Uraian Mengenai Alat Musik Gendang Bulo Sulawesi Selatan dan Sejarahnya
Gendang Bulo via alatmusik.org

11 Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan beserta Gambar dan Keterangannya

Diposting pada

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan (Makassar) dan gambar beserta keterangannya adalah informasi yang penting untuk diketahui oleh Anda. Mengapa? Karena alat musik tersebut merupakan budaya asli Indonesia yang harus kita jaga bersama.

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan disebut juga kesenian daerah yang kaya akan nilai-nilai sejarah masa lalu sebagai warisan budaya. Meski tidak semua alat musik klasik itu dapat digunakan lagi, namun keberadaannya harus terus terjaga sampai kini, bagian dari seni musik ini jangan pupus ditelan zaman.

Supaya tidak hilang ditelan zaman, semua warga Indonesia – tanpa terkecuali – harus menjaga dan melestarikannya dengan berbagai cara. Salah satu cara kami menjaganya adalah dengan menulis dan mempublikasinya di laman komunikasi Daring guna menjadi arsip digital yang bisa diakses kapan saja, 24 jam non stop. Inilah salah satu bedanya pustaka digital dengan pustaka non digital.

Kabar baiknya, bukan cuma alat musik Sulawesi Selatan saja yang sudah kami jadikan arsip digital, artikel lain terkait dengan alat musik tradisional Indonesia juga sudah kami kumpulkan. Untuk yang membutuhkannya bisa dengan melihat pada kolom menu pencarian: menuliskan kata kunci.

Sama seperti alat musik dari daerah lain, baik di Indonesia maupun luar negeri, cara memainkan alat musik tradisional Sulawesi Selatan berbeda-beda, ada yang dengan cara dipukul, dengan cara ditiup sampai dengan cara digesek serta alat musik tersebut hanya digoyang saja sudah menghasilkan bunyi yang sampai ditelinga.

Sebelum menulis tentang alat musik dari daerah Sulsel, kami sudah menulis banyak sekali terkait topik kesenian khas musik dari daerah lain. Baik di daerah pulau Sulawesi sendiri, maupun di pulau Jawa dan Sumatera. Beberapanya seperti alat musik tradisional Sulawesi Tenggara, alat musik tradisional Sulawesi Tengah dan alat musik tradisional Sulawesi Barat. Untuk selanjutnya, insya Allah kami terus tambah lagi topik sosial budaya sesuai kebutuhan dan kemampuan kami dalam menulis.

Berikut ini adalah alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang penting untuk diketahui.

1. Jalapa

Jalappa via WordPress

Jalappa (Jalapa) adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat ini berbentuk seperti Simbal yang terbuat dari logam kuningan. Tidak berlaku umum, alat musik ini dimainkan pada saat upacara adat tertentu. Nama alat musik tradisional Sulawesi Selatan mempunyai nama lain, yaitu dibeberapa daerah lebih dikenal dengan sebutan Kancing-Kancing karena bentuknya yang menyerupai Kancing berukuran besar.

Masyarakat setempat sering memainkan alat musik Jalappa pada saat upacara adat tolak bala . Sebagian dari mereka menggunakannya menjadi bagian dari peralatan dukun di beberapa daerah. Sebelum permainannya, pada umumnya jika pada tarian daerah Sulawesi Tenggara dimulai, alat musik ini terlebih dulu dibacakan mantra-mantra dengan diiringi alat musik lainnya.

2. Tolindo/Popondi

Tolindo via blogger

Selanjutnya adalah alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang dimainkan dengan cara dipetik. Memiliki bentuk unik, alat musik ini terbuat dari bahan kayu berbentuk busur yang bertumpu pada tempurung kelapa utuh. Sedang pada bagian busur, terdapat senar panjang yang akan menghasilkan suara bila dipetik. Mayoritas masyarakat Bugis memeberi nama alat musik ini dengan sebutan Tolindo, sedangkan masyarakat Makassar memberi nama alat musik ini dengan sebutan Popundi.

3. Gendang Bulo

Gendang Bulo via alatmusik.org

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang ini sama seperti Gendang pada umumnya yang tidak memiliki membran. Dimana alat musik klasik ini akan mengeluarkan suara bila ditepuk atau dipukul bagian kulitnya menggunakan telapak tangan.

