan adalah pisang hote.

11. Bansi

Ulasan Mengenai Alat musik Bansi Sulawesi Utara yang unik
Bansi via blogger

Alat musik Bansi berasal dari Sulawesi Utara yang dimainkan dengan cara ditiup. Pada alat Bansi terdapat sejumlah lubang nada dimana lubang-lubang ini harus ditutup agar dapat menghasilkan nada-nada tertentu. Jari tangan yang piawai sajalah yang bisa menghasilkan nada yang luwes dan merdu dengan alat musik Bansi.

Keberadaan Bansi dalam sebuah pertunjukan musik biasanya diposisikan sebagai melodi lagu.

12. Kanda

Kanda merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan atau ditabuh dengan ujung ibu jari. Alat musik Sulawesi Utara ini hampir mirip dengan Kendhang dari tanah Jawa, tetapi ukuran Kanda lebih ramping dan lebih kecil. Membran alat musik Kanda masih tradisional yang terbuat dari kulit binatang seperti sapi, kambing atau rusa.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh alat musik Kanda sangat bergantung pada kepiawaian pemain musik dalam menabuh atau menepuknya.

13. Gimba

Poin yang ini ialah alat musik tradisional Sulawesi Utara yang bernama Gimba. Dilihat dari bentuknya hampir sama dengan Kendang, tetapi berukuran lebih panjang dan agak lebih bulat. Membran kulit penghasil suara pada Gimba terdiri dari:

  • kulit anoa,

  • kerbau atau sapi.

Sedangkan tali pengikat membran dengan badan Gimba dibuat dari rotan. Karena hampir sama dengan Kendang, maka cara memainkan Gimba adalah dengan dipukul.

Alat musik Gimba biasanya atau seringkali digunakan sebagai pengiring atraksi silat dan pengiring tari tarian tradisional Sulawesi Utara.

Jika melihat ukurannya Gimba, maka tidak satu ukuran saja, melainkan bervariasi.

14. Tatali

Alat musik tradisional Tatali daerah Sulawesi Utara yang ini merupakan alat musik yang dibuat dari bahan tumbuhan bambu. Pada umumnya, dimensi ukuran Tatali ialah 50 cm untuk panjang dan 2 cm untuk diameter dengan tiga buah lubang nada. Tatali hanya memiliki tiga nada dan kualitas suara yang dihasilkannya sangat bergantung pada kepiawaian pemain musik mengatur pernapasan.

Skill atau keterampilan olah nafas sangat diperlukan bagi mereka yang ingin belajar tentang Tatali ini.

15. Tutuba

Yang berikut ini adalah alat musik Sulawesi Utara yang bernama Tutuba. Berdasarkan sejarah, alat musik ini adalah alat musik yang berkembang dikalangan suku To Wana, Sulawesi. Tutuba memiliki dawai dan dimainkan dengan cara memetik dawainya. Bahan untuk membuat Tutuba ialah tanaman bambu. Masyarakat setempat sering memakai alat musik ini sebagai pengiring dari tari tarian tradisional Sulawesi, khususnya tarian daerah Sulawesi Utara.

Baca : Alat Musik Tradisional Indonesia

Demikianlah kami sampaikan mengenai informasi artikel alat musik tradisional Sulawesi Utara, gambar dan penjelasannya. Semoga bisa dipahami dan menambah wawasan pembaca. Indonensia memang kaya warisan sejarah dalam berbagai budaya.

Silahkan berkomentar