Bagi masyarakat Bugis, alat musik ini disebut dengan nama Idiokardo, sedangkan pada masyarakat Makassar menyebutnya Gendang Bulo.

4. Keso-Keso

Keso-Keso via Thegorbalsla.com

Alat musik Keso-keso merupakan alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Ada persamaan dengan alat musik Rebab, akan tetapi jika alat musik Rebab bisa memiliki 3-4 dawai, Keso hanya memiliki 2 dawai saja.

Untuk memainkan alat musik masa lalu ini, Anda cukup menggesek dawainya, maka akan keluarlah bunyi yang sampai ditelinga. Bagi mereka yang sudah bisa memainkan alat musik Rebab, maka tidak akan mengalami kesusahan dalam memainkan alat musik Keso-keso.

5. Suling Lembang

Suling Lembang via Youtube

Alat musik khas tradisional yang termasuk berasal dari Sulawesi Selatan ini adalah sebuah alat musik tiup. Karena itu, cara memainkan alat musik Suling Lembang tidak jauh berbeda dengan Suling pada umumnya. Adapun yang membedakannya, Suling Lembang mempunyai ukuran sangat besar, yaitu dengan panjang 50 sampai 100 cm dan diameter 2 cm. Supaya bunyinya bervariasi, Suling lembang dilengkapi dengan lebih dari 8 lubang nada.

6. Puwi-Puwi

Alat Musik Puwi-Puwi via dictio.id

Yang ini adalah alat musik Puik-Puik yang dikenal juga sebagai alat musik dari Sulawesi Selatan. Persis terompet, bentuk dan cara memainkan alat musik ini sama persis dengan terompet yang ada didaerah lain.

7. Rebana

Rebana via Wikipedia

Banyak daerah mengklaim bahwa alat musik Rebana berasal dari daerahnya, termasuk propinsi Sulawesi Selatan. Hanya saja terkait dengan penyebetan masung-masing daerah memiliki perbedaan. Terbang Rebana adalah sebutan bagi masyarakat Bugis, sedang Terbang adalah sebutan bagi masyarakat Makassar.

Sederhananya, alat musik ini merupakan alat musik Gendang yang menggunakan membran. Kayu adalah bahan untuk membuatnya, baik dari kayu cendana, pohon nangka, pohon kelapa dan kayu jati.

8. Basi-Basi

Basi-Basi via dictio.id

Basi-Basi termasuk sebagai alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Nama lainnya adalah Klarinet menurut masyarakat Makassar, sedang menurut masyarakat Bugis adalah Basi-basi. Alat musik ini merupakan alat musik tiup yang didalamnya terdapat membran rangkap.

Dalam berbagai acara adat di Sulsel, biasanya alat musik zaman dahulu ini dimainkan, seperti untuk acara pesta, perkawinan dan syukuran.

9. Kacaping

Kacaping via Tokopedia

Kacaping adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Kacaping memiliki 2 dawai yang dikaitkan pada kayu berbentuk seperti perahu. Konon, alat musik Kacaping ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut Bugis.

Pada acara-acara adat seperti upacara pernikahan, penjemputan tamu, atau saat bersenda gurau dengan keluarga alat musik ini dimainkannya. Nama lain dari Kacaping adalah Kecapi.

10. Alosu

Alosu via alatmusik.org

Alat musik Alosu sangat unik bentuknya, yakni berupa sebuah kotak anyaman yang di dalamnya diisikan banyak biji-bijian atau batu kecil. Berbeda dengan alat musik lain, alat musik tadisional Sulawesi Selatan ini dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan.

11. Ana’ Becing

Ana’ Becing via alatmusik.org

Pada poin ini, kita akan sedikit mengulas alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang bernama Ana’ Becing. Berdasarkan informasi yang didapat, Ana’ Becing terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara dipukulkan satu sama lain. Mempunyai bentuk yang unik, yaitu menyamai sepasang dayung membuat alat musik ini cukup dikenal, terlebih karena sering dimainkan dalam pertunjukan seni musik karnaval atau parade pesta serta upacara adat pada zamannya.

Baca : Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Demikian sajian informasi tentang alat musik tradisional Sulawesi Selatan beserta gambar dan keterangannya kami sampaikan untuk Anda. Atas segala perhatiannya, kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Jangan sungkan untuk memberikan saran, kritik dan komentar demi perkembangan blog ini kedepannya.